6 Khasiat Bawang Lanang untuk Diet Penekan Lapar

bawang putih tunggal untuk dietBawang lanang atau bawang putih tunggal sering digunakan sebagai bahan baku untuk memasak dan obat – obatan. Disebut lanang karena umbinya yang berbentuk tunggal, bulan dan tidak terbelah. Rasa dan baunya yang khas memberi aroma yang lezat pada makanan. Namun beberapa penelitian menemukan bahwa bawang lanang dapat menjadi cara diet alami untuk ladies yang mendampakan tubuh langsing ideal. Khasiat bawang lanang untuk diet sangat ampuh untuk menekan rasa lapar serta memiliki beberapa khasiat lain yang penting untuk cara diet cepat kurus yang ladies lakukan.

ads

1. Penghilang nafsu makan

Beberapa penelitian membuktikan bahwa setelah mengonsumsi bawang putih tunggal yang mengandung komponen allicin secara rutin setiap hari, nafsu makan ladies berangsur – angsur akan berkurang, sehingga asupan makanan yang masuk akan menurun. Setelah 1 – 2 minggu perbedaan berat badan ladies akan jelas terlihat, sangat cocok sebagai program diet untuk obesitas.

  1. Melancarkan metabolisme tubuh

Kandungan allicin dalam bawang lanang berfungsi untuk menstimulasi sistem syaraf yang akan melepaskan adrenalin dan mempercepat proses metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Sehingga sangat ampuh untuk membuang racun dan kolesterol akibat radikal bebas dari dalam tubuh serta membakar lemak.

  1. Sebagai antioksidan dan menurunkan kolesterol

Bawang putih populer karena khasiatnya yang mampu menangkal dan menyembuhkan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, radang, dan gangguan pencernaan. Khususnya dikonsumsi saat perut masih kosong, ampuh menghilangkan racun dalam tubuh dan membakar kolesterol.

  1. Mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit

Bawang putih lanang memiliki kandungan minyak atsiri yang berfungsi sebagai anti kuman dan anti septik sehingga dapat dikonsumsi untuk menghilangkan radang, luka, dan gatal – gatal. Selain itu, Kandungan diallysulfida-nya berfungsi sebagai anti-cacing baik dikonsumsi untuk anak – anak, juga berfungsi melawan racun dalam hati yang dapat memicu kanker. Beberapa penyakit lain yang dapat diobati dengan bawang lanang seperti penyakit flu, penggumpalan darah, penyakit pernafasan yaitu asma dan batuk pilek, penyakit maag, dan diabetes.

  1. Memberi energi ekstra

Walau bawang putih berkhasiat sebagai penurun nafsu makan, kandungan protein, vitamin B, dan C yang terkandung dalam bawang lanang ini akan memberi energi ekstra bagi tubuh sehingga energi tubuh tahan lebih lama sehingga tidak cepat lapar.

  1. Mengontrol setres

Mengonsumsi bawang lanang dapat membantu mengontrol setres saat beraktivitas. Bawang lanang dapat mengontrol keluarnya asam pada lambung yang menjadi penyebab setres, dan kandungan vitaminnya memberi energi sehingga bersemangat kembali.

Untuk mendapatkan khasiat bawang lanang untuk diet maksimal, ladies harus memilih bawang dengan kondisi baik dan segar, pilih kulit bawang yang berwarna putih seperti kertas, tidak lembek atau berbintik. Ladies harus mengonsumsi bawang lanang sebagai makanan sehat untuk diet dengan mengonsumsinya secara langsung atau dalam keadaan mentah agar khasiat allicin di dalam bawang tidak berkurang. Boleh juga dimasak jika tidak menyukai bawang mentah, namun harus dipotong, dicacah, atau diblender terlebih dahulu karena saat itulah kandungan allicin untuk penurun nafsu makan akan keluar.


Karena rasa dan baunya yang menyengat, banyak yang tidak menyukainya, untuk itu ladies dapat mengkombinasikannya dengan bahan – bahan alami lainnya sebagai nutrisi yang dibutuhkan saat diet, seperti jeruk nipis atau lemon. Jeruk sudah teruji dalam khasiatnya sebagai buah untuk diet yang mampu menyerap dan menghilangkan lemak serta mendetoksifikasi racun yang tersisa dalam tubuh, sehingga ladies dapat memadukannya dengan bawang putih untuk membuat ramuan diet rendah lemak. Langkah – langkahnya :

  • Cukup siapkan 1 gelas air hangat
  • Masukkan 2-3 perasan jeruk nipis  atau lemon
  • Ambil 2-3 siung bawang lanang dan iris – iris tipis atau dicacah, kemudian diamkan beberapa saat hingga bau menyengat bawang keluar
  • Masukkan irisan bawang ke dalam gelas berisi perasan jeruk
  • Minum 2-3 kali sehari selama 2 minggu sebelum makan, dan dapatkan tubuh ideal ladies seperti yang diimpikan.

Bagi ladies yang memiliki tekanan darah rendah dan masalah pencernaan, sebaiknya jangan mengonsumsi bawang lanang untuk jenis diet yang efektif, karena salah satu khasiat bawang lanang yaitu megobati penggumpalan darah dan beresiko mengencerkan darah serta meng-iritasi sistem pencernaan. Untuk itu, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, didukung pula dengan pola hidup sehat dengan mengikuti cara diet yang benar dan berolahraga 3-4 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal. Walau memakan waktu cukup lama, namun mengonsumsi khasiat bawang lanang untuk diet lebih aman dan alami dibanding dengan bahaya diet ekstrim dengan menggunakan obat – obatan.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan