15 Cara Membuat Infused Water Untuk Diet Mudah Dibuat

Cara Membuat Infused WaterInfused water atau sering juga disebut dengan air detoks, air rasa buah atau air resapan buah merupakan kombinasi antara air putih dengan buah, sayuran atau rempah yang direndam dalam air. Air putih yang digunakan untuk merendam ini nantinya akan menghasilkan rasa sesuai dengan buah, sayuran atau rempah yang di rendam dalam air tersebut. Infused water yang tidak mengandung kalori ini sangat ampuh dijadikan asupan untuk menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh lebih baik. Untuk membuat infused water, pilihlah jenis buah, sayuran dan juga rempah yang berkualitas baik. Infused water ini juga sangat praktis dibawa bepergian dengan cara membuatnya dalam botol minum dan bisa dinikmati kapanpun anda mau.

ads

Artikel terkait:

Tips Membuat Infused Water

Pada ulasan kali ini, kami akan memberikan beberapa resep infused water yang tidak hanya menyehatkan namun juga memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan.

  1. Infused Water Buah Lemon

Infused water lemon ini merupakan minuman detoks dengan sejuta khasiat yang memiliki rasa sangat menyegarkan. Perpaduan buah lemon dan juga daun mint akan membuat rasa infused water ini sangat menyegarkan dan mudah untuk dibuat. Infused water lemon ini bisa disajikan dalam keadaan panas atau dingin dan tidak perlu ditambahkan dengan pemanis seperti gula. Dalam lemon mengandung flavonoid yaki pigmen pertumbuhan yang memiliki sifat antioksidan sangat kuat sehingga bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan. Dalam buah lemon juga mengandung vitamin C serta potasium yang bisa menurunkan berat badan serta tekanan darah anda. Manfaat lain dari jeruk lemon adalah untuk memperlambat proses pencernaan sehingga nutrisi bisa diserap lebih sempurna dan penyerapan juga berlangsung lebih lambat sehingga bisa menekan lonjakan insulin sekaligus meningkatkan penyerapan nutrisi.

Cara Membuat

  • Siapkan dua buah lemon dan air matang.
  • Iris 2 buah lemon yang sudah dicuci bersih lalu masukkan ke dalam air
  • Diamkan beberapa saat setelah itu bisa anda minum atau bisa juga disimpan terlebih dulu dalam lemari es agar lebih nikmat.
  1. Infused Water Apel dan Kayu Manis

Infused water apel dan kayu manis ini merupakan minuman yang bisa meningkatkan metabolisme dan memiliki rasa yang enak sekaligus menurunkan berat badan dalam waktu yang terbilang cepat. Apel merupakan buah yang kaya akan antioksidan dan juga flavonoid serta mengandung vitamin C serta vitamin B Kompleks. Fitonutrient dan juga antioksidan dalam apel akan mengurangi resiko kanker, diabetes, hipertensi dan juga penyakit jantung. Sedangkan kayu manis sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol, mencegah diabetes sekaligus meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan dari artritis.

Cara Membuat

  • Untuk membuat 2 liter infused water ini, silahkan anda iris tipis 1 buah apel fuji yang sudah di buang bijinya.
  • Siapkan 1 batang kayu manis dan jangan memakai kayu manis bubuk.
  • Rebus kayu manis dalam air, sesudah dingin campurkan bersama dengan irisan apel dan juga sisa air matang.
  • Simpan dalam lemari s selama 1 jam sebelum anda nikmati.

  1. Infused Water Jahe dan Mangga

Infused water jahe dan mangga ini tidak hanya baik untuk metabolisme tubuh namun juga bisa dijadikan pereda rasa sakit secara alami seperti migrain dan menstruasi serta beberapa rasa sakit lainnya. Buah mangga baik untuk metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja pencernaan, menambah daya ingat dan juga meningkatkan gairah seksual. Sedangkan jahe sangat tinggi akan antioksidan, mengatasi morning sick dan juga meningkatkan kinerja hati. Infused water jahe dan mangga ini sangat cocok untuk dinikmati dalam keadaan hangat ataupun dingin dan beku sebagai salah satu minuman diet penurun berat badan yang bisa anda konsumsi kapanpun.

Cara Membuat

  • Untuk membuat infused water ini, siapkan 1 inci jahe segar yang sudah dicuci bersih lalu di kupas dan iris tipis.
  • Masukkan potongan buah mangga dalam 4 liter air matang dan masukkan juga irisan jahe ke dalam air.
  • Masukkan ke dalam lemari es selama 1 sampai 3 jam sebelum disajikan.
  1. Infused Water Strawberry dan Jeruk Nipis

Infused water strawberry dan jeruk nipis ini sangat tinggi akan vitamin C, bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan rasanya sangat menyegarkan untuk disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin. Ada dua cara yang bisa anda pilih saat membuat infused water strawberry dan jeruk nipis, yakni dengan membuatnya dalam sebuah wadah besar atau dalam beberapa cangkir untuk porsi sekali minum bergantung dengan selera anda. Kombinasi dua buah yang mengandung vitamin C tinggi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus menurunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan.

Cara Membuat

  • Untuk membuat infused water ini dalam jumlah banyak, masukkan irisan jeruk nipis dan juga strawberry dalam wadah lalu tambahkan dengan air dan didihkan.
  • Untuk menyajikannya, gunakan saringan untuk menyaring ampas strawberry yang ikut larut bersama air.
  • Untuk membuat infused water dalam ukuran cangkir, rebus air dan tambahkan dengan 1/4 potong jeruk nipis dan 1 sendok makan strawberry dan rebus selama 3 menit.
  1. Infused Water Mentimun dan Lemon

Infused water dengan campuran mentimun dan buah lemon ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga menyegarkan. Minuman ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan proses detoksifikasi dan melancarkan pencernaan anda sekaligus menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Infused water ini sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus dan dikonsumsi kapan pun untuk mengisi perut anda dengan rasa yang sangat nikmat.

Cara Membuat

  • Siapkan setengah buah lemon yang diiris tipis
  • Siapkan juga 1/4 buah mentimun yang diiris tipis, es batu dan juga air
  • Masukkan irisan mentimun dan lemon dalam teko yang sudah diisi dengan air.
  • Simpan dalam lemari es selama 1 jam sebelum disajikan
  • Jika infused water ini sudah berkurang, anda bisa menambahkan kembali airnya sampai beberapa kali dan simpan dalam lemari es.

Artikel terkait:

  1. Infused Water Semangka dan Seledri

Infused water semangka dan seledri ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mendetoksifikasi racun, menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh anda.

Cara Membuat

  • Untuk 1 liter air, siapkan 4 potong semangka ukuran sedang.
  • Siapkan juga 5 sampai 6 lembar daun seledri.
  • Masukkan potongan buah semangka dan daun seledri yang sudah dirobek-robek ke dalam air.
  • Simpan dalam lemari es selama 2 sampai 4 jam.
  1. Infused Water Belimbing dan Strawberry

Dalam buah belimbing mengandung kadar vitamin C tinggi dan juga kalori yang rendah sekaligus menghasilkan rasa infused water yang manis dari buah belimbing tersebut.

Cara Membuat

  • Siapkan 1 liter air matang, 1 buah strawberry dan juga 3 potong buah belimbing.
  • Pastikan untuk menggunakan buah belimbing yang sudah matang agar memberikan rasa manis yang sangat nikmat.
  • Masukkan potongan strawberry dan juga belimbing ke dalam 1 liter air lalu simpan dalam lemari es selama 4 sampai 24 jam dan bisa dinikmati.
  1. Infused Water Nanas dan Mint

Nanas memiliki kandungan bromelain yang sangat baik untuk menjaga kesehatan persendian dan juga melancarkan pencernaan.

Cara Membuat

  • Siapkan 1 liter air, 1/2 buah nanas dan 6 sampai 8 lembar daun mint segar.
  • Potong – potong buah nanas lalu masukkan ke dalam air dan tambahkan dengan daun mint.
  • Simpan dalam lemari es selama 8 sampai 12 jam dalam botol atau kontainer.
  1. Infused Water Kiwi dan Strawberry

Buah kiwi dan juga strawberry merupakan buah yang tinggi akan kandungan vitamin C dan juga antioksidan sehingga sangat baik dikonsumsi sesering mungkin serta sangat baik untuk menjaga kesehatan anda. Sedangkan Daun kemangi memiliki khasiat anti bakteri sekaligus memberikan rasa unik pada infused water.

Cara Membuat

  • Siapkan satu cangkir buah strawberi dan belah menjadi dua bagian.
  • Iris tipis satu buah lemon dan siapkan 5 lembar daun kemangi.
  • Masukkan potong buah strawberry, irisan lemon dan juga daun kemangi ke dalam 1 liter air.
  • Simpan dalam lemari es selama 1 jam dan siap untuk dinikmati.
  1. Infused Water Blueberry dan Jeruk

Seperti yang kita ketahui, buah jeruk merupakan buah yang tinggi akan kandungan vitamin C yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan melawan berbagai penyakit berbahaya. Sementara blueberry memiliki kandungan serat tinggi, vitamin K, vitamin C, mangan dan juga lutein yang berguna untuk sumber energi, mengurangi berat badan, antioksidan tinggi dan rendah akan kandungan kalori. Perpaduan dua macam buah dalam infused water ini membuat minuman ini sangat baik dikonsumsi setiap hari untuk penghilang dahaga sekaligus memperoleh berbagai manfaat di dalamnya.

Cara Membuat

  • Buah blueberry dan juga lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi.
  • Siapkan setengah cangkir buah blueberry segar, 1 buah lemon dan juga 3 lembar daun mint.
  • Belah dua buah blueberry lalu masukkan ke dalam 1 liter air dalam botol.
  • Tambahkan dengan irisan buah lemon dan 3 lembar daun mint yang sudah dirobek-robek.
  • Simpan dalam lemari es selama 1 sampai 2 jam dan siap untuk diminum.

Artikel terkait:

  1. Infused Water Kiwi dan Blueberry

Blueberry berguna untuk mendukung program diet menurunkan berat badan anda dan menjadi buah yang kaya akan nutrisi seperti antioksidan, asam galat, vitamin C, vitamin K, lutein, mangan, serat dan berbagai mineral lainnya yang memiliki sifat anti jamur kuat, anti jamur dan juga rendah kalori. Sementara dalam buah kiwi mengandung vitamin C tinggi melebihi dari buah jeruk, antioksidan yang bisa menangkal berbagai radikal bebas sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, baik dikonsumsi ibu hamil, merawat kesehatan rambut dan berbagai manfaat lainnya.

Cara Membuat

  • Siapkan setengah cangkir buah blueberry yang masih segar.
  • Siapkan juga 2 buah kiwi dan 3 lembar daun mint.
  • Masukkan buah blueberry yang sudah dibelah dua dalam 1 liter air.
  • Tambahkan dengan buah kiwi yang sudah dikupas dan diiris tipis serta daun mint yang sudah dirobek-robek.
  • Simpan dalam lemari es selama 1 sampai 2 jam dan siap untuk dinikmati.
  1. Infused Water Raspberry dan Lemon

Buah raspberry tidak hanya memiliki rasa yang lezat namun juga tinggi akan antioksidan, vitamin C dan juga asam ellagic yang sangat baik untuk menurunkan resiko kanker, menjaga kesehatan jantung, anti peradangan, mengendalikan kadar gula dalam darah sekaligus meningkatkan kesuburan pria dan juga wanita. Sedangkan manfaat lemon dalam infused water ini adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang dinamakan HDL sumber penyakit kronis, meredakan stress, menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan pencernaan anda. Selain itu, penambahan daun mint dalam infused water ini tidak hanya memberikan rasa segar namun juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Cara Membuat

  • Siapkan setengah cangkir buah raspberry segar.
  • Siapkan juga 1 buah lemon dan 3 lembar daun mint segar serta 1 liter air.
  • Belah dua buah raspberry lalu masukkan ke dalam 1 liter air matang.
  • Tambahkan dengan irisan lemon dan juga daun mint yang sudah dirobek-robek.
  • Simpan dalam lemari es selama 1 sampai 2 jam dan siap untuk diminum.
  1. Infused Water Kurma

Infused water kurma ini bermanfaat untuk membuang kelebihan asam pada perut sekaligus menyehatkan pencernaan anda sehingga berbagai toksin berbahaya bisa dibuang dari dalam tubuh. Selain itu, kurma juga tinggi akan kandungan serat sehingga bisa menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Infused water kurma ini juga memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk pertumbuhan, perkembangan dan juga menjaga kesehatan tubuh serta metabolisme protein. Sedangkan kandungan potasium yang juga terdapat di dalamnya sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus membuat tekanan darah selalu stabil, kontraksi otot dan juga meningkatkan respon terhadap rangsangan.

Cara Membuat

  • Untuk membuat infused water kurma, siapkan 1 genggam kurma atau kismis
  • Rendam kurma atau kismis tersebut dalam 1 gelas air dan biarkan selama 1 malam dan bisa diminum keesokan paginya.
  1. Infused Water Apel, Lemon dan Cuka Apel

Infused water ini bisa menghilangkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh sekaligus menurunkan berat badan anda secara bertahap. Sementara apel sangat kaya akan serta dan berbagai kandungan vitamin penting di dalamnya. Selanjutnya buah lemon memiliki sifat pembersih dan juga kayu manis yang akan mengurangi selera makan dan juga membantu memecah gula lebih maksimal dan mencegahnya dirubah menjadi lemak serta menurunkan berat badan. Penggunaan buah apel dalam infused water ini tidak hanya memberikan rasa manis dan nikmat, namun juga memiliki khasiat untuk membantu kinerja usus halus sehingga lebih baik dalam memproses makanan, mengurangi resiko gangguan pernafasan, menyehatkan rongga mulut dan juga gigi seperti plak dan juga melindungi kesehatan tulang karena kandungan flavonoid yang ada di dalamnya. Sementara buah lemon akan memberikan rasa asam yang menyegarkan, kaya akan vitamin C dan juga membantu program penurunan berat badan anda. Sedangkan untuk cuka apel memang sudah dikenal sejak lama untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dari mulai yang ringan sampai yang berat dan juga menurunkan berat badan anda.

Cara Membuat

  • Untuk membuat infused water ini, siapkan 2 sendok makan cuka apel murni dan air matang.
  • Siapkan juga 1 buah lemon, 1 sendok teh kayu manis bubuk dan setengah buah apel.
  • Masukkan irisan apel ke dalam air lalu tambahkan dengan cuka apel dan irisan lemon serta kayu manis
  • Simpan dalam lemari es selama 1/2 jam lalu saring dan siap untuk dinikmati.

  1. Infused Water Ceri dan Lemon

Salah satu bahan infused water ini yaitu lemon mengandung vitamin C tinggi yang akan mencegah anda dari penyakit jantung. Sementara kandungan citric acid tinggi di dalamnya akan mengurangi volume urin sekaligus mencegah penyakit batu ginjal, mencegah anemia karena juga mengandung zat besi. Sementara buah ceri sangat kaya akan vitamin C, vitamin A, antioksidan, mineral, melatonin, ellagic acid, biflavonoid, anthocyanin dan juga perillyl yang berguna untuk mencegah kanker, meredakan nyeri radang, menurunkan berat badan, menghambat penuaan dini dan mencegah resiko serangan jantung sehingga infused water ceri dan lemon ini sangat baik dikonsumsi setiap hari dan kapan pun anda membutuhkannya.

Cara Membuat

  • Siapkan beberapa buah ceri dan juga satu buah lemon serta 1 liter air matang.
  • Masukkan irisan buah ceri dan juga buah lemon yang sudah diiris.
  • Simpan dalam lemari es selama 1 sampai 2 jam dan siap untuk dinikmati.

Artikel terkait:

Tips Membuat Infused Water

Untuk membuat infused water, ada beberapa tips bermanfaat yang bisa anda gunakan supaya khasiat yang ada dalam infused water bisa anda dapatkan dengan maksimal.

  • Cuci buah sampai bersih: Cuci dan gosok bersih buah yang akan anda gunakan untuk membuat infused water dibawah air mengalir. Selain itu, rendam juga kulit buah dalam air untuk menghilangkan sisa kontaminasi di permukaan kulit buah atau sayuran yang anda gunakan.
  • Iris tipis dan bulat: Tips kedua adalah iris buah dengan bentuk bulat supaya sari yang ada dalam buah bisa keluar dan bercampur dalam air infused water. Hindari mengiris buah dalam potongan yang tebal, sebab sari dari buah tidak akan keluar dan bercampur dengan sempurna. Sementara untuk buah kecil seperti anggur, raspberry dan berbagai buah lainnya hanya perlu dipotong menjadi dua bagian saja.
  • Masukkan ke dalam air: Masukkan potong buah yang akan anda gunakan ke dalam teko atau botol yang sudah diisi dengan air dingin. Air panas juga bisa digunakan supaya sari buah bisa keluar lebih cepat, akan tetapi ini akan membuat buah cepat bonyok sehingga harus segera dikeluarkan dari dalam air infused water.
  • Aduk secara perlahan: Mengaduk potongan buah yang sudah dimasukkan ke dalam air akan mempercepat pengeluaran sari buah lebih cepat, akan tetapi air akan berubah menjadi keruh sehingga penampilannya kurang menarik.
  • Tambahkan rempah: Anda juga bisa menambahkan rempah seperti daun mint, sage, rosemary dan juga kemangi yang menjadi dedaunan umum untuk digunakan dalam infused water. Selain itu, anda juga bisa menggunakan dedaunan kering kedalam saringan teh supaya tidak mengotori infused water.

Demikian beberapa cara membuat infused water lengkap dengan resep dan juga kegunaannya yang bisa anda jadikan referensi untuk membuat minuman sehat sekaligus nikmat. Untuk hasil terbaik, konsumsi infused water secara rutin setiap hari dengan macam buah, sayur serta rempah yang berbeda setiap harinya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!