7 Khasiat Buah Langsat untuk Diet Sehat Berenergi

manfaat buah langsatAnda pernah mencoba mencicipi buah langsat? Jenis buah yang mirip dengan duku ini dapat dengan mudah dijumpai di pasaran manapun, dan disebut langsat karena kulit buahnya yang berwarna kuning kecoklatan halus dengan isi putih bening kaya air dengan biji yang kecil. Bedanya dengan buah duku, bentuk buah langsat lebih berbentuk lonjong, warna kulit lebih cerah keputihan, dan getahnya lebih banyak. Variasi rasanya pun bermacam – macam dari kecut, asam, hingga manis. Sangat cocok bagi ladies penyuka makanan asam yang dijadikan cemilan atau makanan penutup. Namun hati – hati saat memakannya, karena biji langsat terasa sangat pahit jika termakan.

ads

Seperti buah pada umumnya, buah langsat juga memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh seperti untuk 100 gram buah langsat mengandung 1 gram protein, vitamin A dan C, glukosa, 0,7 gram mineral, serat, 18 mg kalsium, 0,9 mg zat besi, 10 kalori, 0,2 gram lemak, 9 mg fosfor, dan 13 gram karbohidrat. Rasa buahnya segar dan mengandung air yang banyak dengan tekstur daging yang lembut dan empuk sehingga mudah untuk dicerna. Selain kaya akan nutrisi, ternyata buah langsat juga ampuh untuk menurunkan berat badan sebagai cara diet cepat kurus. Khasiat buah langsat untuk diet diantaranya :

  1. Mengandung serat tinggi

Buah langsat sebagai buah untuk diet memiliki serat tinggi yang baik untuk kelancaran sistem pencernaan seperti mencerna protein dan lemak dari makanan, sistem pembuangan, dan mencegah munculnya penyakit maag, karena pencernaan yang lancar dapat membuang racun – racun dalam tubuh sehingga mengurangi kolesterol. Buah langsat cocok untuk dijadikan makanan diet rendah kalori untuk dikonsumsi saat santai.

  1. Membakar kalori

Ladies tidak perlu memusingkan asupan kalori dari makanan setiap ladies ingin memakannya, karena buah langsat berperan aktif dalam membakar kalori yang masuk ke tubuh. Khasiat buah langsat untuk diet mengandung riboflavin yang akan mengubah tiap karbohidrat yang ladies makan menjadi energi. Sehingga efisien sebagai pengganti cemilan penambah energi bagi tubuh untuk beraktivitas, dan secara berangsur – angsur asupan makanan akan berkurang dan menurunkan berat badan.

  1. Menurunkan kadar lemak dan kolesterol

Buah langsat juga berfungsi sebagai diet rendah lemak karena kandungan vitamin C dan mineral nya membantu menurunkan kadar lemak dan kolesterol dari dalam tubuh. Selain itu, kandungan tiamin pada buah langsat dapat menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok sebagai cara diet untuk penderita diabetes.

  1. Melancarkan metabolisme dan sistem pencernaan

Buah langsat juga dapat mempercepat proses metabolisme tubuh dengan melancarkan sistem pencernaan dan membantu membakar lemak dalam tubuh. Kolesterol dalam tubuh juga akan berangsur – angsur berkurang. Pembakaran lemak akan mempercepat program diet ladies dan memberi tambahan tenaga. Karena buah langsat mengandung serat yang tinggi sehingga melancarkan sistem pencernaan dan membersihkan perut dari berbagai gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

  1. Memberi nutrisi ekstra pada tubuh

Tidak seperti buah pada umumnya, buah langsat memiliki kandungan karbohidrat dan sedikit lemak yang dapat memberi energi tambahan bagi tumbuh. Setiap 100 gram buah langsat menghasilkan 13 gram karbohidrat yang penting untuk tubuh. Juga kandungan proteinnya dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan vitamin B dalam buahnya juga berfungsi agar tubuh tidak mudah lelah, sehingga cocok dijadikan cemilan sehat tiap hari.


  1. Melancarkan sirkulasi darah

Kandungan zat besi dalam buah langsat dapat membantu pembentukan sel darah dan menjaga sirkulasi darah berjalan lancar sehingga membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit khususnya sebagai penyuplai sari makanan dan oksigen ke otak, mencegah penyakit jantung, dan mengurangi kolesterol dalam tubuh.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti buah – buahan lainnya, buah langsat memiliki sifat antioksidan untuk membuang racun – racun dalam tubuh, meningkatkan kekebalan dari penyakit, menjaga kesehatan tubuh, dan mencegah munculnya kanker. Radikal bebas yang terkonsumsi dari makanan tidak sehat dapat tertimbun menjadi racun di usus besar sehingga beresiko tinggi terkena kanker pencernaan.

Untuk nutrisi yang dibutuhkan saat diet, khasiat buah langsat untuk diet dapat langsung dimakan saat bersantai atau sebagai makanan penutup. Ladies juga dapat mencoba variasi cara diet dengan buah – buahan dengan mengolah buah langsat menjadi menu cemilan lezat seperti olahan pudding, selai buah langsat, dodol buah langsat, bahan es buah, atau salad sayur untuk diet. Meskipun proses menurunkan berat badannya membutuhkan waktu yang cukup lama, namun dengan mengonsumsi buah langsat merupakan cara diet alami yang dapat ladies nikmati dengan santai dan merupakan jenis diet yang efektif menyehatkan tubuh, dibandingkan dengan bahaya minum obat pelangsing yang mungkin menyebabkan efek samping.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan