Ini 5 Manfaat Jahe untuk Diet Apabila Dikonsumsi Secara Rutin

Anda pasti sudah tahu jika jahe termasuk salah satu rempah-rempah yang dapat menyehatkan tubuh. Ketika dimasukan ke dalam menu diet, jahe dapat menjadi cara diet alami cepat turunkan berat badan. Salah satu cara diet yang benar dengan menggunakan jahe adalah dengan menggunakan air jahe.

ads

Cara diet dengan air jahe dilakukan dengan mengonsumsi air jahe minimal sehari sekali. Ini dilakukan untuk mendapatkan manfaat jahe untuk diet. Manfaat yang akan anda peroleh dengan konsumsi jahe saat diet adalah:

  • Mempercepat Proses Pencernaan

Dispepsia merupakan salah satu gangguan pencernaan kronis yang membuat seseorang merasa tidak nyaman dan nyeri di bagian lambung. Hal ini terjadi karena pengosongan lambung yang tertunda. Kabar baiknya, khasiat air jahe untuk diet mampu menangani masalah ini dengan mempercepat proses pengosongan lambung.

Jahe mampu mempercepat proses pengosongan lambung 16 hingga 12 menit lebih cepat. Dalam sebuah penelitian terhadap 24 orang, mengkonsumsi 1,2 gram jahe sebelum makan bisa mempercepat pengosongan lambung sebesar 50%.

  • Menekan Nafsu Makan

Manfaat jahe untuk diet selanjutnya adalah tanaman ini mampu menjadi penekan nafsu makan alami. Ketika anda mengonsumsi jahe setelah atau sebelum makan, maka khasiat jahe untuk diet membuat anda bisa merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, ketika anda mengonsumsi jahe di antara jam makan, jahe bisa menahan nafsu makan anda lebih lama. Hal ini karena jahe akan membuat perut anda menjadi lebih hangat sehingga nafsu makan anda menjadi berkurang.

  • Memperluas Ukuran Pembuluh Darah

Jahe merah menjadi jenis jahe yang paling mudah ditemui. Khasiat jahe merah untuk diet adalah mampu membuat ukuran pembuluh darah anda menjadi lebih besar. Hal ini akan meningkatkan panas tubuh anda sehingga proses pembakaran lemak bisa berlangsung dengan lebih baik.

Selain itu, jahe juga bisa mengurangi jumlah gula di dalam darah yang berisiko menyebabkan diabetes. Menurut pakar kesehatan jahe mampu mengurangi gula darah yang membahayakan dan meningkatkan gula darah yang baik di dalam tubuh anda.

  • Anti Inflamasi

Manfaat jahe untuk diet yang akan anda dapatkan juga adalah sifat anti inflamasinya. Jahe memiliki senyawa gingerol yang merupakan anti inflamasi dan antioksidan alami.

Anti inflamasi ini akan membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh anda. Jahe mampu meningkatkan kerja sel darah putih anda untuk bekerja melawan bakteri atau virus penyebab peradangan.


  • Menambah Energi dan Mencegah Stress

Wedang jahe merupakan salah satu minuman yang dibuat dengan bahan utama jahe. Khasiat wedang jahe untuk diet adalah bisa menambah energi anda untuk beraktivitas.

Jahe juga memiliki sifat yang bisa menenangkan. Hal ini akan membuat anda semakin sehat karena stress yang berkurang.

5 manfaat jahe untuk diet tersebut akan anda dapatkan jika bisa mengolah jahe dengan benar sebelum dikonsumsi. Anda bisa mencari tahu cara membuat teh jahe untuk diet di berbagai referensi agar minuman yang anda buat tetap menjadi minuman yang sehat untuk diet.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan, misalnya jenis gula yang digunakan adalah gula aren agar manfaat yang didapatkan semakin baik. Selain itu, pertimbangkan juga efek samping jahe untuk diet yang membuat anda tidak boleh mengonsumsi jahe terlalu sering dan harus mengombinasikannya dengan makanan lain.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet