13 Tips Fitnes untuk Pemula yang Harus Diingat

tips fitness untuk pemulaBeberapa orang menganggap bahwa olahraga di pusat kebugaran seperti gym sudah bisa membuat badan menjadi sehat dan terbentuk seperti yang diinginkan. Itu adalah pendapat yang kurang tepat, karena Anda harus juga memerhatikan banyak faktor lain yang tak kalah pentingnya.

ads

Hal ini tentu saja merupakan stereotip yang keliru yang dapat membuat seseorang terlalu berharap kepada hasil gym, sehingga ketika mendapatkan hasil yang tidak diinginkan mereka langsung kecewa, apalagi bila orang-orang tersebut masih pemula.

Apakah Anda termasuk kedalam kelompok pemula yang juga memiliki pandangan tersebut? Jikalau iya, maka Anda perlu memperhatikan beberapa tips fitnes untuk pemula berikut agar program fitness Anda sukses besar. Penasaran apa sajakah itu? Berikut penjelasannya di bawah ini!

  1. Cari Informasi Terlebih Dahulu

Sebelum datang ke gym, ada baiknya Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang gym yang Anda inginkan. Jikalau Anda sudah memutuskannya, maka sangat disarankan untuk datang meninjau ke sana dengan teman atau keluarga yang pernah fitness sebelumnya di tempat tersebut. Atau kalau tidak ada, Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya entah dari Google, YouTube dan media lainnya terkait gym tersebut.

Kepada pengelola gym juga Anda harus menanyakan secara lengkap segala hal tentang gym tersebut, mulai dari jam buka-nya, harganya, fasilitasnya, dan lain-lain yang sekiranya bisa membantu Anda memberikan gambaran bagaimana sebenarnya keadaan gym tersebut.

Tak hanya itu, ketika Anda sudah memutuskan untuk nge-gym, Anda juga harus rajin mencari informasi entah dari internet, orang yang sudah professional dalam olahraga fitnes bahkan instruktur fitness, tentang gerakan-gerakan apa saja yang cocok dalam program fitnes untuk pemula seperti Anda, jumlah kali latihan fitnes yang bisa dilakukan, hingga nutrisi dan makanan apa saja yang cocok untuk Anda konsumsi.

  1. Cari Gym yang Dekat

Jarak tempat olahraga itu sangatlah penting bagi Anda yang masih pemula dalam bidang fitnes. Mengapa? Seperti halnya perasaan seseorang ketika baru mencoba hal-hal baru, jarak yang terlalu jauh dapat membuat Anda lebih cepat lelah dan malas untuk nge-gym dalam jangka waktu yang lama apalagi kalau sudah berhadapan dengan masalah macet. Pilihan jarak ini sangat penting meski Anda memiliki banyak rekan yang nge-gym di tempat jauh tersebut.

Usahakanlah memilih tempat fitnes paling dekat entah dari rumah Anda maupun dari kantor tempat Anda bekerja. Jikalau dari rumah, tempat gym yang dekat bisa memudahkan Anda untuk mengunjunginya tanpa harus repot-repot memikirkan macet atau jadwal fitnes dan kerja yang mepet.

Anda bisa menyesuaikannya dengan jadwal sering dan lowong-nya Anda di rumah. Sementara itu, bila pertimbangannya memilih kantor yang dekat dikarenakan ketika sepulang kantor Anda bisa langsung melakukan fitnes. Jadi ketika pulang ke rumah, badan Anda sudah segar dan tinggal beristirahat saja.

  1. Fasilitas Gym Lengkap

Faktor lain yang lebih penting jelas adalah fasilitasnya. Sebelum memutuskan bahwa Anda memilih suatu gym sebagai tempat Anda melakukan olahraga fitness, maka Anda wajib melihat fasilitas-fasilitas di sana. Jangan sampai ketika Anda sudah mendaftar dan membayar untuk menjadi anggota, Anda kecewa ternyata fasilitasnya tidak selengkap yang Anda kira.

Setidaknya fasilitas-fasilitas yang harus ada di sebuah gym itu diantaranya alat-alat untuk kardio, yoga, serta alat-alat pendukung lainnya. Tak hanya itu, lihat juga pilihan harga-nya apakah bersahabat atau tidak dengan kantong Anda. Jangan sampai Anda terhenti di tengah jalan dan tidak bisa melanjutkan fitnes hanya karena tak bisa membayar biayanya yang mahal. 


  1. Susun Program dengan Baik

Cara fitnes yang benar untuk pemula yaitu perlu dilakukan penyusunan program fitnes dengan baik terlebih dahulu. Bila ada diantara Anda yang pemula menggunakan jasa personal trainer, maka hal itu sudah sangat baik karena mereka akan memberikan saran yang tepat untuk penyusunan program fitnes Anda. Namun bila tidak, maka Anda harus mempersiapkan semuanya sendiri.

Oleh karena itu, susunlah program fitnes yang dapat memotivasi diri Anda sendiri untuk mau latihan fitnes secara rutin dengan sukarela. Misalnya, Anda tertarik dengan salah satu jenis olahraga fitness dengan manfaatnya, sebut saja cara mengecilkan lengan dengan barbel, maka lakukanlah dengan rutin hingga membuahkan hasil seperti yang Anda inginkan.

  1. Kurangi Ketergantungan pada Mesin

Para pemula fitnes biasanya menganggap bahwa fitnes itu selalu identik alat-alat mesin padahal sesungguhnya itu tidaklah benar. Perlu diketahui bahwa sebenarnya menggunakan alat-alat fitnes mesin terlalu sering dapat membuat pergerakan otot tubuh Anda menjadi statis.

Dengan kata lain, pergerakan otot Anda pun menjadi tidak bebas. Hal ini tentu saja berbeda dengan tujuan awal melakukan fitnes bukan? Jadi bila Anda benar-benar menginginkan cara membuat perut rata dan berbentuk, maka latihlah otot Anda terlebih dahulu secara keseluruhan misalnya saja melakukan olahraga mengecilkan lengan tanpa alat mesin atau menggunakan alat fitnes manual. Cara ini merupakan salah satu cara alami yang digunakan untuk benar-benar melatih dan mengembangkan otot Anda dibandingkan bila menggunakan mesin.

  1. Jangan Mudah Menyerah

Banyak cerita menarik dari pemula yang baru saja mencoba olahraga fitnes di gym untuk pertama kalinya. Ada yang mengeluh pegal-pegal, lelah, lesu, hingga bosan. Hal tersebut biasa karena semua olahraga juga seperti itu. Pada awalnya lelah, capek dan pegal-pegal, serta linu-linu, namun lama kelamaan sudah terbiasa dan menjadi rutinitas. Tidak ada yang instan karena semua butuh proses, bukan?

Jadi, rutinlah ke pusat kebugaran (gym) setidaknya sekitar 2 atau 3 kali seminggu hingga tubuh Anda pelan-pelan terbiasa. Bila Anda hanya melakukan satu kali saja maka dapat dipastikan tubuh Anda akan merasa sakit keesokan harinya. Ini juga berlaku untuk Anda yang ingin melakukan gerakan olahraga mengecilkan perut maka tidak mungkin dapat berhasil hanya dalam sesekali waktu saja, karena butuh waktu yang cukup lama dan selalu konsisten agar tubuh menjadi ideal seperti yang diinginkan. 

  1. Istirahat Cukup

Sama seperti program kesehatan yang lain, istirahat yang cukup adalah salah satu tips fitnes untuk pemula paling penting bila ingin melakukan olahraga ini secara rutin. Mengapa? Perlu diketahui bahwa istirahat yang cukup akan bisa memberikan dampak hasil yang optimal untuk program fitnes Anda. Hal itu dikarenakan pertumbuhan otot terjadi pada saat otot tidak beraktivitas seperti istirahat, bukan saat dipakai beraktiftas. Jadi, jangan hanya fokus dengan latihan angkat beban, ya!

  1. Latihan Sesuai Kemampuan

Kenali tubuh adalah hal wajib yang dilakukan oleh banyak orang. Hampir sebagian besar orang menganggap bahwa olahraga untuk diet sehat, apapun bentuknya bila dilakukan secara terus menerus, rajin dan berlebih bisa membuat tubuh lebih cepat kurus dan terbentuk karena lemak-lemaknya hancur.

Pandangan ini tentunya tidak benar. Menantang diri Anda sendiri tentu saja boleh untuk dilakukan namun bila hal itu melebihi batas kemampuan tubuh Anda, maka jangan coba-coba untuk dilakukan. Jangan paksakan overtraining karena akan merugikan tubuh Anda sendiri.

  1. Latihan Kardio

Latihan kardio sangat penting untuk semua orang, lho! Jadi, jangan selalu diidentikkan kalau latihan ini hanya untuk orang yang berat badannya berlebih. Tidak! Manfaat olahraga kardio terutama yaitu untuk meningkatkan kinerja dan kerja jantung Anda. Bila kinerja jantung meningkat, maka aliran darah Anda pun lancar mengalir ke seluruh tubuh. Akibatnya, stamina Anda dalam melakukan banyak aktivitas pun meningkat.

  • Latihan Kaki

Upper body adalah titik fokus ketika seseorang nge-gym. Namun, tahukah Anda kalau latihan kaki juga sangat penting, lho. Jangan lupa kalau kaki adalah fondasi tubuh Anda layaknya rumah. Semua orang membangun akar rumah alias fondasinya terlebih dahulu bukannya atap, bukan? Seperti itulah tubuh Anda.

Upper body memang penting untuk enak dipandang, namun apakah cantik atau tampan jikalau tubuh bagian atas bagus namun kakinya kecil, kerempeng dan seperti tak terurus? Tentu terlihat aneh, bukan?

  • Konsumsi Makanan Sebelum dan Sesudah Olahraga

Salah satu hal paling penting sebelum memulai olahraga fitnes adalah makan. Ya! Apapun bentuk olahraganya, setidaknya tubuh butuh cadangan energi, bukan? Begitu juga dengan fitnes. Sebelum memulainya, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan penambah tenaga sebelum olahraga maksimal satu jam sebelum melakukannya.

Energi yang dihasilkan dari makanan itu dapat membantu Anda agar tidak cepat lelah ketika berolahraga. Jeda waktu satu jam tersebut sudah cukup bagi tubuh Anda untuk menerima, mengolah serta menghasilkan energi dari makanan-makanan yang Anda konsumsi.

Jika jeda waktunya kurang dari satu jam tersebut, maka olahraga Anda tidak akan menjadi maksimal karena tubuh Anda masih kaget saat melakukannya. Tak hanya itu, mengkonsumsi makanan setelah fitness juga sama pentingnya. Tujuannya adalah untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang selama melakukan fitnes. 


  • Re-hidrasi Tubuh Anda

Usahakan untuk selalu hidrasi (minum air putih) di saat sebelum, ketika, dan sesudah fitnes. Jumlah minimal air putih yang harus dikonsumsi adalam 300 hingga 500 mL.  Sebagai informasi, hidrasi merupakan salah satu faktor paling penting agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar saat berolahraga. Hidrasi atau minum air putih juga akan membantu Anda dalam melancarkan proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh serta menghindarkan diri dari heat stroke ketika fitnes.

  • Konsumsi Suplemen Secukupnya

Mengkonsumsi suplemen saat latihan fitnes juga sangatlah penting bagi seorang pemula. Namun, ingatlah untuk tidak terlalu bergantung, ya?  Seperti Anda ketahui bahwa suplemen hanya berfungsi sebagai penunjang tubuh akan kebutuhan nutrisi yang kurang, bukan? Anda diperbolehkan mengkonsumsinya dalam kadar yang tepat.

Tetap saja, manfaat makanan sehat dengan nutrisi alaminya adalah yang terbaik. Banyak kasus oleh karena ketergantungan suplemen terjadi hingga orang-orang tersebut tidak semangat fitnes lagi karena suplemennya habis. Jangan sampai itu terjadi kepada Anda!

Demikianlah ketiga belas tips fitnes untuk pemula yang mesti diingat bila Anda merupakan pemula dan baru melakukan fitnes untuk pertama kalinya. Semua poin di atas merupakan faktor-faktor penting agar Anda yang telah memilih olahraga fitnes sebagai olahraga kebugaran yang akan rutin dilakukan, dapat berhasil dengan baik. Bukankah itu adalah hasil yang Anda harapkan sebelumnya, bukan?

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet