Wajib Coba 7 Cara Makan Nasi Agar Tidak Gemuk Dijamin Berhasil!

Salah satu cara diet yang benar yang bisa anda terapkan adalah dengan mengurangi konsumsi nasi. Anda juga bisa menggabungkan diet ini dengan diet rendah lemak. Jadi, selama menjalani program diet anda hanya boleh mengonsumsi makanan mengenyangkan selain nasi dan makanan lainnya yang tidak mengandung lemak.

ads

Akan tetapi, bagi anda yang sudah terbiasa mengonsumsi nasi akan kesulitan saat harus mengganti nasi dengan makanan lainnya. Oleh karena itu, anda perlu tahu cara makan nasi agar tidak gemuk.

Dengan begitu anda bisa tetap mengonsumsi nasi, namun berat badan anda tidak akan bertambah. Bagaimana caranya? Berikut ini cara makan nasi agar tidak gemuk yang bisa anda terapkan.

  1. Hitung Jumlah Kalori yang Dibutuhkan

Cara makan nasi agar tidak gemuk yang pertama adalah mengetahui kebutuhan kalori harian anda. Anda bisa menghitung berapa jumlah kalori yang anda butuhkan. Lalu, anda bisa menentukan berapa banyak nasi yang bisa anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalori ini.

Hal yang perlu anda ketahui adalah nasi mengandung 135 kalori dalam satu porsi. Jadi, jika anda masih lapar, anda harus mengonsumsi makanan pengganti nasi rendah kalori agar jumlah kalori yang anda konsumsi tetap rendah.

  1. Pilih Beras yang Berkualitas

Ada banyak manfaat mengurangi makan nasi bagi anda yang sedang diet. Namun, jika mengurangi makan nasi sangat sulit, anda harus memilih jenis dan kualitas beras yang akan anda konsumsi.

Beras terbaik untuk dikonsumsi saat diet adalah beras merah dan hitam karena mengandung gula yang sedikit. Membeli beras organik juga menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

  1. Masak dengan Cara yang Benar

Cara makan nasi agar tidak gemuk juga harus dimulai dari proses memasaknya. Cara terbaik untuk memasak nasi adalah dengan tidak menggunakan alat elektronik penanak nasi.

Peralatan memasak ini bisa memicu penyakit karena bahan pembuatnya yang logam. Bila anda mengonsumsi nasi merah, cara memasak nasi merah untuk diet yang baik adalah dengan memasak di kompor atau tungku.

  1. Memasak Nasi Menjadi Bubur

Ada banyak khasiat bubur untuk diet, termasuk bubur nasi. Nasi yang sudah menjadi bubur memiliki kandungan gula yang lebih sedikit. Hal ini yang juga membuat orang tidak mudah kenyang saat makan bubur nasi.

  1. Makan Nasi di Waktu yang Tepat

Perlu anda ketahui bahwa cara diet nasi yang benar adalah dengan mengonsumsi nasi di waktu yang tepat. Pakar kesehatan mengatakan bahwa waktu terbaik untuk makan nasi adalah siang atau sore hari. Mengonsumsi nasi di malam hari merupakan salah satu hal yang bisa membuat anda semakin cepat gemuk.


  1. Makan Nasi dengan Tambahan yang Sehat

Ketika anda mengonsumsi nasi atau bubur nasi, pastikan anda mengonsumsi bahan makanan lainnya bersama dengan nasi. Anda bisa menambahkan buah untuk diet, sayuran, atau lauk pauk yang sehat untuk dikonsumsi bersama nasi.

  1. Makan Nasi dengan Porsi yang Benar

Untuk membuat anda lebih kenyang, tambahkan sayuran pengganti nasi saat mengonsumsi nasi dengan porsi yang sesuai. Porsi makan nasi yang dianjurkan adalah 25% nasi, 25% lauk, dan 50% sayuran.

Nah itu dia Cara Makan Nasi Agar Tidak Gemuk dijamin berhasil apabila dilakukan dengan benar dan sesuai petunjuk diatas.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips