7 Cara Diet Dengan Nasi Jagung Yang Benar dan Paling Cepat

Cara Diet Dengan Nasi Jagung bisa anda coba untuk menurunkan berat badan anda. Selain nasi, ada satu lagi makanan pokok Indonesia yakni nasi jagung atau sering juga disebut dengan nasi empok atau nasi ampok. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar jagung tua atau jagung pipilan yang lebih murah jika dibandingkan dengan jagung manis. Nasi jagung memiliki kandungan gizi yang cukup berlimpah seperti contohnya vitamin E, vitamin A, vitamin B12, vitamin B1, vitamin B6, kalsium, folat, natrium, zink dan juga fosfor. ini merupakan alternatif pengganti nasi untuk kamu yang menderita diabetes sebagai cara menghindari indeks glikemik yang terkandung di dalam nasi. Selain itu, nasi jagung juga sangat berkhasiat untuk menurunkan berat badan, silahkan kamu lihat ringkasan dibawah ini untuk informasi selengkapnya.

ads

Artikel terkait:

Cara Diet Dengan Nasi Jagung

Cara Diet Dengan Nasi JagungUntuk panduan diet memakai nasi jagung yang akan kami berikan sudah terbukti dapat menurunkan sekitar 4 kg berat pada kamu dengan syarat secara teratur melakukan diet selama 1 minggu.

1. Hari Pertama

Untuk hari pertama, kamu bisa mengkonsumsi sup berbahan dasar vegetarian atau juga bisa non vegetarian bersama nasi jagung,  akan tetapi jangan menggunakan garam saat mengkonsumsi sup tersebut.

2. Hari Kedua

Hari kedua, kamu bisa mengkonsumsi sayuran seperti kubis dan sawi putih kukus, rebus atau tumis namun jangan di goreng yang disantap dengan menggunakan nasi jagung.

Artikel terkait:

3. Hari Ketiga

Untuk hari ketiga, kamu bisa mengkonsumsi berbagai buah jeruk seperti jeruk bali atau jus jeruk dan dibarengi dengan mengkonsumsi lauk pauk sehat seperti ikan bersama nasi jagung.

4. Hari Keempat

Untuk hari keempat, kamu bisa menyantap nasi jagung bersama dengan tempe atau tahu serta lengkapi juga dengan mengkonsumsi apel, pear atau anggur yang akan membuat rasa lapar kamu bisa bertahan lebih lama.

5. Hari Kelima

Untuk hari kelima, kamu bisa mengkonsumsi tiga komponen sayur penting saat diet yakni wortel, bayam dan juga kentang yang disantap bersama nasi jagung.

Artikel terkait:

6. Hari Keenam

Agar lebih banyak toksin terbuang dari dalam tubuh, maka dianjurkan untuk lebih banyak minum air putih dalam 1 hari yang dibarengi dengan makan nasi jagung untuk mengenyangkan perut kamu lebih lama.

7. Hari Ketujuh

Untuk hari ketujuh atau terakhir Cara Diet Dengan Nasi Jagung, kamu bisa mengkonsumsi makanan kesukaan kamu tidak seperti diet hari pertama sampai keenam namun tetap dengan porsi secukupnya saja.

Artikel terkait:

Manfaat Nasi Jagung Untuk Diet

Cara Diet Dengan Nasi JagungNasi jagung tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah sehingga baik untuk penderita diabetes, namun juga sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh sekaligus program diet kamu.

1. Konsumsi Nasi Jagung Sebagai Sumber Energi

Dalam 100 gram nasi jagung mengandung kalori hingga mencapai 345 dan bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi sebagai sumber pengganti energi yang kamu butuhkan setiap harinya. Ganti nasi putih yang biasa kamu konsumsi saat menjalankan diet dengan nasi jagung sehingga hasil diet bisa terlihat lebih cepat.

2. Konsumsi Nasi Jagung Untuk Masalah Pencernaan

Pencernaan yang lancar sangat penting dalam program diet yang sedang kamu jalankan dan didalam nasi jagung dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh sebanyak 18.4% yang sangat baik dalam mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir. Dengan lancarnya buang air besar, maka berbagai zat tidak penting didalam tubuh bisa dikeluarkan secara rutin dan menghindari penumpukan lemak dalam tubuh kamu.

3. Memenuhi Serat Pangan

Dalam jagung mempunyai serat pangan yang diperlukan oleh tubuh [dietary fiber] serta mempunyai indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan beras. Para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi jagung ini sebagai pengganti makanan pokok sehari-hari. Serat larut yang ada pada jagung ini bisa meningkatkan konversi kolesrerol dalam darah menjadi asam empedu di dalam hati. Serat ini juga akan berperan dalam mengikat kolesterol sehingga bisa disekresikan melalui feses sehingga absorpsi kolesterol di dalam usus akan menurun.

Artikel terkait:

4. Baik Untuk Kesehatan Mata

Kandungan karotenois pada nasi jagung sangat baik untuk memelihara kesehatan mata kamu, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

5. Mencegah Kekurangan Darah

Kekurangan darah atau anemia bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi nasi jagung secara teratur. Kandungan zat besi tinggi pada jagung akan membuat produksi sel darah merah bisa berjalan semakin lancar.

6. Menyehatkan Tulang

Untuk menghindari masalah tulang seperti osteoporosis bisa dilakukan dengan mengkonsumsi nasi jagung secara rutin setiap hari sebagai pengganti nasi.

Artikel terkait:

7. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kandungan lemak baik dan juga anti aterogenik yang ada di dalam jagung sangat baik untuk menurunkan resiko kardiovaskular dengan cara mengurangi produksi dari kolesterol berlebih di dalam tubuh. Gangguan seperti penyumbatan arteri, peningkatan tekanan darah dan resiko serangan jantung serta stroke bisa dihindari.


8. Mencegah Diare

Dalam jagung juga mengandung serat yang sangat tinggi dan ini sangat baik untuk mencegah penyakit IBS atau Irritable Bowel Syndrome serta diare sehingga mengkonsumsi nasi jagung secara rutin sangat dianjurkan, namun tetap tidak boleh dilakukan terlalu berlebihan.

Artikel terkait:

Cara Mengolah Nasi Jagung Untuk Diet

Untuk membuat nasi jagung sebagai Cara Diet Dengan Nasi Jagung sebenarnya bisa bisa dilakukan dengan cukup mudah dan akan kami jelaskan tahap demi tahapannya berikut ini.

  1. Pilih jagung kering dengan kualitas yang bagus lalu pipil dan giling kasar agar bagian kulit terpisah dengan bagian bijinya.
  2. Sesudah jagung terpisah dari kulit, giling kembali sampai berbentuk seperti pasir kemudian kukus hingga menjadi nasi setengah matang.
  3. Sesudah setengah matang, jemur dibawah terik matahari sampai kering sekitar satu sampai dua hari tergantung panas dari matahari.
  4. Jika bubuk jagung sudah kering benar maka masukkan ke dalam wadah rapat supaya lebih awet.
  5. Saat ingin memasak nasi jagung, kamu bisa ambil jagung karu sesuai dengan kebutuhan dan rendam dalam air panas selama 10 menit sampai mengembang dan pindahkan ke dalam magic jar kemudian tambahkan air dan tunggu selama 20 menit, siap untuk disantap.

Artikel terkait:

Nasi jagung ini memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan nasi biasa yang terbuat dari beras. Konsumsi nasi jagung ini secara rutin dalam menu diet kamu sehingga berat badan proposional bisa kamu dapatkan secara cepat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!