10 Sayuran yang Mengandung Karbohidrat Terbaik Untuk Tubuh

Sayuran yang Mengandung KarbohidratPentingnya karbohidrat sebagai sumber energi utama untuk mampu beraktivitas masih tertanam dalam benak masyarakat. Namun banyak orang yang masih menganggap bahwa sumber karbohidrat hanya berasal dari makanan berat seperti nasi, sereal, pasta, roti, dan lain-lain.

ads

Hampir semua orang pun menjadi bosan sehingga malas mengonsumsi sumber karbohidrat tersebut. Padahal, sumber karbohidrat juga terkandung dalam makanan kategori lain seperti sayuran.

Faktanya, hanya sayuran tertentu saja yang mengandung karbohidrat tinggi atau terbaik. Inilah 10 sayuran yang mengandung karbohidrat terbaik untuk tubuh:

1. Kentang

Dalam 100 gram kentang, Anda dapat memeroleh 17 gram karbohidrat. Sebagai sumber karbohidrat kompleks, kentang sering dipilih menjadi menu diet yang mampu membuat rasa kenyang bertahan lama. Namun untuk mendapat gizi baik dari kentang Anda tidak boleh memasaknya dengan cara yang mampu memunculkan potensi penyakit seperti digoreng. Adapun cara memasak kentang untuk diet yang benar ialah direbus, diolah menjadi sup, dikreasikan menjadi salad, dan lain-lain.

2. Jagung

Sedikit lebih tinggi dari kentang, rupanya dalam 100 gram jagung terdapat 18.7 gram karbohidrat. Khasiat jagung untuk diet terbukti benar karena jagung tergolong rendah lemak dan kaya serat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Contoh makanan karbo kompleks ini juga terkenal dengan manfaat lain seperti mencegah anemia, diabetes, alzheimer, hipertensi, bahkan kanker. Untuk cara memasak, Anda tidak akan mengalami kerepotan karena caranya cukup mudah seperti direbus yang akan terasa lezat dan manis di lidah.

3. Kacang polong

Selain mengandung 14 gram karbohidrat dalam setiap 100 gramnya, kacang polong juga memiliki beragam zat gizi lain yang bermanfaat. Makanan rendah kalori tinggi protein ini mampu menormalkan kinerja otot setelah berolahraga dengan adanya kandungan glutamat. Selain itu, kacang polong baik dikonsumsi untuk jenis diet yang membutuhkan protein tinggi seperti diet Herbalife.

4. Labu kuning

Pada segelas potongan labu kuning, terkandung 8 gram karbohidrat yang menjadi bahan bakar untuk menjalankan aktivitas. Perlu diketahui bahwa labu merupakan sumber vitamin A dan zat besi di samping karbohidrat untuk menjaga kesehatan mata, kekebalan tubuh, dan reproduksi. Untuk mengonsumsi makanan kaya serat ini, Anda dapat merebusnya, membuat jus, maupun memakan langsung sebagai pengganti nasi.

5. Kacang pinto

Meskipun jarang dikonsumsi dan diketahui orang, rupanya kacang pinto memiliki kandungan karbohidrat tinggi tepatnya sebanyak 63 gram dalam setiap 100 gram kacang pinto. Salah satu dari 10 sayuran yang mengandung karbohidrat terbaik untuk tubuh ini menjadi makanan untuk diet golongan darah O yang direkomendasikan. Selain itu, kacang pinto bermanfaat untuk mengatasi diabetes, memicu kerja memori dan otot, membantu pembentukan darah, hingga mencegah kanker.


6. Kacang garbanzo atau kacang arab

Hampir mirip dengan kacang pinto, terdapat 61 gram karbohidrat dalam 100 gram kacang garbanzo. Salah satu jenis kacang-kacangan yang mudah diolah bersama sayuran lain ini tepat dikonsumsi sebagai cara membakar lemak di paha selain berolahraga.

Hal ini karena kacang arab merupakan sumber makanan tinggi protein tetapi rendah lemak sehingga tidak mudah menyebabkan kolesterol maupun obesitas. Bahkan para vegetarian yang rajin makan kacang arab biasanya memiliki kondisi jantung sehat dan kadar gula darah stabil.

7. Wortel

Dalam secangkir potongan wortel, terdapat 12 gram karbohidrat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran berwarna oranye ini pun terkenal baik untuk diet, misalnya dapat menggantikan nasi untuk diet DEBM, makanan yang dipilih oleh pelaku diet golongan darah O, hingga termasuk dalam menu diet setelah melahirkan untuk dibuat sup bersama dengan buncis. Wortel pun menjadi salah satu sayuran yang paling fleksibel untuk diolah bersama bahan lain seperti tempe, tahu, dan telur.

8. Quinoa

Meskipun belum banyak yang tahu mengenai gizi lengkap dalam quinoa, tetapi jenis sayuran ini masih eksis di pasaran. Bagaimana tidak, quinoa dapat dimasak menjadi berbagai jenis hidangan mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, makanan penutup, hingga camilan untuk diet. Adapun khasiat quinoa ialah untuk pencegahan kerusakan sel, pengontrol kadar gula darah, pereda nyeri otot, mengatasi radikal bebas, serta mengandung kolesterol bersifat baik.


9. Ubi jalar

Sayuran yang familiar di kalangan generasi tua ini ternyata mengandung 21 gram karbohidrat per 100 gramnya. Maka sudah saatnya Anda mencoba ubi jalar sebagai makanan pokok jika bosan dengan nasi atau roti. Karena sulit mendatangkan lapar kembali, Anda disarankan untuk memeroleh khasiat ubi jalar untuk diet secara sehat dan nyaman.

10. Buah bit

Meskipun dari namanya mengandung kata “buah”, sejatinya buah bit tergolong ke dalam jenis sayuran. Di dalamnya pun mengandung karbohidrat sebanyak 10 gram untuk setiap 100 gram buah bit. Sayuran pencegah hipertensi ini menjadi makanan penambah tenaga sebelum olahraga karena mengandung nitrat alami untuk melancarkan aliran oksigen dalam tubuh.

Meskipun tidak banyak orang mengetahui 10 sayuran yang mengandung karbohidrat terbaik untuk tubuh, Anda tetap bisa mulai mengenalkannya kepada orang lain atau setidaknya mulai rutin mengonsumsinya. Hal ini menjadi penting karena karbohidrat termasuk ke dalam jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Nantinya, sayuran di atas akan memberikan asupan bahan bakar sekaligus zat gizi lain untuk menjaga kesehatan Anda dalam jangka panjang. Sungguh menarik untuk dicoba, bukan?

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan