15 Cara Memotivasi Diri Sendiri Untuk Diet Agar Sukses (#Super Ampuh)

Cara Memotivasi Diri Untuk Diet harus anda lakukan agar diet anda berjalan dengan lancar. Sudah banyak sekali contoh pelaku diet yang akhirnya gagal dengan dietnya dan harus berhenti di tengah-tengah jalan. Bukannya berat badan turun malah bisa naik lebih dari berat badan sebelumnya. Hal tersebut diakibatkan hasrat yang lama terbendung karena sedang diet malah semakin naik ketika gagal diet, akhirnya mengkonsumsi makanan lebih banyak atau makan camilan yang tidak sehat. (Baca juga: diet matahari)

ads

Cara Memotivasi Diri Untuk Diet

Selain harus menanggung kekecewaan karena telah gagal diet, rasa ingin mengulanginya kembali biasanya menjadi pudar. Karena ada perasaan tidak mampu dan menyerah. Untuk itu apabila telah bertekad untuk menjalani diet, sebaiknya tetap menyelesaikannya hingga akhir. Dan terus memotivasi diri agar menjalankan diet dengan disiplin dan semangat yang tinggi.(Baca juga: persepsi yang salah tentang diet)

Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk dapat memotivasi diri untuk diet, antara lain :

1. Memasang target berat badan yang harus dicapai

Membuat target dapat memacu motivasi diri. Untuk menjalani program diet, sangat disarankan membuat target berapa kilogram yang harus diturunkan untuk mendapatkan berat badan ideal. Dengan adanya target, anda dapat terus diingatkan untuk tetap menjalankan diet dengan semangat. Selain itu target yang dipasang, membuat anda juga dapat mengontrol sejauhmana keberhasilan diet anda. Dan apabila tidak memenuhi target, anda bisa mencoba program diet yang lain yang lebih cocok untuk anda. (Baca juga: nutrisi yang dibutuhkan saat diet)

2. Membuat catatan untuk mengamati perkembangan program diet

Catatan atau jurnal mengenai perkembangan program diet sangat diperlukan untuk menjaga program diet anda berjalan on track. Catatan perkembangan perubahan berat badan atau postur tubuh setiap waktunya juga dapat mendorong motivasi diri dalam berdiet. Bila hasil yang didapatkan menggembirakan, keyakinan diri bahwa anda telah berusaha dengan baik juga akan meningkat sehingga tidak akan menyerah di tengah jalan. Apabila ternyata hasil yang didapat kurang baik dapat dijadikan motivasi diri agar lebih fokus dengan program diet anda serta mengurangi cheating dalam berdiet. Jurnal juga dapat dilengkapi dengan bukti foto sebelum atau sesudah nelakukan diet, sehingga motivasi diri lebih terpacu. (Baca juga: jenis ikan yang baik untuk diet)

3. Memiliki tujuan hidup lebih sehat

Diet tidak hanya demi mendapatkan berat badan ideal tetapi juga untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Sudah banyak kasus obesitas yang berujung pada kematian, jadikan itu untuk motivasi diri anda melalukan diet dan menerapkan gaya hidup sehat. Dengan demikian diet tidak terpaku hanya untuk menurunkan berat badan, akan tetapi ada bonus yang lain berupa hidup lebih sehat. Kesehatan mahal harganya, jadikan pedoman itu untuk mendorong diri sendiri agar lebih disiplin menjalani diet. (Baca juga: fakta dan mitos diet)

4. Memiliki partner dalam menjalankan diet

Memiliki teman dalam menjalani diet juga dapat memacu motivasi diri. Karena ada partner yang bisa diajak berbicara mengenai perkembangan diet dapat memberikan perasaan senasib sehingga dapat memperkuat diri agar lebih semangat menjalani diet. Menjalankan program diet bersama teman juga dapat menjadi kegiatan yang mengasyikkan, apalagi bila memasak menu diet bersama-sama atau berolahraga bersama. Dengan adanya partner, juga dapat menghindari kemungkinan cheating karena salah satu ada yang berusaha mengingatkan. (Baca juga: bahaya gorengan untuk diet)

5. Memiliki Panutan yang selalu bergaya hidup sehat

Mempunyai figur yang dapat di contoh merupakan salah satu Cara Memotivasi Diri Untuk Diet paling efektif. Apalagi bila figur tersebut adalah idola anda, tentunya akan memacu semangat agar menjalankan program diet sesuai rambu-rambu nya. Anda juga dapat mencontoh program diet yang diterapkan selebritis atau public figure tersebut. Apalagi di era sosial media sekarang ini, gampang sekali mengikuti perkembangan terkait program diet yang mereka jalankan. Anda bisa mendapatkan ilmu baru setiap harinya dan memiliki perasaan atau visi yang sama dengan idola anda tentu memacu semangat lebih tinggi lagi. (Baca juga: cara diet saat hamil muda)

6. Memiliki teman yang hobi olahraga

Dekatkanlah diri pada teman-teman yang memiliki hobi olahraga. Ikut serta dengan aktivitas mereka. Karena melakukan diet tanpa ditunjang dengan olahraga pasti tidak menghasilkan hasil yang efektif. Dengan memiliki teman-teman yang hobi olahraga, anda tentu ikut termotivasi untuk berolahraga. Selain itu mereka yang hobi olahraga biasanya memiliki pembawaan yang supel dan periang, sehingga aura positifnya juga dapat menular kepada anda.(Baca juga: faktor yang mempengaruhi pola diet)

7. Menghindari aktivitas berkumpul di coffee shop atau restoran

Melakukan aktivitas seperti di atas tentu dapat mempengaruhi program diet anda. Bila ada yang mengajak, anda dapat menolaknya dengan halus. Apabila tidak bisa menolah dengan alasan kesopanan, anda dapat memesan makanan yang rendah kalori atau mengganti minuman yang biasanya bersoda dengan air putih. (Baca juga: cara menghitung kebutuhan kalori per hari)

8. Membaca kisah sukses orang yang berhasil menurunkan berat badan

Kisah keberhasilan mereka dapat mendorong atau memotivasi diri agar bisa seperti mereka. Karena bagaimanapun juga untuk mendapatkan hasil yang mereka capai sekarang pasti membutuhkan kerja keras, disiplin dan kegigihan. Akan tetapi hasil yang dicapai terasa manis, sehingga bisa mengangkat motivasi diri agar mengikuti jejak keberhasilan mereka. (Baca juga: cara memasak brokoli untuk menu diet)

9. Ikuti perkumpulan yang memiliki tujuan yang sama dengan anda

Saat ini banyak sekali forum-forum atau grup di facebook atau sosial media lainnya mengenai diet atau perkumpulan mereka yang mau dan berniat menurunkan berat badan. Dengan mengikuti grup tersebut anda akan mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar diet, atau gathering para pelaku diet atau tips-tips mengenai diet yang dapat diaplikasikan dalam program diet anda. Hal tersebut tentu memotivasi diri untuk lebih semangat menjalani program diet karena merasa memilki teman-teman yang memiliki visi sama dengan anda. (Baca juga: alasan orang melakukan diet)

10. Gunakan jasa orang ketiga, seperti personal trainer atau ahli diet

Memulai diet adalah start bagus. Akan tetapi menggunakan jasa orang lain seperti personal trainer yang akan membantu anda dalam program fitness anda tentu akan lebih baik. Atau melakukan konsultasi dengan pakar diet mengenai program diet apa yang cocok dengan anda, tentu dapat memberikan nilai tambah kepada keberhasilan diet anda. Tentunya menyewa jasa para ahli memerlukan biaya yang tak sedikit, tetapi jangan salah biaya yang harus anda keluarkan tentu menjadi semacam reminder dalam benak anda dan memotivasi diri agar sukses menjalankan program diet. (Baca juga: manfaat jahe merah dan madu)

11. Memesan catering diet

Saat ini sudah banyak perusahaan atau penyedia jasa catering yang menyediakan menu diet dalam catering mereka. Bahkan catering diet menjadi fenomena belakangan ini, karena sangat memudahkan program diet yang anda jalani. Anda tak perlu susah-susah memasak untuk menu diet anda, cukup memesannya, makanan diet anda akan diantar. Selain sangat mudah, program diet anda juga menjadi semakin teratur. Anda juga akan termotivasi karena catering diet membutuhkan biaya yang lumayan menguras kantong. (Baca juga: kesalahan dalam diet)


12. Menyibukkan diri dengan kegiatan yang positif

Mengikuti seminar-seminar mengenai kesehatan atau talk show mengenai diet dan gaya hidup sehat adalah contoh aktivitas positif yang dapat anda ikuti. Mengikuti event car free day dan berolahraga juga salah satu kegiatan yang dapat memacu motivasi diri anda. Ketemu banyak orang baru dapat membangkitkan rasa percaya diri. Dan hal tersebut sangat positif untuk mengisi waktu luang anda. (Baca juga: cara diet saat bulan puasa)

13. Ajak anggota keluarga untuk mendukung program diet anda

Bentuk support system di lingkungan keluarga. Ajak anggota keluarga turut berpartisipasi misalnya dengan mengingatkan anda untuk tidak memakan makanan yang berlemak atau junk food, memberikan anda kata-kata semangat untuk memacu motivasi diri anda. Atau bertoleransi dengan tidak memakan makanan yang menggugah selera di depan anda. Support dari keluarga dapat membantu menyukseskan program diet anda. (Baca juga: cara diet penderita maag)

14. Hindari menonton program kuliner di televisi atau youtube

Hal ini semata-mata untuk mengurangi keinginan anda mencoba makanan yang terbaru atau sedang hits. Agar tidak tergoda sebaiknya menghindari tayangan seputar kuliner dan sejenisnya.  (Baca juga: cara diet ketika hamil)

15. Mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai info diet dan gaya hidup sehat

Agar motivasi diri tidak mudah goyah, info terbaru mengenai diet tidak boleh dilupakan. Dengan tetap update mengenai info gaya hidup sehat akan membantu anda memahami diri anda dengan lebih baik. Sehingga program diet yang dicoba sesuai dengan pola dan situasi anda selama ini. Selain itu anda juga dapat memperkaya wawasan anda sehingga anda tidak mudah tergoda dengan produk-produk pelangsing tubuh yang menawarkan hasil yang tidak realistis.

Baca juga :

Semoga langkah-langkah di atas dapat memotivasi diri anda lebih semangat dalam menjalani diet anda. Juga membuat anda tidak mudah menyerah menjalani rutinitas diet yang kadangkala membosankan. Harus dipercaya bahwa apapun program diet yang anda jalankan, pasti menghasilkan tujuan yang baik agar dijalankan sesuai dengan porsinya. Semoga berhasil !(Baca juga: diet kentang rebus)

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips