7 Khasiat Madu Hitam untuk Diet Sehat Berstamina

manfaat madu hitamApakah anda penyuka madu? Madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan rasanya yang manis banyak disukai serta enak jika dicampur dengan berbagai makanan. Namun berbeda dengan madu biasa, madu hitam memiliki rasa yang pahit dan berwarna hitam karena berasal dari lebah yang mengambil nektar dari tanaman yang pahit, seperti mahoni, kaliandra, paitan, pelawan, atau bunga singkong karet.

ads

Terlepas dari rasanya yang pahit, beberapa penelitian menunjukkan nutrisi yang dibutuhkan saat diet terkandung di dalamnya dan sangat penting bagi tubuh dalam menurunkan berat badan untuk cara diet alami yang Anda inginkan. Khasiat madu hitam untuk diet, diantaranya :

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Jenis diet yang efektif yang dapat Anda coba yaitu dengan mengonsumsi madu hitam setiap hari. Karena kandungan madu hitam yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan protein sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol dan membakar lemak dalam tubuh. Jika rutin dikonsumsi setiap hari kadar kolesterol dalam darah akan secara bertahap menurun dan mencegah resiko penyakit jantung. Sangat cocok untuk program diet untuk obesitas yang walaupun efeknya lambat, namun lebih akurat dibanding bahaya minum obat pelangsing yang bisa berakibat buruk untuk tubuh hingga merusak organ.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Madu hitam cocok sebagai cara diet untuk penderita diabetes, karena dapat mengontrol kadar gula dalam darah dan menurunkan kolesterol. Kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan masalah pada organ jantung, ginjal, dan otak. Tidak seperti madu pada umumnya, madu hitam mengandung sedikit gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Juga sebagian besar madu memiliki kalori yang rendah namun bergizi, dan madu hitam memiliki kalori yang lebih rendah sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet rendah kalori. Selain itu, madu hitam dapat membantu menjaga kesehatan tubuh terutama menjaga fungsi mata, melancarkan pencernaan, dan menyembuhkan luka lebih cepat.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan zat besi pada madu hitam berperan aktif dalam menjaga sistem imun tubuh dan mencegah kelelahan. Zat antioksidan dalam madu menjaga tubuh dari serangan penyakit seperti flu dan demam serta menjaga tubuh anda tetap hangat untuk dapat beraktivitas dengan bersemangat. Sehingga saat anda perlu mengurangi asupan makanan tiap hari untuk diet rendah lemak yang anda lakukan, madu hitam membantu tubuh untuk tetap kuat dengan sistem imun tinggi sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari – hari.

  1. Memberi stamina

Kandungan karbohidrat dan vitamin B yang tinggi dalam madu hitam membantu memberi tambahan energi pada tubuh sehingga anda akan selalu prima sepanjang hari. Tubuh membutuhkan lebih 2000 kalori setiap hari sehingga saat melakukan cara diet cepat kurus, tubuh akan kekurangan nutrisi. Meskipun anda sedang diet dan hanya mengonsumsi sedikit kalori, madu hitam akan membantu tubuh tetap berenergi sehingga tidak mudah lelah dan mencegah masuk angin. Meskipun kadar kalori dalam 1 sendok madu hitam cukup tinggi sekitar 64 kalori, namun kadar karbohidrat penghasil kalori dalam madu hitam mudah dicerna sehingga tidak menumpuk dalam darah yang menyebabkan kolesterol.


  1. Berperan sebagai antioksidan

Khasiat madu hitam untuk diet terutama pada kandungan polifenol-nya yang tinggi juga berperan sebagai antioksidan aktif yang dapat membakar dan membuang racun dari dalam tubuh akibat radikal bebas lingkungan sehingga lemak jahat terbuang dan menurunkan kolesterol. Kolesterol dalam darah dapat memicu peradangan pada dinding pembuluh darah dan menghambat kelancaran peredaran darah sehingga beresiko tinggi terkena penyakit jantung, namun madu hitam akan mengurangi kolesterol dalam darah secara bertahap.

Selain itu madu hitam bersifat anti-bakteri yang aktif membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan seperti batuk dan pilek. Kandungan dalam madu hitam seperti vitamin C dapat melegakan tenggorokan dari peradangan sehingga cocok sebagai obat batuk dan pilek alami yang aman untuk tubuh tanpa efek samping. Zat antioksidannya juga berfungsi dalam mencegah penuaan dini, menangkal radikal bebas, dan mencegah kanker.

  1. Mencegah dan mengobati bermacam penyakit

Kandungan mineralnya yang tinggi seperti kalium, fosfor, zat besi, seng, dan sodium, serta kaya akan vitamin mampu mengoptimalkan fungsi organ – organ dan melancarkan metabolisme tubuh. Madu hitam akan menyaring dan membuang zat – zat racun dalam tubuh, mencegah kerusakan fungsi ginjal, mencegah infeksi pada luka dan menyembuhkannya dengan cepat, dan mengobati masalah pernafasan.


  1. Kenyang lebih lama

Kandungan dalam madu hitam memiliki sifat lama untuk dicerna, sehingga dapat terasa kenyang lebih lama walau asupan makanan yang termakan sedikit.

Kegemukan dapat terjadi akibat pola makan tidak sehat, malas berolahraga, kurang beristirahat, dan kurang minum air putih. Juga bahaya diet ekstrim yang sering dilakukan bukanlah jenis diet yang efektif karena tubuh tidak dilatih untuk membakar kalori sehingga hanya bersifat sementara dan berefek samping yang bahaya bagi tubuh. Konsumsi khasiat madu hitam untuk diet setiap hari terutama setelah bangun tidur dan sebelum makan yang dicampur dengan air hangat, dapat juga dicampur dengan perasan jeruk nipis atau lemon, maka secara perlahan namun pasti akan menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh dan merampingkan menjadi tubuh ideal idaman.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!