15 Manfaat Buah Plum untuk Diet Sehat Alami Minim Resiko

manfaat buah plum untuk dietSiapa yang tidak suka dengan tubuh ideal? Tubuh ideal merupakan impian semua wanita di dunia ini. Oleh karena merupakan impian maka sebagian besar wanita rela melakukan berbagai cara untuk memiliki tubuh seperti yang diimpikannya.

ads

Salah satu cara paling sering dilakukan dan dianggap lebih instan adalah dengan meminum obat diet tanpa tahu kandungan serta efek samping yang ditimbulkannya bagi tubuh.

Cara diet cepat dengan tidak alami seperti ini kerap kali membahayakan tubuh Anda apalagi ditambah dengan metode sedot lemak yang sedang populer sekarang ini. Jadi, diperlukan cara diet alami cepat turunkan berat badan khusus yang aman dan nyaman agar program menurunkan berat badan Anda tidak berdampak pada kesehatan Anda. Tentu saja cara paling aman dan nyaman tersebut adalah dengan mencoba cara diet alami. Oleh karena itu, buah plum menjadi salah satu menu diet paling ampuh yang patut untuk Anda coba.

Di Indonesia, buah plum adalah salah satu buah impor yang mulai populer di seluruh kalangan masyarakat. Bernama latin Prunus Domestica, buah ini termasuk ke dalam keluarga Rosaceae. Meski impor, buah ini dapat ditemui cukup mudah di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, dwi rasa yang khas dan unik yakni asam serta manis membuat Anda tidak akan gampang bosan saat mengkonsumsinya sebagai buah untuk diet. Lalu apa manfaat buah plum untuk diet Anda? Yuk, simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

  1. Tinggi Serat

Buah plum terutama plum hitam memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang sedang melakukan program diet untuk obesitas. Dalam satu porsi buah plum mengandung sebanyak 1.5 gram serat. Diketahui bahwa serat sangatlah penting karena bermanfaat untuk mengikat lemak dan kolesterol yang ada dalam tubuh Anda selama masa diet.

Mengkonsumsi buah plum sebagai menu sarapan pagi sehat untuk diet dapat mencukupi nutrisi tubuh serta membuat Anda lebih mudah kenyang meski memang kalori buah plum tidak setinggi menu-menu lain misalnya telur dan daging. Namun setidaknya, plum dapat menjadi pengganti nasi dan telur untuk memenuhi kebutuhan energi Anda di pagi hari selama masa diet.

Manfaat lain dan paling penting lainnya dari tingginya kadar serat dalam buah plum adalah mengatasi masalah yang terjadi pada sistem pencernaan Anda. Kandungan isatin dan sorbitol di dalamnya mampu mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit dan konstipasi. Cara ini lebih efektif dibandingkan bila anda mengkonsumsi makanan berserat tinggi lain seperti sekam dari biji psyllium.

Tak hanya itu, isatin dan sorbitol di dalamnya juga bisa mendorong sekresi cairan dan memiliki efek pencahar di dalam usus sehingga proses pencernaan di dalamnya dapat berjalan dengan baik. Tambahan lagi, kandungan serat di dalam buah plum juga mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menambah efek perlindungan terhadap jantung Anda.

  1. Rendah Lemak dan Kalori

Plum memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah di setiap butirnya. Sebagai informasi, plum hanya memiliki 0.2 gram lemak dan 30 kalori di setiap butirnya. Menariknya lagi adalah bahwa plum tidak mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan penyakit kolesterol dan kardiovaskuler.

Bila Anda mengkonsumsi buah plum setiap hari, maka otomatis tubuh anda hanya mengandung 30 kalori saja sehingga proses pembakarannya pun menjadi lebih mudah. Anda dapat melakukan aktivitas pembakaran seperti berolahraga setiap hari hanya dalam waktu kurang lebih empat menit saja. Oleh karena itulah, buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai menu diet rendah lemak rutin Anda setiap harinya. 


  1. Mengatasi Obesitas

Obesitas adalah musuh paling mengerikan bagi siapa saja yang ingin memiliki tubuh ideal. Penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool terbukti bahwa plum dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Efek anti inflamasi (peradangan) dan anti-obesitas pada plum sangat penting bagi sel-sel tubuh yang berbeda termasuk sel-sel lemak.

Kandungan fenolik dan senyawa flavonoid dalam buah plum seperti asam klorogenik, antosianin, katekin dan kuersetin dapat membantu tubuh Anda terhindar dari komplikasi yang berkaitan dengan obesitas seperti kardiovaskuler dan diabetes. Buah plum menjadi makanan sehat untuk diet yang wajib Anda coba.

  1. Tinggi Antioksidan dan Vitamin

Seperti diketahui, antioksidan dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tubuh oleh karena radikal bebas dari makanan-makanan tidak sehat yang dikonsumsi. Kandungan kolagen, norepinefrin dan karnitin di dalam buah ini dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

Tak hanya itu, menurut peneliti Perancis asam chlorogenic yang terdapat dalam buah ini dapat mengurangi perilaku cemas pada siapa saja yang mengkonsumsinya. Selain itu, antioksidan lain dalam buah plum yakni antosianin dapat melindungi jantung Anda agar tetap sehat.

Sebagai informasi, setiap 100 gram buah plum mengandung 16% vitamin C atau 7% lebih tinggi dibandingkan yang dibutuhkan tubuh Anda setiap harinya. Kandungan vitamin yang tinggi ini sangatlah penting bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan agar menjadi ideal.

Seperti yang Anda ketahui bahwa selama masa diet, tubuh akan kekurangan sebagian besar nutrisi sehingga dibutuhkan menu diet yang tepat agar kebutuhan nutrisi tersebut tercukupi. Sebagai antioksidan, kandungan vitamin C tinggi dari buah plum ini dapat menjadi cara diet dengan buah – buahan alternatif bagi Anda agar kebutuhan vitamin tubuh terpenuhi selama masa diet.

Tak hanya itu, plum juga kaya akan fenol dan fitonutrien seperti zeaxanthin, lutein, neochlorogenic, cryptoxanthin dan asam klorogenat sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang sangat efektif dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas seperti radikal oksigen dan anion superoksida. Selain itu, zat-zat tersebut juga berguna dalam menyembuhkan sel-sel kanker payudara tanpa membahayakan sel-sel lain yang masih sehat.

  1. Rendah Gula

Buah plum dapat menjadi pengatur alami gula darah dalam tubuh Anda. Mengapa? Hal itu disebabkan oleh karena buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Anda dapat mengkonsumsi buah ini sebagai ganti camilan Anda yang lama dan tidak sehat sehingga tidak akan ada lagi peningkatan berat tubuh oleh karena kadar gula makanan yang dikonsumsi terlalu tinggi.

Tak hanya buah plum yang segar, plum kering pun ternyata memiliki indeks glikemik yang juga rendah. Oleh karena itulah, Anda bisa mengkonsumsi buah ini sebagai makanan diet rendah kalori dalam keadaan apa saja, baik itu segar maupun kering.

  1. Memerangi Diabetes

Manfaat buah plum untuk diet lainnya adalah sebagai anti-hiperglikemik yang sangatlah efektif dalam membantu tubuh memerangi penyakit diabetes. Kandungan flavonoid di dalamnya dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin serta memberi efek proteksi terhadap resistensi insulin dalam tubuh. Oleh karena itulah, mengkonsumsi buah plum sangatlah membantu memerangi penyakit diabetes disamping memenuhi program diet Anda untuk tubuh lebih sehat ideal.

  1. Tulang Lebih Sehat

Sebuah penelitian membuktikan bahwa bila Anda rutin mengkonsumsi buah plum kering, maka akan sangat membantu proses pemulihan massa tulang yang terus menerus berkurang oleh karena proses penuaan. Kandungan asam caffeic di dalamnya mampu mencegah osteoporosis serta menghambat kerusakan jaringan tulang. Selain itu, adanya kalium dan polifenol mampu meningkatkan kepadatan tulang, mncegah tulang keropos, serta mendorong pembentukan tulang.

  1. Rendah Karbohidrat

Karbohidrat diyakini berfungsi sebagai cadangan energi utama tubuh agar Anda dapat melakukan aktivitas setiap harinya. Pisang memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 15 gram, sedangkan buah plum mengandung setengah dari pisang yakni sebesar 7.5 gram. Oleh karena itulah, buah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet. Anda dapat dengan mudah mengkonsumsinya sebagai jus untuk diet di malam hari.

  1. Obat Anemia

Kekurangan zat besi sehingga mengalami gejala anemia? Tenang saja, karena buah plum mengandung besi dan juga tembaga yang sangat penting dalam memfasilitasi sirkulasi dan pemurnian darah dalam tubuh Anda. Selain itu, zat besi yang dikonsumsi dari buah plum juga dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh Anda. Sementara tembaga juga dapat berperan penting seperti sebagai antioksidan, membantu pembentukan kolagen serta kesehatan syaraf Anda.

  1. Menjaga Fungsi Kognitif dan Sistem Saraf Pusat

Kandungan fitonutrisi yang tinggi di dalam buah plum memiliki manfaat lebih bagi fungsi kognitif Anda. Berdasarkan hasil penelitian, senyawa ini dapat mencegah munculnya penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh gangguan neurologi seperti Alzheimer dan Parkinson. Selain itu, buah plum juga bisa membantu mengoptimalkan fungsi belajar dan memori atau kognitif dalam otak Anda.

Tak hanya itu, vitamin B-6 yang melimpah dalam buah plum juga sangat penting bagi sistem saraf pusat Anda seperti membantu proses penghantaran sinyal saraf, pertumbuhan normal otak, serta membantu terbentuknya hormon yang dapat bertugas dalam mempengaruhi suasana hati dan mood seseorang. Kandungan triptofan dalam buah plum juga dapat membantu produksi serotonin yang sangat berkaitan dengan nafsu makan, kualitas tidur serta konsentrasi Anda.

  1. Jantung Sehat

Hasil studi membuktikan bahwa mengkonsumsi buah plum selama masa diet dapat memiliki dampak positif bagi kesehatan jantung Anda. Asupan plum kering yang rutin dapat membantu fluiditas darah dalam arteri sehingga dapat mengurangi risiko stroke, serangan dan gangguan jantung seperti aterosklerosis selama program diet. Kandungan mineral kalium dalam buah plum juga mampu menjaga laju detak jantung serta menstabilkan tekanan darah Anda.


  1. Obat Flu Alami

Tak hanya antioksidan serta menyehatkan jantung, buah plum juga mampu memerangi virus influenza yang merupakan sumber sebenarnya dari penyakit flu. Hasil penelitian membuktikan bahwa buah plum mengandung molekul mirip lektin yang dapat menghambat sekaligus mengobati infeksi serta penyakit yang disebabkan oleh virus bandel influenza.

  1. Mencegah Degenerasi Makula

Wortel sangat identik dengan kesehatan mata, bukan? Nah, tahukah Anda bahwa buah plum dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda layaknya wortel? Kandungan 11.5% vitamin A dan beta karoten-nya dapat menjaga kesehatan mata Anda serta mencegah terjadinya degenerasi macula yang sangat berkaitan dengan usia.

Selain itu, adanya karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein dalam buah plum dapat melindungi makula retina Anda dari kerusakan oksidatif yang ditimbulkan oleh radiasi sinar ultraviolet (UV) matahari yang sangat berbahaya.

  1. Asam-Basa Seimbang

Buah plum mengandung banyak elektrolit dan mineral seperti natrium, kalium, kalsium, dan tembaga. Mengkonsumsi buah plum selama masa diet yang mengandung elektrolit penting melimpah seperti kalium sebanyak 157 mg dapat memenuhi kebutuhan asam dan basa dalam tubuh Anda agar tetap seimbang. Tak hanya itu, kandungan kalium yang melimpah sangatlah penting bagi fungsi otot dan saraf dalam tubuh Anda.

  1. Pembekuan Darah

Vitamin K dalam buah plum sangatlah penting untuk mencegah pengeroposan serta menjaga kesehatan tulang Anda. Namun, hal penting lainnya yang wajib untuk Anda ketahui adalah bahwa vitamin K sangat penting bagi proses pembekuan darah.

Vitamin ini dapat mempercepat proses membekunya darah yang mengucur keluar dari tubuh Anda ketika terluka. Seperti yang Anda ketahui bahwa darah membeku sangatlah penting agar risiko kesehatan yang timbul oleh karena pendarahan berlebihan dapat dicegah.

Mengingat begitu banyak manfaat buah plum untuk diet mulai dari kandungan antioksidan tinggi, pencegah anemia hingga membantu mengatasi sembelit, maka buah ini wajib masuk dalam daftar menu diet simple dan murah Anda mulai dari sekarang. Kalorinya yang rendah serta lemak jenuh yang tidak ada sama sekali dapat membuat berat tubuh Anda menjadi sehat ideal dan terbentuk sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!