Apakah Singkong Baik untuk Diet? Temukan Jawabannya Disini

Banyak yang masih mempertanyakan apakah singkong baik untuk diet. Singkong memang dipilih sebagai salah satu makanan mengenyangkan selain nasi yang dipilih saat sedang menjalani program diet. Mengonsumsi singkong dipercaya dapat menjadi cara diet cepat kurus dan cara diet tanpa menyiksa.

ads

Ada banyak cara diet dengan singkong yang dapat anda lakukan. Misalnya, mengonsumsi singkong sebagai nasi tiwul atau direbus biasa. Bagi anda yang masih mempertanyakan apakah singkong baik untuk diet, maka anda harus mengetahui kandungan nutrisi yang terkandung di dalam singkong. Singkong mengandung nutrisi baik, seperti:

  1. Kalori

Kandungan kalori di dalam singkong sangat sedikit dibandingkan nasi. 100 gram singkong hanya mengandung 112 kalori. Ini membuat singkong menjadi pilihan yang cocok saat anda sedang menjalankan diet.

  1. Karbohidrat

Singkong juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. 100 gram singkong hanya mengandung 27 gram karbohidrat. Akan tetapi, kandungan karbohidrat singkong ini tetap bisa membuat anda kenyang dan mengurangi nafsu untuk makan lebih banyak.

  1. Serat

Serat yang terkandung di dalam singkong memang sedikit. Namun, jika anda bandingkan dengan nasi putih, maka kandungan serat di dalam singkong masih lebih banyak. 100 gram singkong mengandung 1 gram serat. Sedangkan nasi putih hanya memiliki kandungan serat sebanyak 0,6 gram. Kandungan serat yang lebih besar terdapat pada daun singkong. Jadi, salah satu kasiat daun singkong untuk diet yang akan anda dapatkan adalah pencernaan yang lebih lancar karena kandungan serat yang tinggi.

  1. Tiamin

Kandungan Tiamin di dalam singkong cukup tinggi dibandingkan dengan bahan makanan lainnya. Di dalam 100 gram singkong ada 20 persen Tiamin atau lebih banyak dikenal dengan vitamin B1. Tiamin berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi.

  1. Fosfor

Anda pasti sudah mengetahui bahwa fosfor merupakan zat gizi yang berfungsi untuk membuat gigi dan tulang menjadi semakin sehat dan kuat. Di dalam singkong terdaapat kandungan fosfor sebanyak 5 persen yang bisa membantu anda mendapatkan tulang dan gigi yang semakin sehat.

  1. Kalsium

Terdapat kandungan kalsium sebesar 2 persen di dalam 100 gram singkong. Kalsium memiliki fungsi yang hampir sama dengan fosfor. Zat gizi ini memiliki peran penting untuk membuat gigi dan tulang anda menjadi semakin sehat dan kuat.


  1. Riboflavin

Riboflavin lebih sering dikenal sebagai vitamin B2. Zat gizi ini memiliki fungsi untuk proses metabolisme di dalam tubuh, seperti pemrosesan protein dan karbihidrat. Singkong memiliki kandungan riboflavin sebesar 2 persen.

Bagi anda yang masih mempertanyakan apakah singkong baik untuk diet, maka kini anda tentu bisa menjawabnya sendiri. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam singkong tentu cukup untuk menjawab apakah singkong baik untuk diet.

Dengan kandungan nutrisi yang baik ini, singkong bisa anda pilih sebagai makanan rendah kalori dan karbohidrat untuk dikonsumsi saat sedang diet. Anda bisa megolah singkong menjadi berbagai menu sehat untuk diet. Ada banyak cara membuat makanan sederhana untuk diet dari singkong selain direbus atau diolah menjadi nasi tiwul.

Dengan mengolahnya menjadi nasi tiwul bisa menjadi cara mengurangi makan nasi bagi anda yang sedang menjalani diet tanpa makan nasi. Singkong akan menjadi makanan sehat untuk diet jika anda mengombinasikan olahan singkong dengan bahan makanan lainnya, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, atau buah-buahan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan