10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Drastis dalam Waktu Singkat

Ada beberapa orang yang menginginkan penurunan berat badan secara cepat, entah itu karena adanya tuntutan pekerjaan ataupun karena ada suatu acara yang mengharuskan ia tampil paripurna. Dan disini memang diperlukan jenis diet yang biasa disebut dengan cara diet ketat yang benar tentunya untuk mendapatkan hasil penurunan berat badan secara drastis dalam waktu singkat, namun tetap memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan saat diet serta kesehatan tubuh.

ads

Dalam pelaksanaan program diet untuk obesitas dan juga cara diet cepat kurus disarankan untuk melakukannya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, dan usahakan untuk tetap memenuhi semua kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh, agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi tubuh.

Karena seringkali orang melakukan diet ketat namun ia tidak makan, atau ada juga yang menggunakan obat pelangsing padahal bahaya minum obat pelangsing bagi kesehatan tubuh sangat berbahaya apalagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Dan disini akan ada beberapa cara menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat.

Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Berikut beberapa cara menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat, namun tetap menggunakan cara diet aman dan cara diet yang benar :

      1. Tekad yang kuat

Sebelum melakukan atau merencanakan berbagai program diet rendah lemak atau diet untuk menurunkan berat badan, yang paling penting adalah niat dan tekad yang kuat. Karena dengan niat atau tekad yang kuat, kita akan menjadi lebih konsisten untuk mengikuti aturan diet yang ada serta tahan terhadap godaan – godaan. Hal ini menaruh peranan sangat krusial dalam cara diet ampuh Anda.

      2. Hitung jumlah kebutuhan kalori setiap hari nya

Cara menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat berikutnya yaitu, dengan menghitung kebutuhan kalori Anda setiap hari nya. Dengan begitu kita akan mengetahui berapa jumlah kalori yang dibutuhkan, serta diusahakan untuk mengkonsumsi kalori tidak melebihi dari kalori harian yang dibutuhkan. Dengan begitu maka Anda dapat menurunkan berat badan Anda secara cepat.

      3. Meningkatkan konsumsi makanan tinggi serat

Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan serat, akan membantu Anda dalam meningkatkan proses pencernaan Anda, sehingga pencernaan pun lancar dan lemak – lemak yang tidak terpakai pun dapat segera dibuang serta tidak menumpuk dan menjadi lemak dalam tubuh. Dan dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat pada setiap Anda makan, hal tersebut dapat membuat Anda merasakan kenyang lebih lama.


      4. Menerapkan pola makan sehat

Konsumsilah hanya makanan sehat untuk diet, serta menjauhi berbagai makanan yang dapat menggagalkan diet, seperti makanan tinggi lemak jenuh yang terdapat pada gorengan. Konsisten lah dalam menerapkan pola makan sehat dan dengan begitu berat badan pun dapat turun. Jangan lupa pula untuk jus diet pagi hari atau jus sayur untuk diet.

      5. Makan sedikit tapi sering

Dengan menjalankan pola makan yang sedikit tapi sering, maka hal tersebut akan membuat tubuh Anda lebih cepat dalam mengolah makanan yang masuk, sehingga tak ada lagi makanan atau lemak – lemak yang menumpuk dalam perut Anda.

      6. Perbanyak minum air putih

Dengan meningkatkan konsumsi air putih, tubuh Anda menjadi lebih meningkatkan dalam proses metabolisme, dan juga dengan banyak minum air putih, lemak – lemak yang menumpuk dapat diluruhkan. Air putih yang dikonsumsi sebelum makan juga dianjurkan untuk diterapkan oleh para pelaku diet, karena dengan begitu akan memberikan rasa cepat kenyang. Oleh karena itu, bagi para pelaku cara diet yang baik, tingkatkanlah konsumsi air putih Anda.

      7. Hindari makan di atas jam 6 sore

Untuk yang ingin melakukan cara menurunkan berat badan dengan cepat, usahakan untuk makan malam sebelum pukul 6 sore. Kalaupun lapar pada jam – jam setelah jam 6 sore, cukup mengkonsumsi sayur atau buah saja.


      8. Sering – sering menengok timbangan

Jangan lupa untuk sering menengok pada timbangan. Karena berat badan naik biasanya tidak terlalu terlihat pada saat Anda bercermin di cermin. Hal tersebut baru disadari saat Anda melihat pada timbangan. Oleh karena itu, disarankan untuk rutin melihat pada timbangan untuk memacu motivasi dalam menurunkan berat badan Anda. Selain itu juga menghindari dari adanya kenaikan berat badan yang tidak disadari.

      9. Rutin berolahraga

Olahraga lah setiap hari setidaknya 15 sampai dengan 30 menit. Karena dengan berolahraga membuat tubuh Anda pun menjadi senantiasa bugar dan tentunya mampu membakar kalori dan juga lemak berlebih dalam tubuh Anda. Perbanyaklah olahraga lari dan juga renang jika Anda menginginkan penurunan berat badan yang cepat.

Namun ingat, kontrol makan Anda sesaat setelah berolahraga, karena sering sekali seseorang giat berolahraga, namun tidak menjaga porsi makannya setelah berolahraga. Padahal hal tersebut lah yang membuat olahraga Anda yang bertujuan untuk menurunkan berat badan menjadi percuma. Cobalah konsumsi buah buahan atau sayuran ketika lapar setelah berolahraga.

      10. Ikuti kelas fitnes

Saat Anda sedang menginginkan berat badan turun dengan cepat, maka mengikuti kelas fitnes dengan trainer pribadi adalah solusi yang tepat bagi Anda. Karena saat Anda mengikuti kelas fitnes dan dengan trainer pribadi, konsumsi makan Anda serta latihan Anda akan dipantau setiap hari nya.

Dan disana nanti juga akan banyak berbagai macam latihan untuk menurunkan berat badan, dari mulai kardio, aerobik, zumba, dan yang lainnya. Selain itu, disana Anda juga akan mendapatkan teman – teman yang memiliki tujuan yang sama, sehingga Anda akan lebih bersemangat lagi.

Itulah tadi cara menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat. Semoga berhasil!

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!