9 Efek Samping Diet Ekstrim Terhadap Kesehatan Tubuh

efek samping diet ekstrimLadies memang tidak lepas dari keinginan untuk selalu tampil cantik dan menarik, dan salah satu upayanya yaitu membuat tubuh menjadi langsing dan itulah yang disebut diet. Keteguhan memang diperlukan dalam menjalankan cara diet cepat kurus, karena mendapatkan tubuh langsing mungkin butuh waktu lebih lama dari yang diharapkan, dan jika tidak hati – hati dalam menjaga pola makan, lemak dapat kembali. Untuk itu beberapa ladies mungkin rela memilih metode diet ekstrim untuk mendapat tubuh ideal lebih cepat.

ads

Metode diet ekstrim atau disebut juga crash diet merupakan cara diet cepat dengan menggunakan segala bentuk metode ekstrim seperti mengkonsumsi makanan berkalori sangat rendah bahkan tidak makan apapun sepanjang hari, hanya minum air putih saja, hingga olahraga berlebih dalam upaya mempercepat penurunan berat badan.

Meskipun sangat efektif dan cepat terlihat hasilnya, namun bahaya diet ekstrim selalu mengintai kesehatan tubuh ladies. Berikut beberapa efek samping diet ekstrim yang perlu ladies ketahui, diantaranya :

  1. Tubuh kekurangan nutrisi

Saat melakukan diet, ladies cenderung hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat sebagai pengganti kalori agar tidak kelaparan, namun mengindahkan nutrisi lainnya yang sebenarnya sangat diperlukan oleh tubuh seperti protein, vitamin, mineral, zat besi, dll. Terutama diet ekstrim yang hanya mengonsumsi sangat sedikit nutrisi bahkan tidak makan sepanjang hari, akan sangat mempengaruhi kinerja dan kesehatan tubuh, sehingga rentan terserang penyakit seperti anemia, osteoporosis, gangguan pencernaan, dll.

  1. Tidak berstamina dan selalu merasa lelah

Kurangnya mengonsumsi makanan bernutrisi sebagai sumber energi tubuh, tentu saja akan mempengaruhi kinerja otot menjadi menurun. Ladies akan merasa mudah lelah dan tidak berenergi dalam beraktivitas, susah berkonsentrasi yang akan menyebabkan performa kerja ladies menurun.

  1. Mengganggu sistem metabolisme tubuh

Bagi yang belum terbiasa dengan melakukan program diet, tentu membuat tubuh tidak siap dan berdampak negatif pada sistem metabolisme tubuh. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk memperlambat metabolisme terutama dengan kurangnya asupan kalori dan serat yang masuk, akibatnya sistem pencernaan tubuh menjadi terganggu dan beresiko menimbulkan berbagai penyakit seperti kembung, sembelit, diare, maag, dll.

  1. Menimbulkan penuaan dini

Kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan saat diet untuk tubuh juga dapat berdampak pada kulit. Sel – sel dan jaringan kulit akan sulit meregenerasi seperti semestinya, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering, tidak terlindungi, munculnya keriput, dan tanda – tanda penuaan dini lainnya yang akan sangat mengganggu penampilan.


  1. Menurunnya kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh muncul dengan mengkonsumsi berbagai vitamin, protein, dan mineral, sehingga jika tubuh kurang terpenuhi akan asupan tersebut dapat membuatnya rentan terhadap berbagai serangan penyakit, dari yang ringan hingga berat. Bahkan saat asupan kalori yang masuk terus berkurang, dapat mempengaruhi kinerja kantong empedu yang beresiko terjadinya pembentukan batu empedu.

  1. Penurunan berat badan hanya bersifat sementara

Tidak seperti cara diet alami lainnya yang konsisten, diet ekstrim hanya dapat ladies lakukan dalam waktu singkat hingga mendapatkan berat ideal yang diinginkan. Namun ketika ladies kembali pada pola makan biasa, berat badan tubuh akan kembali naik. Bahkan perubahan pola makan tersebut jika dilakukan tiba – tiba juga akan berdampak negatif pada pencernaan ladies, jadi perlu dilakukan pengontrolan pola makan bahkan setelah melakukan diet ekstrim ini.

  1. Membuat perut akan semakin lapar

Efek samping diet ekstrim lainnya yaitu rasa lapar tak tertahankan yang akan ladies alami sepanjang hari. Tidak seperti metode diet lain yang masih dapat mengenyangkan, tapi diet ekstrim tidak mengizinkan ladies untuk banyak mengkonsumsi makanan bahkan hanya minum seharian. Rasa lapar tersebut akan mempengaruhi sinyal di otak yang membuat ladies akan semakin benar – benar lapar, dan ketika saatnya makan, tubuh akan merespon dan dipaksa untuk makan berlebih.


  1. Mempengaruhi ketenangan pikiran dan membuat depresi

Kelaparan dan mudah lesu terkadang membuat seseorang sulit berkonsentrasi dan menyebabkan pikiran lebih kusut. Itulah mengapa saat beraktivitas seseorang membutuhkan asupan gula dan kalori untuk menenangkan pikiran, tetapi karena masih dalam menjalankan program diet, ladies akan dilarang untuk mengonsumsinya. Sehingga tubuh yang kurang ternutrisi itu akan mengganggu ketenangan pikiran, bahkan membuat tertekan dan depresi.

  1. Akan mengalami mood swing

Mood swing merupakan istilah untuk yang selalu mengalami perubahan pada mood dan sulit mengintrol rasa marah. Rasa lapar karena mengkonsumsi makanan diet rendah kalori dan kurangnya asupan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh, akan membuat tubuh dengan cepat lelah, sulit menahan nafsu makan, dan kurang konsentrasi, sehingga membuat mood menjadi tidak stabil dan selalu ingin marah.

Ketika ladies memerlukan program diet untuk obesitas, maka memang diet ekstrim merupakan diet paling cepat dalam menurunkan berat badan hingga puluhan kilo. Namun perlu diingat bahwa efek samping diet ekstrim akan sangat mengganggu kesehatan tubuh ladies, walau sangat membantu dalam mengurangi berat badan dengan instan.

Ladies perlu memilih pola diet yang tepat dan cocok dengan kondisi tubuh ladies dan makanan sehat untuk diet tentunya, agar tidak terlalu memunculkan efek negatif, meskipun memerlukan waktu cukup lama untuk mendapatkan perubahannya. Berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi akan membantu menentukan cara diet yang benar untuk ladies. Bersabar, pantang menyerah, dan selalu mencari cara memotivasi diri untuk diet adalah langkah penting dalam keberhasilan program diet ladies.

, , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet