Cari Tahu 7 Makanan Pengganti Nasi Rendah Kalori yang Menyehatkan

Ada banyak cara diet ampuh yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan saat ini. Salah satunya adalah diet dengan diet rendah kalori yang tidak mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat. Ini merupakan cara diet alami yang dilakukan dengan mengganti nasi dengan makanan pengganti nasi rendah kalori.

ads

Tidak sulit untuk menemukan sumber makanan lainnya yang mengandung karbohidrat selain nasi. Apa saja makanan pengganti nasi rendah kalori? Berikut ini 7 rekomendasi makanan pengganti nasi yang akan tetap membuat anda kenyang, namun tetap rendah kalori.

  1. Oat

Makanan pengganti nasi rendah kalori pertama yang banyak direkomendasikan adalah oat. Ada banyak khasiat oat untuk diet, seperti mengandung protein dan serat yang tinggi. Hal ini akan membuat anda merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi oat.

Satu porsi oat senilai 40 gram mengandung 148 kalori, 5,5 gram protein, dan 3,8 gram serat. Kandungan protein dan serat ini memiliki peran penting untuk menekan nafsu makan anda.

  1. Telur

Telur termasuk makanan rendah kalori tinggi protein yang baik untuk anda konsumsi saat sedang menjalani diet. Telur sangat rendah kalori, namun padat dengan kandungaan nutrisi penting lainnya. Satu buah telur berukuran besar hanya mengandung 72 kalori, 6 gram protein, dan beragam vitamin serta mineral penting lainnya.

  1. Kentang

Makanan pengganti nasi rendah kalori berikutnya yang bisa anda konsumsi adalah kentang. Manfaat kentang untuk diet yang sudah banyak terbukti adalah bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan.

Kentang yang anda konsumsi tentu harus kentang yang diolah dengan benar dan bukan kentang goreng yang sudah mengandung banyak lemak. Satu buah kentang dengan ukuran medium hanya mengandung 161 kalori dan 4 gram serat serta protein.

  1. Jelai

Selain menjadi makanan rendah kalori yang mengenyangkan, Jelai juga menyediakan banyak mineral penting, seperti selenium dan juga mengandung serat yang tinggi. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi banyak jelai mampu membantu tubuh anda untuk menurunkan kadar kolesterol.

  1. Gandum

Gandum merupakan makanan mengenyangkan selain nasi yang mudah untuk ditemukan. Gandum sangat baik bagi tubuh karena mampu memenuhi 25% kebutuhan serat harin anda. Anda juga bisa memasak gandum menjadi berbagai makanan dan cemilai. Ada banyak resep cemilan rendah kalori yang bisa anda buat dari gandum.

  1. Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran pengganti nasi yang banyak direkomendasikan. Anda bisa memasak brokoli menjadi seperti nasi dan ditambah dengan lauk pauk lainnya. Nasi dari kembang kol ini sangat rendah karbohidrat dan kalori. Namun, anda akan mendapatkan banyak serat, mineral, dan berbagai vitamin penting lainnya.


  1. Kol

Kol dapat menjadi makanan pengganti nasi berikutnya yang anda konsumsi. Kol termasuk ke dalam makanan rendah kalori dan karbohidrat.

Kol sangat baik bagi tubuh karena mengandung zat besi, vitamin A, dan vitamin C yang baik. Selain itu, kol juga mengandung nol gram lemak dan 2 gram protein per porsinya. Anda bisa mengolah kol menjadi berbagai makanan, seperti salad.

Itulah berbagai bahan makanan yang bisa anda konsumsi sehari-hari sebagai pengganti nasi. Agar tidak bosan, anda bisa mengonsumsi bahan makanan ini secara bergantian setiap hari atau minggu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan