8 Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet yang Sehat dan Mudah

Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet bisa menjadi panduan apabila anda mengalami kesusahan untuk memasak menu diet. Brokoli merupakan jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan apalagi untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Karena brokoli merupakan jenis sayur yang mengandung zat-zat phytochemical. Selain itu, brokoli juga kaya akan beta-karoten, vitamin C, dan B1, kalsium, folat, zat besi, dan potasium. Brokoli pun mengaudung serat yang tinggi untuk sistem pencernaan dalam tubuh.

ads

Baca juga:

Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet

cara mengolah brokoli untuk menu dietSebenarnya menu makanan diet dengan bahan brokoli merupakan menu diet untuk program diet dengan cara yang cepat dan praktis juga menyehatkan tubuh. Sehingga, brokoli bisa Anda masukkan ke dalam bahan masakan Anda sebagai program diet Anda. Karena brokoli terbukti dapat membakar lemak jenuh dalam tubuh manusia. Selain sebagai program diet yang cepat dan praktis, brokoli pun dapat memberikan kesehatan pada jantung Anda. (Baca juga: Cara Diet untuk Penderita Maag)

Brokoli memang sangat kerap ditemui di berbagai menu masakan, karena brokoli sudah terbukti dapat dijadikan menu dalam program diet. Selain beberapa kandungan di atas, brokoli ini juga mengandung kaya anti oksidan. Sehingga, brokoli merupakan sayuran yang bukan hanya untuk diet, melainkan juga untuk kesehatan tubuh. Selain berpenampilan menarik, Anda juga bertubuh sehat. (Baca juga: Cara Diet Ketika Hamil)

Dengan kata lain, bahwa menu makanan diet dengan bahan brokoli ini merupakan salah satu alternatif untuk Anda yang sedang menjalankan program diet yang membutuhkan kesederhanaan saja. Anda pun dapat menggunakan menu makanan dengan bahan brokoli kapanpun tanpa batasan waktu. Sesuai selera Anda kapan Anda ingin memakannya. Namun, bagaimana cara mengolah brokoli ini menjadi masakan yang enak tapi tetap menyehatkan. Berikut ini beberapa cara memasak brokoli agar tetap enak dan menyehatkan.

1. Brokoli Rebus

Anda bisa memasak brokoli ini dengan cara direbus. Dengan metode rebus, ini sebenarnya sangatlah mudah untuk diterapkan, karena cukup menyiapkan air secukupnya (sesuai porsi selera). Lalu memasukkan brokoli ke air tersebut. Anda bisa menambahkan garam secukupnya agar brokoli tidak hambar rasanya. Rebus hingga brokoli matang atau terlihat empuk. Setelah selesai, Anda bisa mengangkat rebusan brokoli tersebut dengan cara menyaring air (ambil brokolinya saja) dan tuangkan air dingin atau diberi es batu agar terlihat enak dan renyah brokoli rebus Anda. (Baca juga: Pantangan Diet Golongan Darah A)

2. Brokoli Tumis Bawang Bombay

Sebelum Anda menumis brokoli, sebaiknya Anda rendam dahulu brokoli ke dalam air garam agar memberikan rasa gurih pada brokoli nantinya. Anda juga perlu perhatikan ulat-ulat yang ada dalam brokoli, buang ulat-ulat tersebut. Tuangkan sedikit minyak goreng ke dalam wajah dengan api yang sedang (jangan terlalu besar). Tambahkan berbagai bumbu untuk penyedap brokoli dan pemberi warna menarik pada brokoli Anda. Perhatikan langkah-langkah berikut ini dalam memasak brokoli tumis bawang bombay.

Bahan :

  • Wortel 1 buah (iris menyerong)
  • Brokoli 200 gram
  • ½ Bawang bombay (iris tipis)
  • Tomat 1 buah (potong kecil)
  • 200 cc air
  • 1 sendok teh maizena
  • Gula pasir, garam, merica (ditumbuk halus)
  • Minyak goreng (lebih sedap menggunakan mentega)
  • 3 buah bawang putih
  • ½ sendok teh udang ebi (diseduh dan disangrai)

Cara Membuat :

  1. Menyiapkan minyak dan dipanaskan. Lalu menumis bumbu-bumbu halus tadi bersamaan dengan bawang bombay hingga aromanya terasa. (Baca juga: Cara Diet Ketika Hamil)
  2. Memasukkan tomat (diaduk sampai layu)
  3. Memasukkan brokoli dan wortel
  4. menambahkan garam, gula, dan merica tadi dan menuangkan air sedikit saja (tunggu sampai mendidih)
  5. Menuangkan larutan maizena yang sudah dicampurkan dengan 1 sendok teh air mineral agar kuah terlihat mengental
  6. Brokoli Anda siap disajikan

3. Brokoli Rebus-Tumis Lemon

Bahan-Bahan :

  • Brokoli
  • Wortel
  • Bahan Steam Boat (Beli curah di Supermarket juga bisa)
  • Garlic Powder
  • Daging dada ayam
  • 3 siung bawang putih
  • Madu
  • Italian seasoning
  • Air Jeruk

Langkah Membuatnya :

  1. Menyiapkan air untuk merebus brokoli dan wortel hingga setengah matang atau sudah terasa empuk.
  2. Mencampurkan semua bumbu seperti minyak goreng, italian seasoning, air lemon, madu dan campurkan dengan daging ayam. Tumis sampai kering dan matang. (Sebaiknya sebelumnya daging ayam direndam dengan bumbu-bumbu tersebut semalaman agar bumbu meresap ke daging ayam).
  3. Tumis bawang putih yang sudah di iris dan bahan steamboat dengan minyak goreng. Tumis kira-kira lamanya 3 menit (jangan sampai gosong, karena dapat menghilangkan aroma sedap pada bawang putih). Memberikan sedikit bumbu garlic powder pada bawang putih.
  4. Memasukkan brokoli dan wortel ke bawang putih dan bahan steam boat tadi. Masak jangan sampai gosong. Lebih baik gunakan api sedang pada kompor, agar matangnya merata.

Baca juga:

4. Brokoli Panggang

Selain direbus dan ditumis, Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet dengan cara dipanggang. Dengan memanggang brokoli, sebenarnya membuat brokoli lebih enak dimakan ketika dicampur dengan bahan makanan lainnya. Panggang brokoli dengan menggunakan suhu kira-kira 220 derajat dan panggang selama 20 sampai 30 menit atau menunggu brokoli terlihat kecokelatan.

Baca juga:


5. Brokoli Kukus

Brokoli kukus ini lebih mudah dan paling mudah dibandingkan dengan brokoli lainnya. Anda cukup mengukus brokoli selama 4 sampai 5 menit saja dan masukkan ke dalam air dingin lalu tiriskan brokoli. Brokoli siap disajikan.

Baca juga:

6. Oseng Brokoli Jagung

Anda dapat memberikan variasi makanan brokoli dengan bahan lainnya seperti jagung. Berikut ini bahan dan langkah mudah membuat oseng brokoli jagung. (Baca juga: Tips Diet OCD untuk Pemula)

Bahan-Bahan :

  • 3 buah jagung kecil
  • Setengah tumbuhan brokoli
  • 1 butir telur
  • 1 sachet kecap pedas
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bawang putih secukupnya

Langkah Membuat :

  1. Memotong brokoli dan jagung sesuai selera Anda.
  2. Memanaskan minyak goreng dan masukkan bawang putih dan telur ke dalam minyak yang sudah panas tersebut. Masaklah dengan cara orak arik.
  3. Memasukkan brokoli dan jagung ke wajan yang berisi telur dan bawang putih tadi. Lalu memasukkan kecap pedas secukupnya dan garam sedikit saja.
  4. Tunggulah hingga kurang lebih 15 menit, dan oseng brokoli jagung siap disajikan.

7. Memasak Brokoli dengan Microwave

Anda juga bisa memasak brokoli dengan menggunakan microwave. Cukup memasukkan brokoli ke dalam microwave. Untuk variasi rasa dan penampilan, Anda juga bisa menambahkan kentang, keju, atau sayuran lainnya dengan brokoli tersebut. Tunggulah hingga 3 sampai 5 menit saja, brokoli siap dihidangkan. (Baca juga: Cara diet GM)

8. Omelet Brokoli

Mungkin Anda bosan dengan menu brokoli yang itu-itu saja, atau yang serba sayuran. Anda bisa memberi variasi pada masakan brokoli Anda. Cobalah untuk memasak omelet brokoli yang cocok untuk sarapan Anda dan keluarga Anda.

Bahan-Bahan :

  • 350 gram brokoli
  • 3 butir telur (kocok lepas)
  • 100 ml susu (tanpa lemak)
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh minyak (lebih baik mencampurkan dengan minyak zaitun)

Langkah Membuat :

  1. Merebus brokoli, lalu ditiriskan. Ketika sudah empuk, Anda bisa mencincang kasar brokoli tersebut.
  2. Campurkan telur, susu, garam dan merica yang sudah disiapkan.
  3. Panaskan minyak goreng dan minyak zaitun tadi di wajan.
  4. Masukkan ¼ campuran tadi ke dalam wajan yang minyak gorengnya sudah panas. Lalu tambahkan brokoli. Masaklah sampai matang dan lakukan berulang hingga adonan habis.
  5. Omelet brokoli Anda siap dihidangkan. Anda bisa memakannya dengan menggunakan saus tomat atau saus pedas sesuai selera Anda.

Itulah beberapa langkah dalam membuat menu makanan dari bahan brokoli yang menyehatkan juga cocok untuk program diet Anda. Masih banyak lagi menu diet lainnya di artikel-artikel lainnya.

, , , , , , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan