5 Pantangan Diet Buah Plum Yang Penting Diperhatikan

Pantangan Diet Buah PlumSebagai buah yang jarang terdengar, rupanya buah plum merupakan salah satu jenis buah yang unik. Manfaat buah plum untuk diet terbukti kebenarannya sehingga tidak salah jika peminat diet buah plum mulai meningkat.

ads

Hal ini jelas lebih menguntungkan karena murah dan sehat daripada program instan yang mahal seperti sedot lemak. Selama menjalankan diet Anda sebaiknya mematuhi 5 pantangan diet buah plum yang penting sebagai berikut:

1. Asal Beli Produk Buah Plum

Salah satu cara diet dengan buah plum yang tidak merepotkan adalah melalui dikeringkan. Seiring dengan tren diet buah plum, banyak pula produk buah plum kering dalam kemasan yang beredar di pasaran. Padahal belum tentu produk tersebut aman untuk diet dan tidak menimbulkan penyakit tertentu dalam jangka panjang.

Untuk mencegah efek samping obat diet herbal terjadi, Anda harus memeriksa produk buah plum dengan teliti bukan hanya dari harga yang murah seperti izin BPOM dan kandungan gizi dalam label kemasan.

2. Produk Olahan Yang Berisiko

Tidak hanya melalui dikeringkan, cara mengonsumsi buah plum untuk diet yang digemari adalah jus buah plum. Produk ini juga sudah tidak asing ditemukan pada supermarket sehingga banyak orang mengira bahwa jus kemasan baik untuk diet. Padahal, hampir semua jus kemasan mengandung pemanis yang tinggi supaya rasanya lezat serta disimpan dalam suhu rendah supaya segar.

Perlu diketahui bahwa gula dan es atau minuman dingin merupakan pantangan makanan dan minuman saat diet. Adanya gula justru menambah berat badan karena mengubah energi dengan cepat serta memicu penumpukan lemak di dalam tubuh. Sementara es atau minuman dingin bersifat sulit dicerna sehingga makin lama menumpuk pada tubuh. Hal ini jelas akan menggagalkan rencana tujuan berat badan ideal.

Jus plum yang baik untuk dikonsumsi ialah melalui buah plum segar yang diolah menjadi jus sendiri melalui blender. Sama halnya dengan jus sayur untuk diet yang akan lebih sehat jika penambahan pemanis alami dapat dikontrol sendiri. Hal ini akan membuat kandungan gizi dan kebersihan lebih terjamin kualitasnya daripada membeli jus yang lebih mahal.

3. Makanan Berlemak Tinggi

Cara mengonsumsi buah plum secara langsung terbukti dapat menurunkan berat badan jika Anda juga membatasi makanan berlemak tinggi seperti gorengan. Sejatinya buah plum dapat menggantikan snack seperti gorengan sehingga Anda tidak lagi mengonsumsinya. Namun jika Anda masih tergiur dan mudah melanggar pantangan diet buah plum yang penting maka Anda harus lebih memotivasi diri.

Perlu diketahui bahwa kandungan lemak dan kalori dalam buah plum sangat rendah sehingga lebih aman untuk diet rendah lemak. Lemak di dalamnya pun bukanlah jenis lemak jahat sehingga tidak akan mudah menumpuk dalam tubuh. Sementara rendahnya kalori akan mudah untuk dibakar melalui olahraga ringan.

4. Makanan Kaya Karbohidrat

Cocok sebagai pengganti sarapan karena sudah cukup mengandung karbohidrat, buah plum telah sukses diolah menjadi menu sarapan seperti pasta. Maka Anda tidak perlu lagi menambah nasi atau mi karena di dalam buah plum terdapat sumber karbohidrat untuk diet dan serat yang cukup. Hal ini akan membuat Anda tidak mudah lapar dengan cepat.

Buah yang mampu memperlancar metabolisme tubuh ini memiliki kandungan vitamin C sehingga mampu menggantikan peran nasi atau mi untuk sarapan. Dengan menerapkan cara mengkonsumsi buah plum untuk diet bersama buah-buahan lain menjadi salad menjadi salah satu terobosan baru daripada sarapan berkarbohidrat tetapi masih berkadar gula tinggi. Tetapi dalam membuat salad Anda perlu menyingkirkan mayonais sebagai sumber lemak yang mengacaukan diet.


5. Makanan dan Minuman Manis

Adanya karbohidrat dalam buah plum yang cocok dijadikan menu sarapan pagi sehat untuk diet rupanya tidak membuat kadar gula naik drastis. Studi menunjukkan bahwa buah plum memicu peningkatan hormon pengatur kadar gula darah sehingga diet buah plum juga mampu mengatasi diabetes. Fakta menarik ini melatarbelakangi inovasi pangan dari buah plum terutama bagi penyuka manis, misalnya selai buah plum.

Sebagai pelaku diet, Anda perlu menjauhi makanan dan minuman manis seperti sirup, kue, permen, dan lain-lain. Jika Anda menyukai selai manis, Anda dapat membuat sendiri selai buah plum dengan sedikit gula saja. Begitu pula jika Anda sering membawa cemilan manis maka kali ini Anda perlu menggantinya dengan buah plum karena ukurannya kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Setelah membaca 5 pantangan diet buah plum yang penting, tentunya Anda akan lebih yakin dalam melakukan diet. Hal ini juga didukung dengan khasiat lain buah plum yang sangat baik untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan tulang, menyeimbangkan asam dan basa dalam tubuh, menjadi obat flu alami, hingga memelihara jantung yang mirip dengan khasiat diet mediterania untuk jantung. Dengan demikian, Anda akan memeroleh keuntungan berlebih melalui buah yang harganya relatif terjangkau ini. Selamat mencoba diet yang fleksibel ini, ya!

 

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan