15 Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu yang Patut Dicoba

Manfaat-Jamu-Kunyit-AsamMenurunkan berat badan dengan cepat memang selalu menjadi impian. Tapi apalah artinya jika berbahaya bagi kesehatan. Berbagai cara diet cepat seperti sedot lemak hingga mengkonsumsi bahaya minum obat pelangsing dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh langsing ideal walau harus mengeluarkan biaya mahal. Bagi ladies yang memiliki kesibukan, tentu cara ini menjadi pilihan.

ads

Namun, menggunakan diet alami akan lebih aman dan terbukti sehat tanpa efek samping, meskipun harus membutuhkan waktu yang agak lama. Salah satu alternatif alami untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi ramuan tradisional. Ramuan yang terbuat dari olahan berbagai tanaman herbal ini lebih terbukti efektif dalam menurunkan berat badan dan mengurangi nafsu makan dalam waktu singkat. Cara tradisional menurunkan berat badan dalam 1 minggu secara alami yang dapat ladies coba dirumah, diantaranya :

  1. Menguatkan niat dan target sebelum diet

Memiliki niat untuk diet cepat saja tidaklah cukup, namun diperlukan usaha dan ketetapan hati. Saat ladies sudah berniat untuk melakukan cara diet alami dalam seminggu, ladies harus menetapkan target saat menjalani diet nanti. Menentukan hal – hal yang harus dilakukan dan menekankan diri pada segala hal – hal yang dapat merusak program diet ladies seperti godaan untuk makan, ngemil, dan pola hidup tidak sehat lainnya. Selalu berpikir positif bahwa program diet yang ladies lakukan merupakan cara diet yang benar untuk mendapatkan hasil yang optimal secara alami dan tanpa efek samping.

  1. Upayakan lebih banyak bergerak

Usahakan untuk lebih banyak bergerak meskipun hanya pergerakan kecil. Saat ladies ke kantor atau ke tempat lain, jangan selalu menggunakan kendaraan pribadi tapi bisa sekali – sekali berjalan kaki dengan menaiki transportasi umum. Saat ladies memasuki gedung berlantai tingkat, usahakan menggunakan tangga saat naik atau menuruni lantai dibanding hanya menggunakan elevator. Rutinitas kecil seperti ini akan membantu pembakaran lemak dalam tubuh ladies.

  1. Memilih menu makanan sehat dalam 1 minggu

Jika ladies ingin mencoba cara tradisional menurunkan berat badan dalam 1 minggu, maka mengatur pola makanan sehat untuk diet perlu dilakukan. Saat diet, usahakan untuk mengonsumsi makanan dengan kalori rendah, namun diimbangi dengan protein vitamin, dan mineral.

  • Pada hari pertama, awali pagi dengan meminum segelas air perasan lemon hangat dengan campuran madu setelah bangun tidur dengan sarapan roti gandum ditambah madu sebagai makanan diet rendah kalori. Saat siang, konsumsi nasi porsi kecil dengan daging dan yogurt baik untuk pencernaan. Saat malam, cukup makan buah dan salad sayur untuk diet serta ramuan madu dan jahe dapat merilekskan tubuh anda.
  • Pada hari kedua, konsumsi jagung rebus dengan susu di pagi hari dapat memberi tambahan energi. Saat siang, makan kentang dengan telur serta ramuan jahe dan jeruk nipis. Saat malam, makan salad buah cukup untuk melancarkan metabolime tubuh.
  • Pada hari ketiga, perbanyak konsumsi makanan berserat dan buah untuk diet.
  • Pada hari keempat, Kurangi makanan berkalori di pagi hari, dengan menggantinya dengan buah pisang atau roti gandum. Minum ramuan kunyit asam akan membantu melancarkan pencernaan dan membakar lemak.
  • Pada hari kelima, makan ubi jalar rebus dengan telur memberi energi untuk tubuh, jangan lupa minum air putih hangat untuk membantu proses pembakaran lemak. Saat siang perbanyak protein dengan mengkonsumsi jenis ikan yang baik untuk diet, dan saat malam hari makan salad buah serta teh hijau hangat sangat pas untuk diet anda.
  • Pada hari keenam, ladies harus lebih menurunkan kadar karbohidrat yang di konsumsi, dengan diganti dengan salad buah, roti gandum, atau nasi merah.
  • Pada hari ketujuh, untuk menu sarapan pagi sehat untuk diet dapat mengkonsumsi beras merah dengan telur dan minum ramuan jahe dan madu sebagai penutup. Saat siang, konsumsi salad buah dengan campuran keju atau mayonaise. Dan lengkapi paket lengkap diet tradisional 1 minggu anda dengan minum ramuan jahe dan madu sebelum tidur.

