20 Pantangan Makanan dan Minuman Saat Diet Terlengkap

Pantangan Makanan dan Minuman Saat DietIngin diet tapi takut gagal? Sebaiknya jangan, ya. Supaya diet sukses, ada baiknya jika Anda mengenali pantangan makanan maupun minuman yang wajib dijauhi selama diet. Tentunya ada alasan di balik setiap pantangan yang membuat susahnya penurunan berat badan yang menjadi target Anda. Nah, inilah 20 pantangan makanan dan minuman saat diet terlengkap yang penting untuk diketahui:

ads

1. Aneka Keripik

Berbagai jenis keripik seperti keripik kentang, keripik tahu, keripik ikan, dan lain-lain mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Belum lagi tambahan garam yang membuat keripik menjadi sangat gurih. Jenis cemilan yang membuat ketagihan ini akan cepat meningkatkan berat badan sehingga patut dihindari.

2. Junk Food

Selain relatif mahal dan minim gizinya, junk food atau makanan dan minuman cepat saji sangat kaya kolesterol atau lemak jahat yang menumpuk dalam tubuh. Maka mimpi berat badan idaman akan sulit tercapai jika junk food telah menjadi gaya hidup Anda. Saat diet di tengah masa haid, Anda juga tidak boleh mengonsumsi makanan cepat saji karena meningkatkan risiko kanker.

3. Makanan dan Minuman Manis

Aneka makanan manis seperti kue, jus kemasan, sirup, dan lain-lain berkadar gula tinggi. Belum tentu pula senyawa lain yang mungkin ditambahkan selama proses produksi oleh pabrik tergolong aman sehingga makanan manis juga menjadi pantangan diet ketofastosis. Sebaiknya Anda membuat sendiri makanan atau minuman yang dapat diatur kadar gulanya, misalnya jus dari buah asli tanpa pemanis tambahan.

4. Alkohol dan Minuman Bersoda

Selain menjadi pantangan diet military, alkohol juga dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti kanker otak. Karena berkadar gula sangat tinggi, pelaku diet jenis DEBM sangat dilarang mengonsumsi alkohol. Begitu pula minuman bersoda mengandung gula yang tinggi sehingga tidak membantu proses diet.

5. Buah-buahan Tertentu

Dalam mengonsumsi buah, pelaku diet harus benar-benar mempelajari pantangan setiap jenis diet yang dipilih. Misalnya buah yang menjadi pantangan diet golongan darah AB adalah mangga, belimbing, kesemek, dan kelapa. Sementara pisang menjadi pantangan diet atkins dan pantangan bagi pelaku program diet untuk obesitas namun cocok sebagai pemenuhan nutrisi untuk diet jenis lain yang berlaku umum.

6. Minuman Mengandung Kafein

Sebagai pantangan diet golongan darah AB, minuman berkafein mampu memperlambat pembakaran lemak sehingga perubahan berat badan sulit dicapai. Minuman berkafein yang mudah ditemui ialah kopi dengan aneka varian seperti ditambah dengan susu putih maupun susu berlemak. Hal ini menjadi penyebab utama kalangan muda yang mengalami kegagalan diet sehingga harus diwaspadai.

7. Daging Merah

Berasal dari hewan ternak besar seperti kambing dan sapi, daging jenis ini mengandung lemak jahat dan kolesterol tinggi. Maka daging merah tergolong sebagai pantangan diet mediterania dimana pelaku diet dapat mengonsumsi daging putih sebagai alternatif.


8. Margarin

Selain daging merah, margarin juga mampu meningkatkan kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh. Berat badan pun akan sulit untuk turun jika terus mengonsumsi margarin. Selain menggoreng dengan margarin, cara memasak yang direkomendasikan ialah cukup direbus dan menggunakan rempah alami seperti cabai, bawang, dan jahe. Hal ini sesuai dengan cara kerja diet mayo yang memiliki aturan ketat terhadap garam.

9. Sayuran Tertentu

Seperti buah-buahan, pelaku diet juga harus mengenali sayur yang boleh dikonsumsi sesuai jenis diet. Pelaku diet asam urat harus mampu mengenali jenis sayur dalam pantangan diet asam urat seperti bunga kol, bayam, kacang panjang, buncis, dan lainnya.

10. Gorengan

Dengan metode menggoreng yang melibatkan minyak, gorengan menjadi suatu pantangan pada hampir semua jenis diet selain diet DEBM. Hal ini karena kandungan lemak jahat, kolesterol, dan kalori yang sangat tinggi pada gorengan. Adapun alternatif cara memasak yang dianjurkan selama diet adalah mengukus atau memilih minyak zaitun untuk menggoreng tetapi harganya relatif mahal.

11. Makanan Berbahan Tepung

Tepung mengandung kalori yang sangat tinggi biasanya mudah digunakan untuk membuat makanan yang terbilang lezat. Hal ini membuat berat badan susah turun karena kalori yang masuk ke tubuh mudah melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu makanan berbahan tepung yaitu kue kering, cake, dan roti termasuk dalam pantangan diet south beach yang terkenal menghindari junk food.

12. Nasi Putih

Menjadi makanan pokok masyarakat yang kaya karbohidrat dan gula, nasi putih menjadi pantangan diet karbo. Pada jenis diet tertentu seperti diet atkins, Anda dapat mengonsumsi nasi merah namun tidak boleh pada diet jenis lain.

13. Kacang-kacangan

Pada kacang-kacangan, tersimpan sejumlah tinggi kalori. Begitu pula pada olahannya seperti kedelai yaitu tahu maupun tempe yang wajib dihindari pelaku diet jenis atkins. Tetapi pada diet jenis tertentu kacang khususnya kacang tanah justru berkhasiat selama diet untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan rendah gula.

14. Gandum

Makanan berbahan gandum seperti sereal yang sering menggantikan nasi sebaiknya dihindari karena terbilang pantangan diet paleo. Namun gandum tetap boleh dikonsumsi jika jenis diet tetap memperbolehkan konsumsi karbohidrat dalam jumlah wajar.

15. Biji-bijian Tertentu

Tidak semua biji-bijian menjadi pantangan makanan dan minuman saat diet dimana yang termasuk ialah biji bunga matahari dan biji jagung. Keduanya mengandung karbohidrat sehingga harus dikurangi untuk pelaku diet paleo namun jika tidak dikonsumsi dapat memicu efek samping south beach diet seperti kekurangan serat.

16. Snack Bar

Masih banyaknya orang yang menyangka bahwa snack bar termasuk cemilan yang sehat dan aman dikonsumsi untuk diet. Padahal, snack bar ialah pantangan makanan diet karbo karena masih banyak taburan gula dan senyawa pemanis lain selama proses produksi dari pabrikan.

17. Makanan Bergaram

Meskipun boleh dikonsumsi dalam diet DEBM, tetapi garam dilarang dalam diet mayo. Hal ini karena garam mengikat air dengan kuat sehingga keduanya susah dikeluarkan dari tubuh yang menambah berat badan. Tetapi perlu diingat bahwa efek samping diet rendah garam masih sering dialami jika seseorang tidak mengonsumsi garam sama sekali.

18. Susu Tinggi Lemak

Jenis susu yang berlemak tinggi termasuk pantangan dalam diet OCD karena menyebabkan penumpukan lemak di perut. Hal ini terjadi ketika aliran darah tersumbat oleh susu tinggi lemak karena kadar gula yang banyak. Alternatif pengganti susu jenis ini ialah susu kedelai dan susu krim berlemak rendah.

19. Air Es

Air es maupun minuman dingin lainnya bersifat susah dicerna oleh tubuh sehingga menjadi pantangan diet seperti diet mayo. Studi tentang pengaruh air es terhadap diet juga menunjukkan bahwa alasan utama pengurangan berat badan ialah melalui cara mengurangi konsumsi air es.

20. Jeroan

Sama halnya dengan gorengan, jeroan mengandung lemak tinggi sehingga menjadi pantangan diet. Begitu pula kandungan protein hewani pada jeroan sebaiknya dikurangi ketika menjalani diet karbohidrat. Menghindari jeroan termasuk dalam cara diet alami cepat turunkan berat badan yang terbilang mudah karena umum hanya sebagai pelengkap makanan berat.

Daftar 20 pantangan makanan dan minuman saat diet terlengkap di atas dapat dijadikan pegangan selama melakukan diet. Bagaimana dengan Anda, sudahkah siap untuk mempersiapkan berat badan ideal dengan benar? Tetap semangat selama diet, ya!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan