7 Cara Diet Ketat yang Benar dan Paling Efektif Namun Tetap Aman

cara diet ketat yang benarBagi Anda yang menginginkan cara mengurangi berat badan dengan cepat dan singkat, biasanya akan memilih untuk melakukan cara diet ketat. Namun tahukah Anda cara diet ketat pun harus diperhatikan cara mempraktekkannya, agar terhindar dari bahaya diet yang salah.

ads

Tidak ada larangan bagi Anda yang menginginkan untuk melakukan cara diet ketat untuk mencapai berat badan ideal dalam waktu yang singkat, namun perlu diperhatikan cara diet ketat yang benar dan aman. Dan cara diet yang baik dan benar adalah diet yang memperhatikan pola makan dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, jangan sampai karena diet, Anda menjadi kekurangan nutrisi.

Selain itu, juga perlu memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh, jangan sampai mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan juga tinggi kalorinya.

Diet ketat yang benar adalah yang memperhatikan keseimbangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, tidak berlebih dan tidak pula kekurangan. Serta memperhatikan pula menu diet rendah kalori seminggu dan memperhatikan daftar makanan rendah lemak. Berikut ini beberapa tips cara diet ketat yang benar :

      1. Niat yang kuat

Sebelum saya memberikan tips-tips seputar cara diet ketat yang benar. Pertama-tama dan yang paling utama adalah tanamkan dahulu pada diri Anda, niat dan tekad yang kuat membaja untuk melakukan diet atau program diet untuk obesitas.

      2. Hitunglah jumlah kebutuhan kalori harian Anda

Dengan menghitung jumlah kebutuhan kalori Anda, sesuai dengan jenis kelamin, usia, berat badan, dan aktifitas Anda. Maka Anda akan terhindar dari mengkonsumsi kalori berlebihan, yang tentunya dapat menjadi penyebab obesitas. Pada saat menjalankan cara diet ketat, disarankan untuk mengkonsumsi kalori yang tidak melebihi kebutuhan kalori harian Anda.

      3. Menerapkan gaya hidup sehat

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, menghindari stress, alkohol dan juga rokok, dapat mempengaruhi keberhasilan diet ketat Anda. Pasalnya, dengan rutin berolahraga tentunya mampu membuat proses pembakaran kalori dan juga lemak lebih cepat. Dan juga rokok, dengan tidak merokok, maka seluruh organ tubuh terutama pencernaan Anda berfungsi dan bekerja secara maksimal, beda dengan ketika Anda merokok, fungsi dan kerja organ rusak dan akhirnya menyebabkan lemak dan juga kolesterol menumpuk.

      4. Mengkonsumsi makanan tinggi serat

Makanan yang kaya akan serat seperti yang terdapat pada buah-buahan adalah menu utama bagi Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Karena dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, membantu Anda dalam menurunkan berat badan secara cepat, menekan nafsu makan Anda dan meluruhkan lemak yang menumpuk di dalam perut. Selain itu, makanan yang tinggi serat juga tidak hanya mengandung serat, namun juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan saat diet.


      5. Menghindari jenis makanan yang salah

Pada saat melakukan cara diet ketat yang benar, hindarilah makanan yang brelemak tinggi seperti pada makanan gorengan, daging, jeroan, keju, santan, hati, dll. Dan juga menghindari jenis makanan yang mengandung tinggi glukosa, seperti makanan yang manis-manis serta menghindari makanan berkalori tinggi seperti junk food.

Karena dengan mengkonsumsi makanan tersebut, sama saja Anda telah mencoba untuk menyia-nyiakan usaha diet ketat Anda. Karena pada jenis makanan yang salah yang telah disebutkan tadi, mempunyai kandungan lemak jenuh, kalori dan juga gula yang tinggi, yang menyebabkan terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh.

      6. Makan lebih sering

 Pada saat menjalankan cara diet ketat cobalah untuk menambahkan jadwal makan disela makan siang dan malam, tentunya dengan mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan atau kacang-kacangan yang tidak menyebabkan gemuk. Hal ini untuk menghindari terjadinya rasa lapar yang sangat pada jadwal makan selanjutnya, yang akhirnya secara tidak sadar Anda akan memakan apa saja yang Anda inginkan seperti gorengan, keripik kentang, dan cookies, dalam jumlah yang banyak.

Hal ini tentunya akan merusak diet Anda bukan? Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, perlu bagi Anda untuk menambah jadwal makan Anda menjadi lebih sering, namun tetap menjaga porsi makanan yang masuk dan jenis makanan yang masuk.


      7. Minum air putih 

Minum air putih yang cukup dapat membuat proses pencernaan Anda berjalan dengan lancar, meningkatkan metabolisme, dan meluruhkan lemak-lemak jahat. Selain itu, dengan minum air putih juga dapat memberikan rasa kenyang, sehingga dianjurkan untuk minum air putih sebelum Anda memulai makan Anda, untuk suksesnya cara diet cepat kurus Anda.

      8. Sering-sering menengok timbangan

Dengan Anda rutin melihat pada timbangan berat badan Anda, maka Anda akan terus terpacu dan meningkatkan kembali semangat Anda jika diet Anda belum berhasil. Selain itu, dengan sering mengecek timbangan juga akan menghindari Anda dari berat badan berlebih yang tidak Anda sadari. Karena berat badan berlebih atau turun tidak dapat dilihat oleh bentuk tubuh secara kasat mata saja, namun perlu di cek dengan timbangan berat badan.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara diet ketat yang benar. Bagi Anda yang ingin sukses dalam program diet menurunkan berat badan secara cepat, cobalah untuk melakukan tips dan cara di atas dengan konsisten dan dengan niat yang kuat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

, , , , , , , ,




Oleh :
Kategori : Panduan