4 Cara Diet Dengan Singkong Rebus Sebagai Pengganti Nasi

Cara diet dengan Singkong merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dengan mudah kita temukan di lingkungan sekitar kita. Baik di pekarangan sekitar rumah maupun di pasar – pasar tradisional. Dan harganya pun sangat terjangkau. Namun,  meski harganya terbilang sangat terjangkau, ternyata singkong ini juga sangat lah kaya akan manfaat. Dan salah satu manfaat yang dapat kita peroleh dari singkong adalah untuk membantu program diet.

ads

Baca Juga :

Cara Diet Dengan Singkong

Cara Diet Dengan SingkongTanaman dengan nama latin  Manihot Uttilisima  ini dikenal sangat kaya akan kandungan karbohidrat di dalamnya. Dan kandungan karbohidrat yang terdapat pada singkong pun berbeda dengan kandungan karbohidrat yang terdapat pada nasi. Kandungan karbohidrat pada singkong adalah karbohidrat kompleks yang akan memakan waktu cukup lama untuk bisa terurai, sehingga jika kita mengkonsumsi singkong, kita akan bisa mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama dan juga akan memiliki cukup tenaga untuk  melakukan aktivitas sehari – hari. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Labu Siam)

Tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman perdu yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 7 meter. Tanaman singkong memiliki akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian tumbuh membesar. Dan akar ini lah yang selama ini di olah menjadi berbagai jenis makanan untuk dikonsumsi.

Nah, bagi anda yang saat ini sedang berada dalam program diet dan ingin tahu bagaimana cara diet dengan singkong, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk bisa diet dengan singkong.

1. Dengan Cara Direbus

Cara Diet Dengan Singkong dengan cara di rebusCara pertama yang dapat kita gunakan untuk bisa diet dengan singkong adalah dengan cara megkonsumsi singkong rebus. Singkong rebus ini sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sedang berada dalam program diet karena kandungan nutrisi yang terdapat pada singkong tidak akan berkurang banyak selama proses perebusan. Selain itu singkong yang direbus juga terkesan lebih sehat karena dalam proses pengolahannya tidak melibatkan minyak. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Alpukat)

Cara untuk merebus singkong ini sangatlah mudah. Pertama, kita siapkan dulu beberapa batang singkong, lalu kita kupas kulitnya dan kita bersihkan dengan cara di cuci. Supaya lebih mudah dikonsumsi, sebaiknya kita potong singkong menjadi beberapa bagian. Setelah itu baru kita rebus singkong hingga matang. Dan singkong pun siap untuk di konsumsi. (Baca Juga : Cara Diet dengan Yoghurt)

Singkong rebus ini bisa kita konsumsi sebagai pengganti nasi. Karena selain rendah lemak, kandungan karbohidrat yang terdapat pada singkong ini juga lebih kompleks sehingga bisa memiliki dampak yang lebih baik terhadap tubuh kita. Dan bagi anda yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa, singkong rebus juga sangat cocok untuk di jadikan sebagai salah satu menu sahur yang sehat. Kandungan serat  yang terdapat pada singkong mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga nafsu untuk makan juga bisa berkurang secara optimal.

Baca Juga :


2. Dengan Cara Di Kukus

Cara Diet Dengan Singkong dengan cara di kukusCara kedua yang dapat kita gunakan untuk bisa sukses diet dengan singkong adalah mengolahnya dengan cara di kukus. Singkong yang dikukus ini sebenarnya hampir sama dengan singkong yang direbus, hanya saja cara pengolahannya yang berbeda. Cara untuk mengukus singkong sebenarnya sama saja dengan cara mengukus berbagai bahan makanan lainnya. Hanya saja sebaiknya kita tidak mengukus singkong terlalu lama, supaya kandungan nutrisi yang terdapat pada singkong juga tidak hilang. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Ubi)

Singkong kukus ini baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi ketika sarapan. Kandungan karbohidrat serta serat yang terdapat pada singkong akan sangat membantu kita dalam melakukan berbagai macam rutinitas kita sehari – hari. Selain itu kandungan nutrisi lain yang terdapat pada singkong juga akan dapat membantu menjaga tubuh kita tetap sehat selama masa diet.

Baca Juga :

3. Dengan Cara Dibuat Menjadi Makanan Tradisional

Cara Diet Dengan Singkong dengan cara di buat makanan tradisionalCara selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk bisa diet dengan singkong adalah dengan mengolahnya menajdi berbagai macam makanan tradisional. Ada banyak sekali jenis makanan tradisional olahan dari singkong yang dapat kita pilih. Seperti tiwul, gethuk, lemet, lambang sari, dan lain sebagainya. Cara untuk mengolahnya pun saat ini sudah dapat dengan mudah kita temukan di internet. (Baca Juga : Cara Diet dengan Buah Markisa)

Olahan singkong sebagai makanan tradisional ini sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sudah bosan dengan singkong rebus. Selain itu dengan membuat singkong menjadi berbagai olahan juga akan memberikan daya tarik tersendiri sehingga kita jadi bernafsu untuk mengkonsumsi singkong. Dengan mengkonsumsi makanan tradisional olahan dari singkong ini kita akan bisa lebih mudah menjalani diet dan peluang untuk bisa sukses dalam program diet juga akan lebih besar.

Baca Juga :

4. Dengan Cara Digoreng

Cara Diet Dengan Singkong dengan cara di gorengCara yang ke empat ini sebenarnya memang tidak terlalu dianjurkan, karena dalam pengolahannya kita perlu melibatkan minyak. Namun, walau bagaimana pun juga singkong goreng jauh lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan berbagai jenis makanan lain yang juga melibatkan minyak dalam pengolahannya. Selain itu, singkong goreng juga dapat mengobati kerinduan seseorang yang sedang berada dalam masa diet terhadap makanan yang mengandung minyak. (Baca Juga : Cara Diet Untuk Mengecilkan Paha)

Cara untuk menggoreng singkong sendiri sangatlah mudah. Pertama, cukup siapkan beberapa batang singkong, kemudian kita bersihkan dan kita kupas kulitnya. Selanjutnya kita potong kecil – kecil singkong yang sudah dibersihkan tadi. Setelah itu kita beri bumbu dapur sesuai selera lalu goreng singkong hingga matang. Selain itu kita juga bisa membuat singkong sebagai keripik. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Daun Seledri)

Singkong yang digoreng ini sangat baik kita konsumsi sebagai cemilan sehari – hari. Singkong goreng akan sangat baik jika kita konsumsi untuk menggantikanberbagai macam cemilan yang kurang sehat seperti gorengan dan juga yang lainnya. Karena meski digoreng, kandungan serat dan juga karbohidrat yang terdapat pada singkong juga tidak akan berkurang terlalu banyak sehingga kita masih bisa memanfaatkannya.

Baca Juga :

Kandungan Gizi Tanaman Singkong

Well, sebelum kita mengetahui bagaimana cara diet dengan singkong, akan sangat baik jika kita mengetahui apa saja kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Karena dengan begitu tentunya kita juga bisa lebih yakin bahwa singkong benar – benar dapat membantu program diet kita dan kita juga bisa tahu bagaimana singkong akan membantu program diet kita. Dan berikut ini adalah beberapa kandungan gizi singkong dan juga manfaatnya. (Baca Juga : Diet Matahari)

Yang pertama, singkong merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat yang terdapat pada singkong ini akan sangat membantu bagi seseorang yang sedang berada dalam program diet. Karena kandungan serat yang terdapat pada singkong ini akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga nafsu makan pun akan berkurang. Selain itu kandungan serat yang terdapat pada singkong  ini juga lah sangat efektif untuk melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh, sehingga makanan yang berada dalam tubuh akan dapat di cerna dengan lebih cepat. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Buahan)

Selain kaya akan kandungan serat, singkong juga lah kaya akan kandungan karbohidrat di dalamnya. Kandungan karbohidrat yang terdapat pada singkong ini mampu memberikan energi lebih bagi orang yang sedang diet untuk bisa melakukan aktivitas sehari – hari. Jadi, kandungan karbohidrat yang terdapat pada singkong ini akan sangat berguna bagi orang yang sedang dalam program diet. (Baca Juga : Bahaya Gorengan untuk Diet)

Selain kaya akan kandungan serat dan juga karbohidrat, singkong juga mengandung cukup banyak kandungan nutrisi lainnya yang berguna bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrisi lain yang dapat kita peroleh dari singkong adalah seperti Vitamin C, Vitamin A, Kalium, Kalsium, Magnesium, Zat besi, dan juga masih banyak yang lainnya.

Baca Juga :

Well, demikian tadi sajian informasi tentang cara diet dengan singkong. Selain beberapa cara yang telah kami sebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa cara lainnya yang juga dapat kita gunakan untuk bisa melakukan diet dengan singkong. Namun, hanya segini dulu yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga sajian informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi anda yang saat ini sedang berada dalam masa diet. Terimakasih.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan