4 Cara Diet Dengan Ubi Jalar Paling Mudah dan Terbukti Ampuh

Cara Diet Dengan Ubi bisa anda coba untuk menurunkan berat badan anda yang membuat anda stress. Meski ubi memiliki kesan yang agak kuno, namun ternyata ubi benar-benar sangat kaya akan manfaat. Siapa sangka makanan yang kurang dianggap penting seperti ubi ini, sangat efektif untuk membantu program diet. Ubi terbukti kaya akan karbohidrat dan juga rendah akan kalori. Dengan mengkonsumsi ubi, kita bisa merasakan kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga nafsu makan kita pun akan terjaga. Lalu, bagaimana cara diet sehat dengan ubi yang baik dan benar? Baiklah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sajian informasi tentang cara diet sehat dengan menggunakan ubi. Dan berikut ini adalah sajian lengkapnya.

ads

Baca juga :

Kandungan Gizi Ubi

Sebelum membahas lebih dalam tentang cara diet sehat dengan menggunakan ubi, akan lebih baik jika kita tahu dulu kandungan apa saja yang terdapat pada ubi. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh ubi sehingga cocok untuk dijadikan sebagai salah satu menu diet sehat adalah rendah akan kalori. Dalam 100 gr ubi, setidaknya kita hanya akan menemukan 90 kalori. (Baca Juga : Cara Diet Cepat Kurus)

Selain rendah akan kalori, ubi juga sangat kaya akan serat. Serat yang terdapat pad ubi ini lah yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mampu menekan dan mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Selain itu, ubi juga sangat kaya akan karbohidrat. Karbohidrat yang terdapat pada ubi ini mampu memberikan kita energi lebih selama masa diet sehingga kita tetap bisa beraktifitas meski sedang dalam program diet.

Kandungan lain yang terdapat pada ubi adalah vitamin A, vitamin B6, vitamin C, Zat besi, kalsium, protein, dan masih banyak lagi. Setelah mengetahui apa saja kandungan gizi yang terdapat pada ubi tentunya kita akan semakin yakin bahwa ubi memang bisa kita gunakan sebagai menu diet sehat yang alami.

Baca Juga :

Cara Diet Dengan Ubi

Cara Diet Dengan UbiDiet menggunakan ubi terbilang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, karena selain dapat membantu kita untuk diet, sebanarnya ubi juga masih memiliki banyak sekali manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi ubi, kita bisa menjaga tekanan darah kita karena di dalam ubi terdapat kalium yang dapat melakukannya. (Baca Juga : Cara Diet dengan Beras Merah)

Selain itu, ubi juga mampu menjaga kesehatan mata kita karena ubi juga merupakan salah satu sumber vitamin A terbaik. Karenanya, ubi tidak hanya cocok disantap bagi anda yang ingin diet saja. Bagi orang yang sedang tidak dalam masa diet pun sangat baik untuk mengkonsumsi ubi jalar ini. Lalu, bagaimana cara mengolah ubi supaya dapat kita konsumsi dan mampu menyehatkan tubuh kita sehingga dapat kita jadikan sebagai menu diet sehat? Baiklah berikut ini adalah beberapa Cara Diet Dengan Ubi.

Baca Juga :

1. Dengan Cara di Rebus

cara diet ubi Dengan Cara di RebusCara pertama yang dapat kita gunakan untuk bisa melakukan diet sehat dengan ubi adalah dengan cara merebusnya. Cara pertama ini terbilang cara yang paling gampang, karena untuk merebus ubi kita hanya memerlukan beberapa langkah saja. (Baca Juga : Cara Melakukan Diet OCD)

Pertama, siapkan air secukupnya kedalam panci, lalu kita masukan ubi yang ingin kita rebus. Setelah itu cukup kita letakan panci di atas kompor dan kemudian kita panaskan hingga air rebusan mendidih. Setelah air rebusan mendidih dan ubi sudah terlihat empuk, angkat panci dan pisahkan ubi dengan air yang terdapat dalam panci. Setelah itu ubi rebus pun siap untuk dikonsumsi. (Baca Juga : Makanan untuk Diet Golongan Darah O)

Dengan mengkonsumsi ubi rebus ini, kita bisa merasakan rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini disebabkan karena karbhidrat yang terdapat pada ubi merupakan karbohidrat kompleks yang sulit terurai sehingga bisa bertahan lama. Ubi rebus ini cocok dikonsumsi sebagai pengganti nasi dan juga sangat cocok dikonsumsi saat sahur bagi orang yang hendak  berpuasa.

Baca Juga :

2. Dengan Cara diPanggang

cara diet ubi Dengan Cara di panggangSelain dengan direbus, kita juga masih punya cukup banyak cara untuk bisa mengkonsumsi ubi sebagai bahan menu diet sehat. Dan salah satunya adalah dengan cara di panggang. Cara ini memang terbilang cukup mudah, namun hasilnya juga bisa dibilang cukup memuaskan. (Baca Juga : Cara Diet Untuk Penderita Diabetes)

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan beberapa buah ubi yang sudah dibersihkan, kemudian kita panggang ubi tersebut dalam suhu sekitar 220 derajat. Setelah itu kita biarkan selama 10 hingga 20 menit.. Dan jika sudah matang, kita bisa mengkonsumsinya. Ubi panggang ini baik dikonsumsi jika kita bosan dengan olahan yang hanya direbus saja. (Baca Juga : Diet Rendah Protein)

Dengan cara memanggangnya, kita bisa menjadi lebih tertarik sehingga kita mau mengkonsumsi ubi. Atau bisa dibilang cara ini adalah salah satu variasi mengkonsumsi ubi saat kita bosan. Namun tetap saja, hasilnya tidak akan jauh berbeda seperti saat kita mengkonsumsi ubi dengan cara direbus.

Baca Juga :


3. Dengan cara di kukus

cara diet ubi Dengan Cara di kukusSelain dengan direbus dan juga dipanggang, Cara Diet Dengan Ubi juga dapat dijadikan sebagai menu diet sehat dengan cara di kukus. Cara ini terbilang sangat mudah dan manfaatnya juga dapat dirasakan dengan cepat.

Cara untuk mengukus ubi sendiri sangatlah sederhana, pertama siapkan dulu beberapa buah ubi yang sudah dibersihkan. Kemudian potong menjadi beberapa bagian supaya lebih mudah dikonsumsi, setelah itu baru kukus ubi hingga matang. Dan ubi pun siap dikonsumsi. (Baca Juga : Pantangan Dalam Diet OCD)

Ubi yang di kukus dapat kita konsumsi untuk menggantikan berbagai camilan yang kurang sehat seperti roti dari warung dan juga yang lainnya. Dengan mengkonsumsi ubi ini maka tubuh kita akan merasa kenyang lebih lama dan kita juga akan memiliki cukup banyak tenaga untuk beraktivitas seperti biasa dengan banyaknya kandungan karbohidrat yang terdapat pada ubi.

Baca Juga :

4. Dengan cara dibuat keripik

cara diet ubi Dengan Cara di buat kripikCara diet sehat dengan ubi yang selanjutnya adalah dengan dibuat keripik. Cara membuat keripik ubi sangatlah mudah. Hampir sama saja dengan cara membuat keripik pada umumnya. Keripik ubi sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan sehat bagi anda yang saat ini sedang dalam masa diet. (Baca Juga : Diet Garam)

Keripik ubi ini mampu memberikan rasa kenyang sehingga nafsu untuk makan lagi akan berkurang. Meskipun proses membuatnya melibatkan minyak, tapi tetap saja keripik ubi jauh lebih baik dikonsumsi dibandingkan dengan keripik yang lain. Dan lagi, keripik ubi juga baik dikonsumsi untuk menghilangkan kerinduan terhadap minyak bagi seseorang yang sedang dalam masa diet.

Baca Juga :

Well, demikian tadi sajian informasi tentang cara diet dengan ubi yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini, selain beberapa cara di atas, sebenarnya masih ada beberapa cara lain yang juga dapat kita gunakan untuk melakukan program diet sehat dengan ubi. Namun, cukup sampai disini dulu yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga sajian informasi kali ini dapat berguna bagi kita semua, terutama bagi anda yang saat ini memang sedang berada dalam masa diet.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!