6 Cara Diet Dengan Sayuran Secara Alami dan Paling Ampuh (#Terbukti)

Cara diet dengan sayuran merupakan salah satu hal yang sudah sering kita dengar. Namun, masih belum banyak orang yang paham benar bagaimana caranya agar bisa diet dengan sayuran. Sayuran sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang kurang digemari oleh banyak orang. Padahal, sebenarnya sayuran adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak sekali nutrisi yang dapat sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

ads

Baca Juga :

Cara Diet Dengan Sayuran

Cara Diet Dengan Sayuran

Ada banyak sekali jenis sayuran yang dapat kita konsumsi untuk kesehatan tubuh kita. Mulai dari kol, bayam, kangkung, dan juga yang lainnya. Kita pun dapat dengan memperoleh sayuran tersebut di lingkungan sekitar kita atau kita juga bisa membelinya di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari sayuran. Selain dapat menyehatkan tubuh, sayuran juga dapat  kita manfaatkan untuk diet. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sajian informasi tentang cara diet Menggunakan sayuran. Dan berikut ini adalah sajian Cara diet dengan sayuran lengkapnya.

1. Dengan Dibuat Sup

Cara pertama yang dapat kita gunakan untuk bisa diet dengan sayuran adalah dengan mengolahnya menjadi sup. Cara pertama ini terbilang sangat mudah karena kita sama sekali tidak membutuhkan banyak waktu dan juga tenaga untuk bisa membuat sup dari sayuran. Selain itu, proses membuat sup pun tidak memakan waktu yang lama, sehingga sangat mudah untuk dilakukan bagi orang – orang yang terbilang cukup sibuk.

Mengkonsumsi sup sayuran untuk diet ini sangatlah aman bagi tubuh kita. Sup sayuran ini baik untuk dikonsumsi sebelum tidur atau ketika makan malam. Karena dengan mengkonsumsi sup sayuran ini, sistem pencernaan di dalam tubuh kita akan dapat berjalan dengan lancar, sehingga sangat baik untuk orang yang sedang diet.

Baca Juga :

2. Dengan Dibuat Acar

Cara kedua yang dapat kita gunakan untuk bisa diet dengan sayuran adalah dengan mengolahnya menjadi acar. Cara ini terbilang sangat mudah dan juga tidak membutuhkan banyak biaya. Pertama kita cukup  memotong beberapa sayuran hijau kecil – kecil, lalu kita campurkan dengan cuka, gula, serta sedikit garam.

Beberapa jenis sayuran yang dapat kita olah untuk menjadi acar adalah mentimun, kubis, wortel, atau pun yang lainnya. Dengan mengkonsumsi acar ini, tubuh kita akan dapat menyerap seluruh kandungan nutrisi pada sayur dengan maksimal sehingga manfaatnya untuk diet pun dapat kita peroleh dengan maksimal pula. (Baca Juga : Bahaya Diet OCD)


3. Dengan Cara Di tumis

Cara ketiga yang dapat kita lakukan untuk bisa diet dengan sayuran adalah dengan mengolahnya dengan cara di tumis. Cara ini sangatlah mudah dan juga tidak memerlukan banyak waktu untuk mengolahnya. Sebelum menumis sayuran, ada baiknya jika kita merendam beberapa sayuran ke dalam air garam agar kita bisa mendapatkan rasa gurih nantinya.

Sayuran yang ditumis ini sangat baik kita konsumsi ketika sedang makan siang atau ketika sedang istirahat. Dengan mengkonsumsi sayuran yang ditumis, tubuh kita akan bisa mendapatkan nutrisi yang maksimal dari sayuran. Dan perlu di ingat, jangan menumis sayuran dalam waktu yang lama karena bisa – bisa kandungan nutrisi pada sayuran berkurang banyak. Selain itu, cukup tumis sayuran untuk sekali makan saja, karena sayuran yang di panaskan tidak begitu baik untuk kesehatan tubuh kita.

Baca Juga :

4. Dengan Cara Kukus

Cara keempat yang juga dapat kita lakukan untuk bisa diet dengan sayuran adalah dengan cara mengukus sayuran. Cara ini terilang cukup sederhana, namun kita juga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan cara ini. Beberapa jenis sayuran yang dapat kita olah dengan cara di kukus diantaranya adalah bayam, brokoli, dan juga yang lainnya. (Baca Juga : Bahaya Minum Obat Pelangsing)

Mengkonsumsi sayuran dengan cara di kukus ini sangat baik bagi kesehatan tubuh kita karena kita akan mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya secara maksimal. Kita cukup mengukus sayuran selama 5 sampai sepuluh menit saja, dan setelah selesai, masukan sayuran ke dalam air lalu kemudian tiriskan. Dan sayuran pun dapat segera disajikan. (Baca Juga : Diet Rendah Protein)


5. Dengan Cara Direbus

Cara diet dengan sayuran selanjutnya adalah dengan mengolahnya dengan cara direbus. Cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Karena selain tidak membutuhkan banyak waktu dan juga tenaga, cara ini juga sangatlah ekonomis –tidak memerlukan banyak biaya-. Kita cukup menyiapkan air ke dalam panci, lalu kita masukan sayuran kedalam air tersebut dan tunggu hingga sayuran menjadi empuk. Kita juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan supaya rasanya tidak terlalu hambar. (Baca Juga :  Bahaya Diet Air Putih )

Beberapa jenis sayuran yang dapat kita olah dengan cara direbus di antaranya adalah brokoli, bayam, kangkung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan mengkonsumsi sayuran dengan cara direbus, kita bisa mendapatkan manfaat yang maksimal karena nutrisi yang terdapat pada sayuran juga dapat diserap oleh tubuh secara maksimal.

Baca Juga :

6. Dengan Cara Dimakan Mentah

Cara berikutnya yang bisa kita lakukan untuk diet dengan sayuran adalah dengan mengkonsumsinya secara mentah. Cara ini adalah cara yang paling sederhana dibandingkan dengan cara – cara lain. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau yang masih mentah, tubuh kita akan bisa menyerapa nutrisi yang lebih maksimal dibandingkan dengan sayuran yang di masak. Dan cara ini pun sangat baik untuk dilakukan bagi orang yang sedang diet. (Baca Juga : Diet Matahari )

Beberapa jenis sayuran yang dapat kita konsumsi tanpa dimasak adalah jenis sayuran hijau seperti kol, daun selada, selada keriting, dan juga yang lainnya. Dan perlu diingat, kita harus mencuci sayuran terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, atau kita juga bisa merendam sayuran ke dalam air panas terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri yang terdapat pada sayuran.

Baca Juga :

Tips Memasak Sayuran Yang Benar

Dan berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan ketika mengolah sayuran untuk diet.

1. Jangan Masak Terlalu Lama

Tips pertama yang perlu diingat ketika memasak sayuran adalah jangan memasak sayuran terlalu lama. Sayuran yang dimasak terlalu lama akan berkurang kandungan nutrisi di dalamnya dalam jumlah yang banyak sehingga manfaat yang kita rasakan pun akan berkurang. Karenanya, cukup masak sayuran hingga sayuran matang saja supaya kita bisa mendapatkan nutrisi dari sayuran secara maksimal. (Baca Juga : Bahaya Gorengan untuk Diet)

2. Cuci Sayuran Hingga Benar – Benar Bersih

Tips yang kedua ini memang tampaknya sangat sepele, namun sebenarnya hal ini sangatlah berpengaruh terhadap sayuran yang akan kita konsumsi. Banyak orang yang menyepelekan hal ini sehingga biasanya banyak orang terjangkit diare karena tidak mencuci sayuran dengan bersih. Karenanya, sebelum memasak atau mengkonsumsi sayuran, sebaiknya kita pastikan dulu sayuran tersebut sudah dicuci hingga benar – benar bersih.

Baca Juga :

3. Cukup Masak Sayuran Untuk Sekali Makan Saja

Tips yang selanjutnya yang perlu kita ingat adalah cukup mengolah sayuran untuk sekali makan saja. Karena sayuran yang sudah berkali – kali dipanaskan tidak begitu baik untuk dikonsumsi. Lebih baik kita memasak sayuran secukupnya dan lalu memasak lagi untuk makan yang berikutnya. Hal ini memang sangat sepele, tapi tentunya hal ini juga perlu diperhatikan karena jika dibiarkan bisa berdampak buruk terhadap tubuh kita sendiri. (Baca Juga : Bahaya Diet Mayo)

4. Campurkan Dengan Jenis Makanan Lain

Tips terakhir yang bisa kita lakukan ketika mengolah sayuran adalah dengan mencampurkannya dengan beberapa jenis makanan lain. Hal ini akan sangat baik kita lakukan untuk menambah nilai nutrisi pada masakan kita. Selain itu hal ini juga bisa kita lakukan ketika kita bosan dengan sayuran yang begitu – begitu saja.

Baca Juga :

Well, demikian tadi beberapa cara diet dengan sayuran yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Selain beberapa cara di atas, sebenarnya masih ada beberapa cara lain yang juga dapat kita lakukan untuk bisa diet dengan sayuran. Namun, hanya ini saja yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga sajian informasi kali ini dapat berguna bagi kita semua, terutama bagi anda yang saat ini sedang berada dalam program diet. Terimakasih.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan