11 Cara Membuat Makanan Sederhana untuk Diet Sehat

cara membuat makanan sederhana untuk dietBagi ladies yang memiliki masalah pada berat badan, tentunya mendengar kata diet sangat menjadi beban, karena dalam prosesnya, tidak hanya menyiksa, juga belum tentu jangka waktu keberhasilannya. Melatih kesabaran dan rasa lelah juga sangat diperlukan, sehingga ladies mungkin tidak hanya merasakan beban pada tubuh, tapi juga pikiran.

ads

Bagi yang sudah berpengalaman, mungkin seiring waktu akan terbiasa dengan pola diet yang ketat, namun bagi pemula pastinya akan susah dalam mengikuti berbagai aturan dalam diet. Dibanding harus mengikuti pola cara diet cepat kurus yang menyiksa sejak awal, lebih baik untuk pemula yaitu mengatur menu makanan sederhana untuk diet sehari – hari agar tubuh ladies akan lebih terbiasa untuk mengikuti langkah diet selanjutnya.

Daripada harus mengurangi porsi makanan dan membeli di luar, bagi ladies yang baru memulai program diet, lebih baik menentukan sendiri cara membuat makanan sederhana untuk diet setiap hari agar lebih mudah mengontrol asupan dan kalori yang dimakan. Berikut adalah menu diet sederhana yang dapat ladies buat setiap hari.

  • Menu Sarapan Pagi

Saat sarapan pagi, memang mengkonsumsi nasi adalah yang terbaik dalam mengisi energy, namun dalam melakukan diet memang diperlukan dalam mengurangi asupan kalori, dan nasi memiliki kalori dan kandungan gula yang tinggi. Sebagai gantinya dapat mengkonsumsi oatmeal ataupun roti dari gandum.

Konsumsi oatmeal dengan yogurt atau susu di pagi hari dapat mengganti kalori dan energi, atau dapat pula menggunakan roti gandum yang dioleskan selai kacang atau buah – buahan, namun tidak menggunakan coklat atau mentega karena mengandung lemak tinggi. Imbangi dengan makan apel, pisang, atau jus buah sebagai menu penutup. Jika ladies tidak ingin repot, makan cukup makan pisang dengan susu akan menjadi menu sarapan yang tepat.

  • Makan Siang

Di siang hari, rasa lapar akan semakin terasa, jadi ladies boleh mengkonsumsi sedikit porsi nasi, namun usahakan untuk menggantinya dengan nasi merah yang lebih sedikit mengandung kalori. Imbangi dengan banyak protein hewani seperti telur, dada ayam, ikan, dan daging tanpa lemak untuk lebih menambah energi dan rasa kenyang.

Lengkapi pula dengan sayur – sayuran hijau, dan sebaiknya dimasakan dengan dibuatkan sup. Jika tidak ada daging atau ikan, ladies dapat hanya mengkonsumsi tempe atau tahu. Lebih baik mengkonsumsi banyak sayur dan buah, serta meminum banyak air putih sebagai menu makan siang, untuk mengganti cairan tubuh terutama di cuaca yang panas.

Salah satu resep bekal makan siang yang dapat ladies coba buat dirumah yaitu daging yang dipanggang, dibumbui dengan bawang putih dan lada hitam, dan dikombinasikan dengan potongan kentang rebus dengan olive oil dan jeruk. Atau yang paling sederhana yaitu menu dengan telur rebus, wortel yang juga telah dimasak, pisang, dan keju sudah cukup untuk asupan nutrisi ladies di siang hari. Jika ladies harus makan diluar, cukup memesan soup ayam sayur akan menjadi menu berprotein sehat untuk ladies.

  • Makan Malam

Meskipun sedang diet, ladies dilarang untuk melewatkan waktu makan, karena meskipun asupan yang masuk sedikit, tubuh tetap memerlukan makanan untuk bekerja. Melewatkan waktu makan dapat berefek samping pada kesehatan organ tubuh. Namun karena pada malam hari tubuh akan lebih banyak beristirahat, mengurangi porsi makan menjadi ekstrim bisa ladies lakukan.

Cukup makan salad sayur untuk diet atau lalapan sebagai menu makan malam anda, dan jangan lupa untuk meminum banyak air hangat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi dehidrasi. Jika ladies masih merasa kurang cukup dengan sayur dan buah, dapat mengonsumsi 2 lembar roti dengan madu, atau jika bisa ladies bisa membuat tumis ayam brokoli untuk mengurangi rasa lapar di malam hari, kombinasikan dengan jus untuk diet di malam hari.


Ladies dapat melakukan berbagai inovasi terhadap menu makanan untuk cara diet tanpa menyiksa sehari – hari. Hindari makanan yang digoreng dan berlemak, atau yang mengandung gula, perbanyak makan buah dan sayuran untuk diet sebagai menu utama ataupun cemilan seperti apel atau pisang yang bisa membuat kenyang, dan perbanyak minum air putih. Minum air putih yang banyak tidak hanya melancarkan pencernaan, namun juga membantu mempercepat rasa kenyang walau ladies mengkonsumsi sedikit porsi makanan.

Dalam cara membuat makanan sederhana untuk diet, ladies dapat mencoba membuat menu sehat berikut:

  1. Buah menu dengan olahan sayuran segar seperti salad atau lalapan tanpa penyedap, atau dibuatkan sup yang hanya diberi sedikit garam.
  2. Untuk cemilan, ladies dapat selalu membawa bekal buah – buahan seperti buah apel, pir, jeruk, atau papaya.
  3. Jika belum terbiasa dengan menu tanpa nasi, ladies dapat mengkonsumsi gandum, singkong, ubi, atau jagung yang direbus atau dipanggang sebagai penggantinya.
  4. Dapat juga menggunakan menu diet simple kentang rebus, yang dikombinasikan dengan telur, wortel, dan kubis.
  5. Jika ingin mengkonsumsi mie, cukup masak mie bihun yang ditumis atau dijadikan soup.
  6. Jika sudah terbiasa untuk melakukan cara diet karbohidrat dengan mengurangi menu nasi, ladies dapat mengonsumsi menu berprotein seperti kombinasi roti gandum dan selai kacang, ikan bakar dengan lalapan, daging sapi tanpa lemak yang dibakar atau panggang dengan salad, dan menu lain yang tidak mengandung minyak. Memakan telur orak arik dengan roti juga akan mengisi asupan nutrisi ladies.
  7. Untuk anda pecinta makanan mentah, makan sushi tuna juga baik untuk diet.
  8. Jika merasa lapar sebelum waktu makan seperti di jam – jam 10 pagi atau sore hari, ladies dapat selalu menyediakan bekal berupa jus sayur – sayuran hijau seperti bayam, kol, sawi atau memanfaatkan cara memasak brokoli untuk menu diet. Jus sayur dan buah untuk diet akan memberi tambahan vitamin dan serat untuk mengurangi nafsu makan ladies.
  9. Meski kebanyakan dari ladies yang diet menghindari segala makanan yang mengandung lemak, namun nutrisi dari lemak baik juga sangat diperlukan oleh tubuh sebagai pemberi energi. Ladies dapat memenuhi asupan tersebut dengan mengkonsumsi kacang – kacangan, susu, keju, atau kuning telur.
  10. Disaat ada kesempatan, jangan ragu untuk selalu memanfaatkan manfaat air putih hangat untuk diet. Hindari minum minuman berkafein seperti kopi atau coklat, ataupun minuman dengan gula pemanis seperti soda, atau minuman berwarna.
  11. Jika perlu, minum minuman herbal untuk diet seperti kombinasi air madu dan kayu manis, teh hijau hangat, atau air jeruk + madu hangat, penting untuk melancarkan metabolisme dan membakar lemak di tubuh.

Untuk mendapatkan berat badan ideal dan memenuhi rutinitas diet, ladies tidak perlu harus memaksakan tubuh dengan bahaya diet ekstrim, cukup menjaga pola makanan sehat untuk diet teratur setiap hari dan jadikan sebagai kebiasaan, maka secara berkala tubuh ladies akan lebih segar, dan berat badan akan menurun. Dengan cara membuat makanan sederhana untuk diet ini akan membantu ladies menentukan menu diet mudah setiap hari, dan jangan lupa untuk selalu mengimbangi dengan berolahraga ringan rutin setiap minggu untuk menguatkan fungsi jantung dan membakar lemak di tubuh lebih cepat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!