10 Menu Sahur Untuk Diet Paling Sehat dan Wajib Untuk Dicoba

Menu Sahur Untuk Diet bisa anda coba dan praktekan di rumah. Saat memasuki bulan Ramadhan, maka kamu juga diharuskan untuk memperhatikan asupan nutrisi baik selama berpuasa supaya tetap mendapat energi yang maksimal terutama untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, maka harus memilih menu sahur yang sangat sehat dan baik.

ads

Baca Juga :

Menu Sahur Untuk Diet

Dengan mengkonsumsi makanan sahur yang menyehatkan, maka kamu bisa merasa kenyang lebih lama dan aktivitas tetap bisa berjalan seperti biasa tanpa terganggu. Pastikan juga kamu mengontrol asupan makanan dan juga makan terlalu berlebih saat Ramadhan. Berikut ini, kami akan memberikan menu sahur untuk diet terbaik yang bisa dijadikan ide tambahan menu makanan sahur kamu.

1. Sahur Dengan Roti Gandum Bakar Keju Tomat

Roti Gandum Bakar KejuMenu praktis namun sangat sehat pertama adalah roti bakar. Kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat roti bakar ini. Perpaduan roti gandum, keju, tomat dan beberapa bahan lainnya mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama sekaligus tetap memberikan tenaga namun tidak akan menumpuk lemak di tubuh kamu.

Bahan – Bahan

10 butir telur, 1/2 cangkir susu, 1 sendok teh garam. 4 lembar roti gandum, 2 cangkir tomat ceri, 15 ons buncis, 1/4 cangkir daun kemangi, 4 ons keju kambing segar, 1 sendok makan minyak zaitun

Cara Membuat

  1. Siapkan mangkuk besar lalu kocok telur, susu dan garam sampai rata.
  2. Tambahkan roti tawar yang sudah dipotong dadu sampai semua roti tercelup adonan lalu diamkan selama 2 jam.
  3. Tambahkan tomat ceri yang sudah dibelah dua, potongan buncis serta kemangi dan keju kambing yang sudah di cincang kasar ke dalam adonan roti dan aduk sampai rata.
  4. Siapkan wadah dan tuangkan sedikit minyak zaitun, tuangkan adonan sampai rata dan tekan-tekan permukaan roti.
  5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 35 sampai 40 menit, setelah matang keluarkan dari oven dan biarkan selama 15 menit supaya set. Potong-potong dan sajikan.

Artikel terkait:

2. Sahur Dengan Oatmeal Blueberry

Oatmeal BlueberryOatmeal menjadi menu sahur yang menyehatkan, tidak hanya lezat namun juga memiliki kandungan serat tinggi serta vitamin lengkap yang sangat baik untuk dikonsumsi selama berpuasa. Saat memasak oatmeal, tambahkan dengan susu untuk sumber proteinnya serta buah blueberry untuk sumber serat serta kandungan air yang sangat dibutuhkan saat berpuasa. Sebagai pelengkap, tambahkan juga dengan kacang serta biji-bijian sehat kesukaan kamu. Untuk memasak oatmeal ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit saja dan porsi yang dihasilkan juga cukup banyak dan tentu saja mengenyangkan. Dalam satu porsi menu ini sudah mengandung gizi lengkap yakni protein, lemak, karbohidrat, air, kalori, serat dan juga sodium.

Bahan – Bahan

1/2 cangkir oatmeal, 1 cangkir susu murni, 1/4 cangkir blueberry segar, 1/2 sendok makan madu, 2 sendok makan biji rami, 1/2 ons kacang almond cincang, Gula pasir secukupnya, Vanila, kayu manis, garam secukupnya.

Cara Membuat

  1. Masak susu bersama dengan oatmeal, vanilla, kacang almond cincang, gula pasir, kayu manis dan garam selama 10 menit.
  2. Masak dengan panas tinggi dan jika sudah mendidih, kecilkan api lalu masak perlahan sambil aduk sesekali sampai mengental.
  3. Tunggu sampai oatmeal tidak terlalu panas lalu tambahkan biji rami serta madu lalu aduk sampai rata.
  4. Sajikan dengan tambahan taburan biji rami, kacang almond cincang, madu dan buah blueberry utuh.

Artikel terkait:


3. Sahur Dengan Smoothies

SmoothieIngin menu sahur yang praktis sekaligus bergizi tinggi untuk mendukung diet kamu ?, kamu bisa coba mengkonsumsi smoothie untuk menu sahur yang sangat menyehatkan. Kandungan nutrisi lengkap, cara membuat yang praktis, lezat serta mengenyangkan, memuat smoothie menjadi pilihan terbaik sebagai salah satu menu sahur kamu. Dalam smoothie sudah memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti karbohidrat, kalori, protein, sodium, gula, air dan berbagai vitamin dari buah-buahan yang kamu pakai untuk membuat smoothie.

Bahan – Bahan

1 cangkir buah segar yang sudah dibekukan, 1/2 buah pisang matang, 3/4 cangkir yoghurt beku, 1/4 cangkir susu, 2 sendok makan selai kacang, 1/2 sendok teh vanili, Garam secukupnya.

Cara Membuat

  • Masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan memakai kecepatan tinggi sampai rata dan halus sekitar 1 menit.
  • Tuang ke dalam gelas saji dan siap untuk dikonsumsi sebagai menu sahur.

Artikel terkait:

4. Sahur Dengan Scrambled Egg Tortilla

Scrambled Egg TortillaTelur orak arik atau scramble egg, juga bisa kamu jadikan salah satu menu untuk sahur yang praktis. Telur orak arik sendiri juga bisa kamu kreasikan dengan menambahkan beberapa bahan seperti keju, rempah, susu, mentega, daging cincang, sayuran dan berbagai bahan lainnya.

Scrambled egg ini akan terasa lebih nikmat apabila disajikan dengan tortilla, sehingga gizinya semakin lengkap dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.

Baca Juga :

5. Sahur Dengan Salad

Salad buah atau sayuran juga tidak boleh terlupakan dalam menu sahur khususnya saat kamu sedang menjalankan diet. Hebatnya lagi, kamu juga tidak perlu memasak menu yang satu ini, hanya perlu mencampur beberapa bahan buah atau sayuran kesukaan kamu, tambahkan dengan minyak zaitun, perasan sari lemon dan langsung bisa disantap sebanyak 4 porsi.

6. Sahur Dengan Ubi Telur Yogurt Panggang

Ubi Telur Yogurt PanggangMenu Sahur Untuk Diet selanjutnya adalah dengan Ubi Telur Yogurt Panggang. Dalam ubi jalar mengandung serat yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk dijadikan menu diet sehingga bisa menahan lapar lebih lama. Ubi juga rendah akan kandungan kalori dan ini juga merupakan hal penting untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Kandungan lain dari ubi adalah tinggi akan air dan kaya akan karbohidrat serta karotenoid yang akan mengontrol gula dalam darah. Sedangkan yogurt memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, mineral, asam amino dan energi yang akan memenuhi gizi kamu saat berpuasa tanpa membuat berat badan menjadi naik.

Bahan – Bahan

450 gram ubi, kupas dan potong dadu, 1/2 cangkir yogurt, 12 butir telur, 2 sendok teh garam, 3 sendok makan mentega tawar, 10 ons brokoli segar, 1/4 cangkir daun sage segar, cincang.

Cara Membuat

  1. Panaskan oven lalu panggang ubi sampai matang dan empuk selama 9 menit.
  2. Sesudah matang, masukkan ke dalam panci lalu tambahkan dengan 1/4 cangkir air lalu masak dengan api tinggi hingga mendidih.
  3. Saat sudah mendidih, kecilkan api dan tutup supaya ubi matang merat dan lanjutkan memasak selama 20 menit.
  4. Tuangkan ubi ke mangkuk lalu hancurkan dengan garpu sampai benar-benar halus.
  5. Biarkan ubi dingin selama 10 menit dan tambahkan dengan yogurt lalu aduk rata.
  6. Kocok lepas telur pada wadah terpisah, tambahkan garam dan campuran ubi serta bahan sisa lainnya lalu kocok kembali sampai rata.
  7. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diberi minyak lalu panggang dalam oven hingga berwarna kecoklatan dan matang selama 30 sampai 35 menit.
  8. Sesudah matang, diamkan selama 10 menit lalu potong dan sajikan selagi hangat

Artikel terkait:

7. Sahur Dengan Tumis Brokoli Saus Tiram

Tumis Brokoli Saus TiramDalam brokoli memiliki banyak kandungan serat yang bisa mencegah penyerapan lemak serta gula dalam makanan sekaligus membersihkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C tinggi akan berperan sebagai antioksidan sekaligus membantu proses pembakaran lemak lebih cepat. Brokoli juga menjadi sayuran yang rendah kalori serta tinggi vitamin A dan B Kompleks yang membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur dan juga untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Bahan – Bahan

250 gram brokoli, 250 gram jagung muda, 200 gram jamur kuping, 2 cabai hijau, 2 siung bawang putih, 1/4 sendok teh merica, 2 siung bawang merah, 2 sendok makan saus tiram, 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat

  1. Potong-potong sayuran sesuai selera lalu tumis bawang merah dan putih sampai harum.
  2. Tambahkan 3 jenis sayuran dan masak sebentar sampai layu lalu tambahkan bumbu dan kentalkan dengan maizena.

