7 Tips Diet Mediterania Untuk Ibu Hamil Paling Aman

Manfaat Diet Mediterania sangat banyak. Tidak terkecuali untuk ibu hamil. Cara Melakukan Diet Mediterania dengan mengkonsumsi banyak makanan sehat seperti sayuran, buah, kacang, biji-bijian, dan minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan ibu dan calon bayi. Bahkan sudah banyak penelitian yang membuktikan mengkonsumsi makanan dengan mengikuti pola makan diet mediterania untuk ibu hamil sangat baik dilakukan. Contoh seperti beberapa penelitian dibawah ini:

ads
  1. Penelitian di University Barcelona

Penelitian yang dipublikasi di Jurnal Pediatrics pada 30 Januari 2017 itu membuktikan bahwa Program Diet Mediterania tidak hanya dapat melangsingkan tubuh namun juga mampu mengurangi resiko anak mengalami Attention Defisit Hyperactivity Disorder atau ADHD pada ibu hamil.

ADHD merupakan sebuah gangguan pada perkembangan otak anak yang menyebabkan penderita menjadi hiperaktif, impulsive, dan susah berkonsentrasi atau memusatkan perhatian. Dulu kondisi ini juga dikenal dengan sebutan Attention Deficit Disorder atau ADD. Gangguan ini memang tidak sampai membahayakan jiwa anak, namun jika dibiarkan hingga usia dewasa akan menimbulkan masalah baru seperti mengalami kegagalan di sekolah  bahkan di tempat kerja, susah berinteraksi dengan lingkungan sekitar, tidak percaya diri, hinga depresi kronis.

Gangguan ini baru akan terlihat saat anak masuk usia remaja, namun sebenarnya penyakit ini dapat dihindari sejak anak masih dikandungan. Hasil penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 120 anak spanyol berusia 6 hingga 16 tahun membuktikan bahwa seorang ibu yang mengikuti Aturan Diet Mediterania dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein, serat, mineral, vitamin, dan beberapa nutrisi lainnya serta mengurangi makanan daging merah saat hamil mampu memlahirkan anak dengan kondisi sehat dan mengindari anak dari ADHD.

Dalam penelitian ini juga disebutkan bahwa penelitian sebelumnya mengatakan anak yang diberi makanan tinggi gula dan lemak akan memiliki peluang 7 kali lebih tinggi terkena ADHD dibandigkan anak yang tidak mengkonsumsi gula dan lemak. Itu artinya sama saja dengan anak yang mengkonsumsi banyak Sayuran Untuk Diet dan Buah Untuk Diet serta makanan rendah gula dan lemak lainnya memiliki kemungkinan 7 kali lebih rendah terkena ADHD.  Di situ jugalah peran diet mediterania untuk ibu hamil yang dapat menurunkan resiko calon bayi terkena ADHD saat remaja nanti.

  1. Penelitian di Universitas Crete, Yunani

Penelitian yang dilakukan terhadap 460 pasang ibu dan anak di Yunani ini sejak anak masih di  dalam kandungan ibu hingga anak berusia 6 tahun. Hasilnya juga hampir sama dengan penelitian di Barcelona, bahwa diet mediterania untuk ibu hamil memang memiliki banyak manfaat baik terutama dapat menghindari anak dari ADHD.

Pada penelitian tersebut juga dijelaskan bahwa makanan diet mediterania yang kaya akan sayuran, buah, sereal, kacang-kacangan, sedikit minyak zaitun dan ikan memang sangat baik untuk perkembangan otak calon bayi hingga bayi berusia 6 bulan. Pantangan Diet Mediterania seperti mengurangi konsumsi daging merah, susu, dan telur juga membantu proses perkembangana calon bayi.


Cara Diet Mediterania Untuk Ibu Hamil

Cara Diet Ketika Hamil atau cara diet ibu menyesui sebenarnya tidak terlalu berbeda. Begitu juga dengan cara diet medieterania untuk ibu hamil hingga menyusui. Namun mungkin ada beberapa menu diet mediterania yang disesuikan dengan porsi ibu hamil. Jika anda biasanya mengkonsumsi Salad Sayur Untuk Diet setengah mangkuk, maka porsi untuk ibu hamil boleh satu mangkuk bahkan lebih dalam sekali makan.

Itu karena saat hamil ibu memerlukan asupan makanan lebih banyak untuk perkembangan si calon bayi di dalam perut. Selain itu, berikut beberapa cara diet mediterania untuk ibu hamil yang mungkin perlu anda perhatikan:

  1. Menyusun menu diet yang tepat

Hal pertama saat melakuakn Cara Diet Saat Hamil Muda dengan diet mediterania adalah menyusun menu diet yang tepat. Anda juga dilarang mengurangi porsi makan atau harus tetap makan dengan porsi sewajarnya.

  1. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih sebenarnya tidak hanya baik untuk ibu hamil, namun untuk semua orang. Itu karena air putih mengandung banyak mineral alami yang baik untuk tubuh. Dan beberapa mineral itu tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus disuplai dari minum air putih.


  1. Kurangi garam

Garam dapat membuat cairan di dalam perut terikat, akibatnya bobot tubuh akan meningkat. Karena itu saat diet anda dianjurkan juga mengurangi penambahan garam pada makanan apapun.

  1. Hindari stress

Untuk ibu muda yang baru pertama kali hamil biasanya memiliki banyak pikiran untuk menjaga si cabang bayi dan akhirnya mengalami stress. Hal itu juga harus dihindari saat melakukan diet mediterania

  1. Bakan konsumsi buah dan sayur

Diet mediterania untuk ibu hamil juga dilakukan dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran untuk diet. Beberapa makanan sehat lainnya yang baik untuk diet mediterania dan ibu hamil seperti minyak zaitun juga dapat dikonsumsi dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya.

Dan itulah beberapa tips ala diet mediterania untuk ibu hamil dijamin paling aman dan tidak akan membahayakan kesehatan janin.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!