Menu Diet Saat Puasa Selama 10 Hari Untuk Sahur dan Berbuka

Saat sedang berpuasa, kamu pasti akan kebingungan bagaimana menyesuaikan pola makanmu terhadap metode diet yang kamu lakukan saat itu. Jika kamu ingin diet saat berpuasa kamu harus mengatur serta mengontrol dengan benar pola makanmu dengan membatasi beberapa hal yang terkandung dalam makananmu. Kamu harus bisa mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuhmu, namun tidak berlebihan karena kamu sedang berpuasa dan harus menjalankan fungsi normalnya saat itu.

ads

Artikel terkait:

Menu Diet Saat Puasa

Berbeda dengan hari- hari biasa pada hari di saat kamu berpuasa, tubuh akan lebih rentan dengan makanan karena ada jeda yang sangat lama diantara jam makan. Dan untuk kamu yang sedang bingung dengan cara mengatur serta mengontrol pola makanan dietmu saat berpuasa, berikut adalah variasi menu yang dapat kamu aplikasikan :

1. Menu diet Hari ke- 1

  • Saat Sahur

Salad buah dengan keju atau pun mayones, salad sayur dengan sedikit tambahan potongan dada ayam, keju, merica, bawang bombai, selada, perasan jeruk lemon, dan bayam merah serta segelas susu tawar hangat

  • Saat Berbuka

Teh manis hangat, buah apel, buah kurma sebanyak 3 buah dan kacang- kacangan sebanyak segenggam saja dan setelah itu jangan makan- makanan yang lain.

  • Setelah Tarawih

Nasi dengan lauk sayuran, bawang putih, paprika, daun bawang dan seledri bisa di tumis atau di sayur kuah atau sandwich isi telur dan sayur dan segelas air putih. Setelah makan pada waktu setelah tarawih jangan langsung tidur, tetapi beri jarak terlebih dahulu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu mencerna bagi tubuhmu

2. Menu diet Hari ke- 2

  • Saat Sahur

Salad buah ditambahkan sedikit perasan jeruk lemon, keju, susu kental manis ataupun mayones, Salad sayur ditambahkan minyak kelapa, irisan dada ayam, biji wijen, tomat, bawang bombai, paprika, daun seledri dan sedikit garam.

  • Saat Berbuka

Segelas susu tawar hangat ataupun yoghurt, buah beri- berian, buah nanas, bengkuang, dan kacang- kacangan dan setelah itu jangan makan- makanan yang lain.

  • Setelah Tarawih

Nasi atau pun lontong, udang atau pun daging ikan bisa di kukus, direbus atau pun dibakar tetapi hindari pengolahan dengan menggorengnya, dan segelas air putih hangat. Setelah makan pada waktu setelah tarawih jangan langsung tidur, tetapi beri jarak terlebih dahulu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu mencerna bagi tubuhmu.


3. Menu diet Hari ke- 3

  • Saat Sahur

Salad sayur ditambahkan potongan dada ayam, lada, bawang bombai, selada, daun seledri, perasan air jeruk lemon, wortel, paprika, biji wijen, dan susu kedelai tanpa gula.

  • Saat Berbuka

Menu Diet Saat Puasa untuk berbuka adalah dengan Salad buah, kacang- kacangan, air putih dan setelah itu jangan makan- makanan yang lain. Hal ini  untuk menunjang proses dietmu.

  • Setelah Tarawih

Aneka seafood seperti ikan salmon atau pun udang yang direbus, di kukus atau pun di panggang dengan minyak zaitun dan hindari proses penggorengan. Setelah makan pada waktu setelah tarawih jangan langsung tidur, tetapi beri jarak terlebih dahulu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu mencerna bagi tubuhmu.

Kunjungi Juga:

4. Menu diet Hari ke- 4

  • Saat Sahur

Dada ayam yang dipanggang menggunakan minyak zaitun, salad sayur, selada, wortel, bawang putih, daun seledri, perasan air jeruk lemon dan biji wijen, air putih sebanyak 2 gelas.

  • Saat Berbuka

Susu hangat tawar, kacang- kacangan, buah kurma sejumlah 3 buah, dan apel atau jeruk dan setelah itu jangan makan- makanan yang lain. Hal ini  untuk menunjang proses dietmu.

  • Setelah Tarawih

Air putih hangat 2 gelas, salad sayur dengan potongan sedikit udang, minyak zaitun, biji wijen, perasan jeruk lemon, daun seledri, paprika, buah apel dan keju. Setelah makan pada waktu setelah tarawih jangan langsung tidur, tetapi beri jarak terlebih dahulu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu mencerna bagi tubuhmu.

5. Menu diet hari ke- 5

  • Saat Sahur

Salad sayur, telur rebus, paprika, selada, minyak kelapa, daun bayam merah, kubis ungu, bawang bombai, wortel dan air putih hangat 2 gelas.

  • Saat Berbuka

Susu hangat tawar atau yoghurt rendah kalori, buah pisang, buah kurma sejumlah 3 buah, buah apel atau pun jeruk dan setelah itu jangan makan- makanan yang lain.

  • Setelah Tarawih

Air putih hangat 2 gelas, salad buah ditambah keju atau pun mayones, susu kedelai hangat tanpa gula. Setelah makan pada waktu setelah tarawih jangan langsung tidur, tetapi beri jarak terlebih dahulu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu mencerna bagi tubuhmu.

6. Menu diet Hari ke- 6

  • Saat Sahur

Nasi atau lontong dengan lauk sayuran hijau seperti kangkung, bayam atau pun sawi yang di tumis, di rebus atau pun di kukus dan hindari proses masak yang digoreng, buah apel dan nanas, serta air putih hangat 2 gelas

  • Saat Berbuka

Menu Diet Saat Puasa untuk berbuka adalah dengan Susu kedelai hangat tanpa gula,buah pisang dan buah kurma sebanyak 3 buah dan setelah itu jangan makan- makanan yang lain.

  • Setelah Tarawih

Salad sayur, dada ayam yang dipanggang menggunakan minyak zaitun, salad sayur, selada, wortel, bawang putih, daun selederi, perasan air jeruk lemon dan biji wijen, air putih sebanyak 2 gelas. Setelah makan pada waktu setelah tarawih jangan langsung tidur, tetapi beri jarak terlebih dahulu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu mencerna bagi tubuhmu.

7. Menu diet Hari ke- 7

  • Saat Sahur

Aneka seafood seperti udang, ikan salmon atau pun kerang, paprika merah, daun seledri, daun bawang, air perasan jeruk lemon, minyak zaitun, biji wijen, dan air putih hangat 2 gelas

  • Saat Berbuka

Susu kedelai hangat tanpa gula,buah pisang dan buah kurma sebanyak 3 buah dan setelah itu jangan makan- makanan yang lain.

  • Setelah Tarawih

Salad sayur ditambahkan potongan dada ayam, lada, bawang bombai, selada, daun seledri, perasan air jeruk lemon, wortel, paprika, biji wijen, dan air putih hangat 2 gelas. Setelah makan pada waktu setelah tarawih jangan langsung tidur, tetapi beri jarak terlebih dahulu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu mencerna bagi tubuhmu.

Baca Juga:

8. Menu diet Hari ke- 8

  • Saat Sahur

Salad sayur, telur rebus, paprika, selada, minyak kelapa, daun bayam merah, kubis ungu, bawang bombai, wortel dan air putih hangat 2 gelas

  • Saat Berbuka

Teh manis hangat, buah apel, buah kurma sebanyak 3 buah dan kacang- kacangan dan setelah itu jangan makan- makanan yang lain.

  • Setelah Tarawih

Nasi atau lontong dengan lauk sayuran hijau seperti kangkung, bayam atau pun sawi yang di tumis, di rebus atau pun di kukus dan hindari proses masak yang digoreng, buah apel dan nanas, serta air putih hangat 2 gelas.


9. Menu diet Hari ke- 9

  • Saat Sahur

Air putih hangat 2 gelas, salad sayur dengan potongan sedikit udang, minyak zaitun, biji wijen, perasan jeruk lemon, daun seledri, paprika, buah apel dan keju

  • Saat Berbuka

Susu hangat tawar, segenggam kacang- kacangan, buah kurma sejumlah 3 buah, dan apel atau jeruk dan setelah itu jangan makan- makanan yang lain.

  • Setelah Tarawih

Salad buah ditambahkan sedikit perasan jeruk lemon, keju, susu kental manis atau pun mayones, Salad sayur ditambahkan minyak kelapa, irisan dada ayam, biji wijen, tomat, bawang bombai, paprika, daun seledri dan sedikit garam. Setelah makan pada waktu setelah tarawih jangan langsung tidur, tetapi beri jarak terlebih dahulu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu mencerna bagi tubuhmu.

10. Menu diet Hari ke- 10

  • Saat Sahur

Dada ayam yang dipanggang menggunakan minyak zaitun, salad sayur, selada, wortel, bawang putih, daun selederi, perasan air jeruk lemon dan biji wijen, air putih sebanyak 2 gelas

  • Saat Berbuka

Menu Diet Saat Puasa untuk berbuka adalah dengan Salad buah, buah kurma sebanyak 3 buah, segenggam kacang- kacangan, air putih dan setelah itu jangan makan- makanan yang lain.

  • Setelah Tarawih

Nasi atau lontong dengan lauk sayuran hijau seperti kangkung, bayam atau pun sawi yang di tumis, di rebus atau pun di kukus dan hindari proses masak yang digoreng, buah apel dan nanas, serta air putih hangat 2 gelas. Setelah makan pada waktu setelah tarawih jangan langsung tidur, tetapi beri jarak terlebih dahulu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu mencerna bagi tubuhmu.

Artikel terkait:

Itulah berbagai macam variasi menu yang dapat kamu aplikasikan selama 10 hari berpuasa. Jika kamu mengaplikasikannya dengan baik maka diet yang kamu jalani saat berpuasa akan berjalan dengan baik dan lancar. Berat badanmu pun akan semakin berkurang, tidak seperti orang kebanyakan, ketika mereka berpuasa berat badan mereka justru semakin bertambah bukannya berkurang. Hal ini dikarenakan pengaturan pola makan yang kurang tepat sehingga mempengaruhi berat badan dan penumpukan lemak berlebih pada tubuh. Oleh karena itu ketika berpuasa, kamu harus tetap cermat dalam memperhatikan setiap asupan yang kamu makan.

Dengan begitu kamu tidak hanya menjalankan kewajiban saja, tetapi kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat dan indah. Semua lemak di tubuhmu akan lebih efisien terbakar ketika kamu menjaga pola makanmu dengan benar saat berpuasa. Untuk menunjang pola makan dietmu, perbanyaklah melakukan gerakan olah raga ringan yang sederhana dan mudah untuk dilakukan tentunya. Seperti joging atau pun bersepeda yang selain menyehatkan, olah raga dengan gerakan- gerakan sederhana yang kamu lakukan ini akan mempercepat proses pembakaran di tubuhmu secara efisien. Selain melakukan olah raga ringan, kamu juga dianjurkan untuk tidak kebanyakan tidur saat berpuasa, usahakan tidurmu cukup dan tidak lebih dari 6-8 jam perharinya, karena hal ini akan menunjang dietmu dengan baik, dan selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Menu