8. Sahur Dengan Sup Jamur Telur Kocok

Sup Jamur Telur KocokJamur adalah salah satu bahan yang tinggi akan kandungan serat, mengandung senyawa flammulin, memiliki kadar kalori yang sangat rendah, menguatkan sistem imun tubuh, sebagai antibiotik alami dan juga mengandung protein nabati. Sedangkan telur adalah sumber protein yang akan menjadi sumber tenaga saat kamu menjalankan puasa. Untuk membuat sup jamur telur kocok ini juga sangat mudah sekitar 15 menit saja.

Bahan – Bahan

3 butir telur, 1 sendok makan tepung maizena, 4 cangkir kaldu ayam, 3/4 cangkir jamur enoki dan shitaki, iris, 1 sendok makan kecap, 1/2 sendok teh jahe parut, 1/4 sendok teh lada.

Cara Membuat

  1. Campur sedikit kaldu dengan tepung maizena hingga larut, sisihkan.
  2. Tuang sisa kaldu dalam panci dan tambahkan dengan irisan jamur serta semua bahan lainnya.
  3. Tuangkan telur kocok dengan perlahan ke dalam sup sambil diaduk supaya menyebar.
  4. Tambahkan dengan campuran maizena dan masak sampai matang, sajikan.

Artikel terkait:


9. Sahur Dengan Tumis Buncis Udang

Tumis Buncis UdangDalam buncis memiliki kandungan vitamin yang lengkap seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12 yang sangat dibutuhkan tubuh setiap hari. Selain itu kandungan serat tinggi juga akan memperlancar pencernaan kamu dan bisa mengurangi kadar kolesterol di dalam darah sekaligus rendah kalori sehingga baik dijadikan salah satu menu diet.

Sedangkan dalam udang merupakan sumber asam amino tinggi, rendah kalori serta mengandung beberapa zat penting untuk membentuk otot seperti asam gulamat, protein, asam aspartat, arginine, lysine, leucine, glycine, valine serta isoleucine tinggi. Perpaduan bunci dan udang dalam menu sahur kamu akan membuat kamu bertenaga sekaligus menjaga berat badan kamu supaya tetap stabil.

Bahan – Bahan

250 gram udang kupas, 300 gram buncis, potong-potong, 1 sendok makan margarine, 3 cabe merah buang biji dan iris, 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1/2 tomat iris panjang, 1 potong lengkuas, 1 lembar daun salam

Cara Membuat

  1. Tumis bumbu sampai harum lalu tambahkan udang dan masak sampai udang berubah warna.
  2. Tambahkan buncis dan tomat lalu matang sebentar saja  dan siap untuk disajikan.

10. Sahur Dengan Sup Krim Brokoli

Sup Krim BrokoliSeperti yang sudah di ulas diatas, dalam brokoli mengandung kadar serat serta berbagai mineral dan vitamin dalam dosis tinggi. Ini sangat dibutuhkan tubuh khususnya saat kamu sedang berpuasa dan melakukan diet. Membuat sup brokoli ini juga terbilang praktis dan hemat biaya, namun kamu sudah bisa mendapatkan gizi lengkap dari menu makanan mengenyangkan ini.

Bahan – Bahan

250 gram brokoli, rebus sebentar, 1 sendok makan mentega, 2 sendok makan krim, 2 sendok makan bawang bombay cincang, 250 ml kaldu ayam, 1 siung bawang putih cincang, 250 ml susu cair, 1/2 sendok teh merica, pala, kaldu bubuk dan garam, 1 lembar bay leaf

Cara Membuat

  • Panaskan mentega lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  • Masukkan susu, brokoli yang sudah direbus dan tumisan bawang ke dalam blender lalu haluskan.
  • Tuang ke dalam panci dan tambahkan dengan bumbu lain lalu masak dengan api kecil sampai mendidih.

Artikel terkait:

Beberapa pilihan Menu Sahur Untuk Diet diatas sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur khususnya bagi kamu yang juga sedang menjalankan program diet. Semua menu yang sudah kami berikan memiliki kandungan gizi yang cukup sehingga kamu tetap bisa beraktivitas dengan baik meski sedang berpuasa, selamat mencoba.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Menu