  1. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Makanan berserat sangat penting bagi tubuh, terutama saat ladies yang sedang menjalankan diet, karena berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh. Makanan berserat juga bermanfaat dalam mengontrol lemak jenuh dan kolesterol, menurunkan kadar glukosa, dan menetralkan racun.

Makanan sehat berserat untuk diet diantaranya : ubi jalar, buah pisang, jagung, beras merah, buah alpukat, buah mangga, kacang – kacangan, sayur kangkung, kubis, dan brokoli.

  1. Perbanyak meminum air putih hangat

Air tidak hanya penting untuk menghilangkan dahaga, juga berperan dalam membantu menjaga metabolisme tubuh dan mengeluarkan zat – zat tidak berguna. Air putih juga berperan aktif dalam membakar lemak, terutama air putih hangat. Minum air putih hangat setelah bangun tidur di pagi hari, sebelum makan, dan sebelum tidur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membakar lemak.

  1. Mengurangi porsi makan

Saat sedang melakukan diet, ladies bukannya tidak diijinkan untuk makan, hanya mengurangi dari porsi yang biasa ladies konsumsi. Misalnya pada hari biasa ladies mengkonsumsi 1 porsi nasi, saat diet kurangi menjadi ½ atau ¼ porsi. Tidak perlu harus melewatkan waktu makan saat berdiet karena asupan makanan juga penting untuk memberi kita energi, hanya perlu untuk mengurangi atau menggantinya.

  1. Hindari makan makanan berlemak tinggi

Poin utama dalam melakukan diet adalah dengan menghindari makanan berlemak tinggi seperti daging, kentang, gorengan, es krim dan snack. Sedikit memakannya akan lebih menumpuk lemak dalam tubuh ladies. Usahakan mengenali berbagai macam makanan berlemak tinggi yang perlu ladies ketahui dan menghindarinya agar program diet sehat yang ladies jalankan lebih sempurna.

  1. Hindari junk food dan gorengan

Junk food seperti yang sering dibeli restaurant cepat saji memiliki kandungan minyak jenuh berbahaya bagi tubuh yang dapat meningkatkan kolesterol dan lemak jahat. Saat menjalanlan diet ini, usahakan untuk menghindari segala macam junk food dengan menggantinya dengan makan makanan bernutrisi atau buah – buahan sebagai cemilan anda.

  1. Tingkatkan konsumsi buah dan sayur

Sayur dan buah merupakan asupan yang penting untuk cara diet cepat kurus ladies. Kandungan vitamin dan mineralnya memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan, diantaranya adalah melancarkan metabolisme tubuh dan membakar lemak. Konsumsi berbagai macam buah dan sayur setiap hari, baik sebagai makanan utama, makanan penutup, snack, atau minuman, akan memberi tubuh tambahan energi sehingga fit sepanjang hari.

  1. Kurangi makanan bergula tinggi

Saat berdiet, sangat rentan untuk setres terutama dengan aktivitas yang padat, sehingga mengkonsumsi yang manis – manis menjadi godaan. Makanan mengandung gula tinggi seperti permen, coklat, es krim, atau soda memang dapat menenangkan pikiran namun juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah anda, sehingga beresiko diabetes, kolesterol, dan penyakit jantung. Hindari makan makanan mengandung gula tinggi, dan ganti dengan buah – buahan atau jus. Rasa manis alami dari buah dapat menetralkan kadar gula anda dan juga membakar lemak. 

  1. Hindari makan saat akan larut malam

Saat pagi dan siang hari, asupan makanan penting bagi tubuh sebagai penyuplai energi untuk beraktivitas. Saat malam hari, ladies dapat mengurangi asupan makanan yang dimakan. Cukup makan salad buah atau sayur dan jus untuk memperlancar sistem pencernaan anda. Karena asupan makanan yang dikonsumsi setelah malam hari, akan susah dicerna oleh tubuh dan dapat menumpuk lemak.

  1. Melakukan olahraga ringan

Bagi anda yang sedang melakukan diet, olahraga merupakan paket yang pas. Tidak hanya menyehatkan badan, juga membantu membakar lemak dalam tubuh lebih cepat. Namun bagi anda yang tidak punya waktu untuk berolahraga, lakukan gerakan kecil dan ringan akan sangat membantu.

Seperti senam yoga di rumah saat liburan dan ada waktu luang, atau aerobik seperti sit up, squat, push up, running spot, berenang, atau lompat tali. Kegiatan kecil seperti akan lebih membantu tubuh membakar lemak. Banyak bergerak saat diperjalanan dan di kantor juga dapat membantu diet anda, seperti naik – turun tangga atau sekedar berjalan – jalan.

  1. Minum air perasan jeruk nipis hangat tiap pagi dan sebelum tidur

Jeruk nipis diperkayaoleh vitamin C yang terbukti efektif dalam menyerap lemak dalam tubuh. Rutin minum air perasan jeruk nipis dengan air hangat setiap hari akan membantu mengoptimalkan program diet ladies. Namun rasa asam yang tinggi dalam jeruk nipis mungkin akan dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung dan sakit perut. Netralisir rasa asam dari jeruk nipis dengan madu atau kayu manis.

  1. Rajin mengkonsumsi ramuan tradisional

Dibanding mengkonsumsi obat pelangsing, mengkonsumsi ramuan tradisional lebih terpercaya dan alami bagi kesehatan anda. Aneka macam herbal alami dapat anda konsumsi untuk menurunkan berat badan ladies dengan cepat, diantaranya :

  • Ramuan Jeruk Nipis dan Kelapa

Jeruk nipis terbukti efektif dalam menurunkan berat badan dengan khasiat air kelapa yang menyegarkan, berkhasiat sebagai antioksidan dalam membuang racun dan radikal bebas dari dalam tubuh serta memberi energi. Cara pembuatannya sangat mudah, yaitu hanya siapkan 1 buah jeruk nipis dan 1 buah kelapa muda yang sudah dipisah air dan dagingnya. Campurkan perasan jeruk nipis dan air kelapa, serta minum 2-3 kali sehari.

Ladies juga dapat menggunakan daging kelapa dengan tambahan beberapa buah anggur dan mint. Perasan jeruk nipis dicampur dengan setengah serutan daging kelapa, potongan buah anggur, dan 2 lembar daun mint dalam segelas air putih. Diamkan selama ±2-3 jam di pendingin dan siap dinikmati.

  • Ramuan Madu dan Jahe

Selain berkhasiat sebagai gula alami, kandungan madu juga diperkaya sebagai penyuplai energi untuk tubuh. Konsumsi madu saat pagi hari dengan roti akan membuat anda tetap fit seharian. Kandungan fruktosa dalam madu juga efektif dalam membakar lemak, di campur dengan khasiat jahe akan dapat menekan nafsu makan anda. Sehingga ramuan madu dan jahe cocok dikonsumsi sebelum makan dan sebelum tidur.

Cukup campurkan 2 sdm perasan jahe dan 1 sdm madu kedalam segelas air hangat, dan minum 3 kali sehari secara rutin, maka dalam seminggu berat badan anda akan turun.

  • Ramuan Teh Hijau

Teh hijau sejak dulu telah terbukti efektif dalam mempercepat proses pembakaran lemak di tubuh. Minum ramuan teh hijau tiap hari tanpa gula setelah makan dapat mengoptimalkan diet anda. Jika terasa pahit dapat dicampur dengan madu atau kayu manis.

  • Ramuan Jahe Merah

Jahe terbukti ampuh dalam meningkatkan suhu tubuh, terutama jahe merah yang dapat ladies temukan di pasar – pasar tradisional berfungsi efektif dakan menurunkan berat badan khususnya di bagian perut. Cukup siapkan 1 ruas jahe merah yang ditumbuk kasar dan masak dengan air panas. Kemudian diamkan dan saring dalam gelas. Minum pagi hari sesudah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Dapat disimpan sisanya dalam lemari pendingin untuk dihangatkan kembali jika ingin diminum.

  • Ramuan Jahe dan Jeruk Nipis

Jahe sering dicampurkan dalam berbagai minuman dan makanan karena terbukti efektif dalam menghangatkan tubuh terutama saat musim penghujan. Konsumsi ramuan jahe dan jeruk nipis tidak hanya meningkatkan suhu tubuh juga ampuh dalam membakar lemak. Suhu tubuh yang meningkatkan akan memperlancar metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Minum saat pagi sebelum makan, dan malam sebelum tidur secara rutin.

  • Ramuan Jahe dan Kayu Manis

Selain jahe, kayu manis tidak hanya berfungsi sebagai penambah aroma dan rasa manis, tapi juga berkhasiat dalam membakar lemak. Campuran jahe dan kayu manis dipercaya efektif dalam membakar lemak di perut dengan cepat. Cukup siapkan 2 batang kayu manis, 1 sdm bubuk kayu manis, dan 1 ruas jahe yang ditumbuk kasar. Campurkan semua ramuan dalam 300 ml air kemudian rebus hingga 10 menit. Angkat dan saring ke dalam gelas untuk siap dicoba.

  • Ramuan Kunyit dan Asam

Asam jawa diperkaya dengan vitamin C yang efektif dalam menghancurkan lemak dalam tubuh. Sedangkan kunyit terbukti efektif dalam menurunkan rasa lapar. Kombinasi kedua ramuan herbal ini dapat menjadi ramuan efektif untuk penurun berat badan anda. Konsumsi segelas campuran perasan kunyit dan asam jawa dalam air hangat setiap pagi untuk mengurangi rasa lapar anda.


  • Ramuan Campuran Jeruk Nipis, Kapur Sirih, dan Kayu Putih

Tidak seperti ramuan lainnya, campuran ketiga bahan herbal ini bukan untuk diminum tetapi hanya perlu dioleskan ke seluruh tubuh dengan lemak yang menonjol. Ramuan ini efektif dalam menyerap lemak dari dalam tubuh, dengan menggunakannya sebagai lulur dan dibalut dengan kain untuk 30 – 60 menit. Gunakan sebelum mandi, saat anda sedang santai atau saat memiliki waktu luang.

  • Ramuan Daun Jati Belanda

Daun jati belanda dapat ladies temukan di pasar – pasar tradisional atau di supermarket. Cukup seduh daun jati belanda dengan air panas dan konsumsi saat pagi hari dapat memberi energi dan membakar lemak di tubuh.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan faktor pendukung dalam keberhasilan diet anda. Istirahat yang cukup memberi energi bagi tubuh dan menenangkan pikiran. Kurang tidur dapat menjadi pemicu penyakit anemia dan kurang lancarnya metabolisme tubuh, sehingga diet anda menjadi kurang sempurna.

Cara tradisional menurunkan berat badan dalam 1 minggu perlu dilakukan dengan ketekunan dan disiplin. Tidak perlu memaksakan diri untuk tidak makan beberapa hari, cukup lakukan langkah – langkah tersebut diatas agar diet anda optimal dan tubuh tetap sehat.

Terkadang cara – cara tradisional seperti itu lebih manjur dibandingkan dengan cara instan menggunakan operasi dan obat – obatan. Tubuh secara perlahan akan terbiasa dengan pola hidup sehat dan tanpa efek samping. Perhatikan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh setiap hari, tidak berlebih dan tidak juga kurang. Olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup akan mengoptimalkannya.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!