6 Khasiat Infused Water untuk Diet Sehat dan Menyegarkan

khasiat infused waterTentu anda pernah merasakan kesegaran jus buah bukan? Bagaimana dengan infused water? Pernahkah anda mencobanya? Infused water atau air detoks merupakan air resapan potongan buah – buahan dan sayuran yang direndam lama dalam air. Buah – buahan yang direndam akan terasa segar dan tidak mengandung kalori, cocok untuk cara diet alami yang anda inginkan.

ads

Kandungan vitamin dan mineral dalam infused water selain terkenal sebagai jenis diet yang efektif menurunkan berat badan juga meningkatkan kesehatan tubuh. Khasiat infused water untuk diet diantaranya :

 

  1. Rendah kalori dan lemak

Karena infused water terbuat dari rendaman buah – buahan dan sayuran alami, sehingga tidak memiliki kandungan lemak dan kalorinya juga sedikit. Cocok untuk diet rendah lemak yang ingin anda lakukan. Vitamin C pada buah – buahan terbukti membantu menghilangkan lemak dan kolesterol sehingga efektif untuk menurunkan berat badan anda. Bahkan saat berat anda sudah menurun, rutin mengonsumsi infused water akan tetap mempertahankan dan menstabilkan berat badan anda agar tidak naik kembali.

  1. Sebagai detoksifikasi dan antioksidan

Infused water berperan penting dalam mengeluarkan racun – racun akibat radikal bebas dan lemak dari makanan atau lingkungan di dalam tubuh. Rendaman buah khususnya jeruk dan lemon berkhasiat sebagai detoksifikasi dan antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit dan mencegah penuaan dini. Infused water juga berfungsi untuk menjaga kinerja organ – organ seperti ginjal, hati, dan jantung, efektif untuk mencegah penyakit kanker.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan mineral dalam infused water berfungsi dalam melancarkan sistem pencernaan sehingga mampu membuang zat – zat tidak berguna yang tertimbun, melancarkan BAB, dan mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit, sakit perut, maag, mual, dan mulas.

  1. Meningkatkan sistem imun

Vitamin C dalam kandungan buah – buahan pada infused water memiliki khasiat meningkatkan sistem imun tubuh yang dapat menyebabkan penyakit influenza, sariawan dan batuk. Kandungan zat besi pada sayur – sayuran yang ditambahkan dalam infused water dapat mencegah penyakit anemia dan memberi energi terutama saat anda sedang melakukan program diet ketat yang perlu menurunkan kalori makanan.

  1. Meningkatkan stamina dan menenangkan pikiran

Selain memberi kesegaran pada tubuh yang lelah karena beraktivitas seharian, khasiat infused water untuk diet juga akan mengembalikan stamina tubuh dan memberi cadangan energi. Sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang melakukan cara diet alami dengan makanan diet rendah kalori seperti infused water. Tidak seperti pada jus yang dicampur dan dihaluskan, mungkin dapat menghancurkan nutrisi yang dibutuhkan untuk diet didalamnya, infused water akan mengikat secara utuh kandungannya dan memberi anda nutrisi maksimal.


  1. Mengontrol nafsu makan

Dalam melakukan program diet, jumlah kalori yang harus kita makan perlu dikurangi sehingga akan memaksa kita mengontrol makan berlebih dan tidak sehat. Dengan mengonsumsi infused water sebelum makan akan mampu menekan rasa lapar dan kenyang lebih lama.

Cara membuat infused water sangatlah mudah, cukup dengan mengikuti langkah – langkah berikut :

  • Siapkan bahan – bahan yang digunakan seperti air putih 100 ml, buah – buahan, dan sayuran sekitar 6-10 buah, campurkan sesuai selera.
  • Bersihkan buah dan sayur yang digunakan hingga benar – benar bersih dan bebas dari peptisida karena akan direndam dalam air sehingga tidak boleh kotor.
  • Potong buah dan sayur yang digunakan, dapat dipotong bentuk dadu kecil – kecil, dipotong tipis, ataupun besar – besar sesuai selera.
  • Masukkan dalam wadah seperti stoples atau mangkuk dan diamkan hingga 2-3 jam di dalam lemari pendingin, dan infused water siap diminum saat segar – segarnya.

Buah – buahan dan sayuran yang dicampurkan menjadi infused water dapat dikombinasikan sesuai kebutuhan khasiat yang diinginkan, seperti kombinasi mentimun dan jeruk nipis kaya akan vitamin C untuk menghilangkan flu dan sariawan, serta baik untuk kesehatan kulit. Dapat juga mencampurkan strawberry dan buah kiwi dengan rasa asam manisnya membantu kelancaran metabolisme tubuh dan menghilangkan kolesterol. Buah strawberry juga cocok di campur dengan mentimun, lemon, apel, atau nanas yang akan membantu membakar lemak dan melancarkan sirkulasi darah, dan tambahkan daun mint atau rose mary jika ingin rasa lebih segar untuk cara diet vegetarian anda. Adapun sayuran yang dapat anda kombinasikan seperti wortel, mentimun, paprika, tomat, atau daun seledri.

Anda dapat mengombinasikan buah – buahan atau sayuran lainnya sesuai selera, karena khasiat infused water untuk diet akan dapat anda nikmati secara optimal. Cara diet dengan infused water merupakan cara diet dengan buah – buahan yang dapat anda nikmati setelah makan, sebelum tidur, atau setelah berolahraga 2 – 3 kali sehari.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!