15 Cara Diet Setelah Melahirkan yang Mudah dan Terbukti Ampuh

Masalah yang lumrah dialami oleh para wanita adalah berat badan. Tentu setiap dari anda, khususnya para wanita, ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Masalah ini erat kaitanya dengan berat badan. Setelah melahirkan, biasanya wanita akan mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan. Hal ini membuat banyak dari para ibu akan membutuhkan usaha ekstra untuk diet setelah melahirkan. Namun jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips diet setelah melahirkan untuk anda sekalian. Yuk kita simak!

ads

Baca Juga :

Cara Diet Setelah Melahirkan

1. Melatih otot perut

Latihan otot perut adalah salah satu aktivitas yang dapat anda lakukan secara rutin untuk diet setelah pasca melahirkan. Di samping itu, latihan otot perut bisa dilakukan dengan mudah. Dimulai dengan posisi duduk, berdiri atau pun berbaring. Beberapa caranya adalah dengan melakukan tarikan pada perut anda ke perut bagian dalam. Hal ini dilakukan dengan cara mengkontraksikan otot-otot perut dan menahan posisi tersebut dalam kurun waktu beberapa menit. Kemudian ulangilah secara berkali-kali sampai anda merasa cukup. Lakukan dengan teratur selama beberapa hari untuk hasil yang maksimal.

Metode lain yang dapat anda coba adalah shoulder lift. Melakukanya juga cukup mudah, anda cukup membaringkan tubuh pada matras secara terlentang, lalu tekuklah kaki beserta telapak kaki hingga menyentuh lantai. Langkah selanjutnya adalah  menghembuskan nafas dan mengkontraksikan pada otot perut, barulah anda mengangkat kepala dan pundak anda. Setelah itu anda harus menahan posisi tersebut dalam waktu beberapa detik. Turunkan kepala dan pundak yang terangkat perlahan-lahan.  Untuk hasil yang maksimal, ulangi dari awal sehingga anda merasa cukup dan biasakan untuk melakukannya secara rutin setiap hari.

2. Lakukan Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan juga merupakan cara efektif untuk diet setelah melahirkan. Berolahraga secara teratur, dapat membuat otot-otot yang kendor akan kembali kencang. Pastikan bahwa olahraga ringan ini sudah mendapat rekomendasi dokter. Yang ingin dimaksud adalah anda memang sudah cukup kuat untuk melakukan gerakan olahraga setelah keadaan melahirkan tersebut. Salah satu olahraga ringan adalah berjalan kaki bersama bayi anda sambil mendorong kereta bayinya. Dari kegiatan simpel tersebut saja anda sudah melakukan olahraga yang bisa membakar lemak dan kalori dalam tubuh secara sehat.

Baca Juga :

3. Memperbanyak konsumsi air putih

sebagaimana kita telah ketahui, air putih memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Salah satunya adalah sebagai pembersih semua organ di dalam tubuh. Tentunya terutama saluran pencernaan dan peredaran darah. Salah satu proses yang perlu diperhatikan pada pencernaan adalah proses hidrasi. Proses ini membantu pencernaan bekerja dengan maksimal ditambah bonus membantu melangsingkan tubuh. Mengkonsumsi banyak air putih juga dapat membantu menahan rasa lapar yang muncul. Konsumsi air putih juga dapat mencairkan konsentrasi sodium di dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan banyaknya air yang keluar pada sistem pencernaan. Mudah dan murah bukan sebagai sarana diet setelah melahirkan?

4. Makan buah dan sayur berserat tinggi

Makan buah dan sayur berserat tinggiSalah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan adalah mengkonsumsi makanan berserat yang tinggi. Setelah melahirkan memang ada baiknya anda mengkonsumsi jenis-jenis makanan ini.

Hal ini dilakukan demi memelihara stamina dan daya tahan pada tubuh. Mengingat tubuh pasca melahirkan ada di kondisi sangat lemah dan lelah selama proses melahirkan berlangsung.

Perut buncit yang muncul setelah melahirkan dapat disebabkan oleh karena adanya penumpukan lemak dan kalori . Ada pula dapat disebabkan karena kekurangan vitamin di dalam tubuh. Oleh karena itu, memakan makanan seperti buah dan sayur berserat tinggi akan membantu pencernaan dalam tubuh.


5. Menghindari konsumsi jamu atau ramuan herbal

Memang konsumsi jamu atau ramuan herbal dapat menyegarkan tubuh. Namun hal ini tidak baik untuk kesehatan bayi yang anda lahirkan. Ramuan dan jamu tidak adakan baik pada bayi karena akan mempengaruhi ASI anda secara langsung. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan dan kesehatannya. Maka dari itu hindarilah diet setelah melahirkan dengan cara ini!

Baca juga :

6. Jangan biasakan tidur setelah makan

Tidur setelah makan adalah salah satu penyebab buncitnya perut. Hindarilah kebiasaan ini apabila anda ingin mengecilkan perut dalam kondisi setelah melahirkan. Langsung tidur setelah makan juga tidak menyehatkan bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan makanan yang harusnya langsung dicerna oleh tubuh akan tertunda di saat sedang tidur. Maka akan terjadi penumpukan seperti lemak dan kalori yang membuat lipatan-lipatan di tubuh serta membuncitkan perut.

7. Tetap melakukan aktivitas seperti biasa

Cara Diet Setelah Melahirkan selanjutnya adalah dengan tetap melakukan aktivitas ibu rumah tangga seperti biasanya. Setelah pulih pasca melahirkan ada beberapa hal penting yang harus dipratikkan. Salah satunya adalah mencoba untuk kembali melakukan aktivitas seperti keadaan normal. Misalnya sebagai ibu rumah tangga yang melakukan bersih-bersih rumah. Hindari menjadikan melahirkan sebagai alasan untuk beristirahat secara berlebihan dalam waktu yang lama. Memulai aktivitas sehari-hari secara normal akan membantu anda untuk melakukan diet setelah melahirkan.

Baca Juga :

8. Lakukan Gerakan pelvic tits

Pada dasarnya hal ini boleh dilakukan dengan adanya izin dari dokter. Gerakan ini memiliki keuntungan yaitu sangatlah mudah dan simpel. Anda semua bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk melakukan pelvic tits anda dapat memperhatikan beberapa langkah berikut ini. Pertama anda baringkan tubuh anda di lantai secara terlentang. Telapak tangan menghadap ke bawah, tegak lurus berada di samping tubuh setelah itu tekuk kaki dan angkat pantat anda sehingga sejajar dengan lutut. Tahan posisi ini selama kurang lebih 10 detik. Ulangi kegiatan ini secara berkali-kali sampai anda merasa cukup. Latihan gerakan ini terbukti efektif untuk bisa mengecilkan perut setelah melahirkan.

9. Meminum rebusan kayu manis

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kayu manis memiliki khasiat yang baik dan cepat untuk mengatasi masalah lemak pada perut. Meminum rebusan kayu manis dapat menjadi salah satu alternatif diet setelah melahirkan. Dengan meminum rebusan ini, harapanya anda akan dapat segera membakar segala jenis tumpukan lemak yang ada pada perut.

Untuk membuatnya, pertama anda harus merebus 2 liter air bersamaan denga kayu manis dan cengkeh. Rebuslah bahan tersebut dalam waktu kurang lebih 5 – 10 menit. Minumlah setelah rebusan tersebut telah hangat dan siap minum. Anda juga dapat menambahkan madu untuk menambah cita rasa.

Baca juga :

10. Biasakan mengkonsumsi sayur dan sup

Beberapa jenis sayuran yang dimaksud adalah brokoli, kubis, kale, kembang kol. Sup yang dimaksud adalah sup yang memiliki kaldu. Sayur sup memiliki kandungan berupa fitonutrien yang bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam perut. Hal ini memang alamiah dimiliki oleh makanan tersebut karena termasuk dalam golongan makanan nabati. Lakukan secara teratur agar usaha anda dalam mengecilkan perut setelah melahirkan dapat maksimal.

11. Memakai korset

Pada dasarnya korset adalah kain pengikat. Kain ini akan diikatkan pada bagian perut anda yang baru saja melahirkan. Pemakaian korset adalah sebuah teknik tradisional untuk mengecilkan perut. Pemakaian korset juga berguna untuk mengurangi pembengkakan serta mendorong otot dan jaringan pada perut agar kembali seperti semula. Metode ini biasanya akan dilakukan selama 3 bulan.

12. Melakukan diet sehat dan seimbang

Cara Diet Setelah Melahirkan selanjutnya adalah dengan melakukan diet sehat dan juga seimbang. Diet adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol berat badan setelah melahirkan. Namun dalam kondisi pasca melahirkan, diet yang dilakukan haruslah sehat dan seimbang. Anda turut harus memikirkan kesehatan bayi yang asupan makanannya masih bergantung sepenuhnya dari anda. Kurangi konsumsi semua makanan cepat saji dengan makanan kaya gizi 4 sehat 5 sempurna. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian, daging sapi (usahakan tanpa lemak), ayam, dan susu rendah lemak. Anda juga perlu mengurangi mengkonsumsi natrium dari garam karena akan menjadi penyebab pembengkakan dan kembungnya perut.

Baca juga:

13. Senam kegel

Selain beberapa senam yang dapat dilakukan dalam kondisi hamil, senam kegel dapat menjadi salah satu senam untuk mengencangkan otot panggul bawah. Senam ini sangat bermanfaat pula untuk mengencangkan beberapa bagian otot  di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar. Senam kegel dapat dilakukan dengan sangat mudah dan murah. Hal ini disebabkan karena senam kegel tidak memerlukan alat ataupun instruksi khusus sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah. Ini dapat membantu diet setelah melahirkan bagi anda!

14. Melatih postur tubuh yang baik

Latihan ini baisa dilakukan berdasarkan saran dan rekomendasi dari beberapa ahli pada bidangnya. Salah satunya adalah para ahli kebugaran tubuh. Biasanya anda akan disarankan untuk duduk dengan posisi tegak. Hal ini bertujuan untuk membantu merampingkan bagian perut yang menjadi buncit setelah melahirkan. Latihan ini sangat dianjurkan bagi anda yang melahirkan secara operasi.  Tentu yang harus diperhatikan bahwa anda telah melakukan konsultasi terlebih dulu kepada dokter. Cocok bagi anda yang ingin melakukan diet setelah melahirkan bukan?

15. Mengkonsumsi teh hijau tawar

Teh hijau adalah salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.Pasalnya, beberapa kandungan pada teh hijau terbukti dapat menurunkan berat badan dan mengecilkan perut secara alami. Untuk hasil yang optimal dianjurkan untuk meminum teh hijau dengan menggunakan air hangat tanpa gula secara teratur sebelum makan. Para ahli juga mengatakan bahwa teh hijau hangat dapat memperlancar metabolisme tubuh. Salah satunya adalah metabolisme lemak. Hal ini dapat menghancurkan lemak dalam tubuh dan juga perut. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang dapat memelihara kesehatan kulit dan mencegah kanker. Teh hijau juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga :

Banyak Cara Diet Setelah Melahirkan yang dapat anda lakukan. Berikut tadi adalah beberapa alternatif yang dapat anda lakukan untuk mengecilkan perut anda. Tentu menjaga pola makan dan tidur yang cukup juga penting bagi anda dan bayi anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!