6 Cara Mengkonsumsi Buah Plum untuk Diet Sehat Anti Mainstream

cara mengkonsumsi buah plum untuk dietDewasa ini, cara diet alami cepat turunkan berat badan sudah sangat lazim dilakukan oleh kaum perempuan demi menunjang penampilan mereka sehari-hari.

ads

Oleh karena itu bermunculanlah berbagai metode diet yang diyakini bisa menurunkan berat badan Anda dalam kurun waktu tertentu. Bermacam metode tersebut diantaranya adalah diet mayo dan diet keto.

Persamaan diantara berbagai metode cara diet cepat itu adalah tidak diperbolehkannya mengonsumsi makanan dan minuman tertentu selama masa diet. Hal itu tentu saja menyiksa bagi seseorang yang harus tiba-tiba tidak memakan salah satu bahan makanan karena terhambat program diet. Nah, untuk itulah Anda harus mencoba diet dengan mengkonsumsi buah plum untuk mendukung program diet sehat ala Anda.

Buah plum itu sendiri memiliki nama latin Prunus Domestica dan rasa yang cukup asam. Tanaman ini sangat baik untuk dimasukkan dalam menu diet simple dan murah Anda. Mengapa? Kandungan seratnya yang tinggi dan kolesterol rendah dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama serta melancarkan program pembakaran lemak atau kalori dan metabolisme tubuh.

Namun, oleh karena buah ini masih cukup asing bagi sebagian besar kaum perempuan dibanding buah-buah lain yang lebih populer, maka diperlukan beberapa cara khusus untuk mengonsumsinya. Ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana cara mengkonsumsi buah plum untuk diet Anda? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

  1. Konsumsi Langsung

Cara ini adalah salah satu cara paling lazim ketika mengkonsumsi buah-buahan, termasuk juga buah plum. Bentuknya yang kecil serta rasanya yang terkadang ada asam dan manisnya membuat Anda tidak akan bosan ketika mengkonsuminya. Kelebihan konsumsi langsung adalah sangat praktis untuk dilakukan kapanpun, entah itu saat di jalan, sela-sela makan siang kerja, atau bersantai-santai.

Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan peralatan untuk mengolah buah ini. Anda dapat menjadikannya sebagai camilan sehat pengganti gorengan di sela-sela kegiatan sehari-hari. Selain itu, manfaat buah plum untuk diet juga tidak akan hilang dan rusak bila Anda mencoba cara yang satu ini. Proses metabolisme dan pembakaran lemak jahat dalam tubuh Anda pun menjadi berjalan lebih efektif dan optimal.

  1. Jus Plum

Membuat jus adalah salah satu cara paling mudah untuk mengkonsumsi makanan-makanan diet bentuk buah. Mengapa? Selain karena sari pati buah yang bisa dinikmati dalam jumlah yang melimpah, jus juga dapat membantu meringankan kerja usus dan lambung Anda ketika bekerja.

Kandungan serat dalam jus ini juga dapat memberikan rasa kenyang yang mampu bertahan lama sehingga Anda pun tidak tergoda untuk makan terlalu sering. Bentuk jus juga dapat membuat kandungan nutrisi dalam plum tidak hilang sehingga proses metabolisme tubuh Anda pun berjalan lancar. Seperti halnya dengan membuat jus yang lain, membuat jus plum sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat jus buah plum.

  • Siapkan semangkuk buah plum yang masih segar dan sudah matang
  • Cuci buah plum hingga bersih sehingga tidak ada lagi sisa-sisa pestisida di seluruh permukaan kulit plum
  • Potong-potong buah plum menjadi beberapa bagian
  • Tuang buah plum ke dalam blender dan hancurkan

Untuk mendapatkan jus plum yang enak, Anda dapat mencoba cara diet madu sebagai pengganti gula dan pemanis buatan, serta es batu. Es batu dapat membuat jus Anda lebih segar sedangkan madu dapat menyamarkan rasa asam plum yang mungkin tidak Anda suka. Dapat Anda konsumsi di siang hari ketika panas, ataupun sebagai jus untuk diet di malam hari.


  1. Salad Plum

Salad buah plum bisa menjadi salah satu alternatif paling cocok bagi Anda yang suka makanan seperti salad sebagai cara diet dengan buah – buahan. Bagi Anda yang kurang suka salad atau tidak pernah memakan salad, maka sudah saatnya Anda mencoba menu diet yang satu ini. Anda dapat mencampur plum dengan buah-buah untuk diet lain yang membuat Anda lebih berselera misalnya saja buah apel, kiwi, melon, pisang, anggur maupun strawberry.

Satu tips penting bila Anda mencoba menu salad plum adalah hindarilah pengunaan mayonaise. Mengapa demikian? Alasannya oleh karena mayonaise memiliki kadar lemak yang tinggi, sehingga sangat tidak cocok bagi Anda bila dikonsumsi sebagai menu diet rendah lemak. Sebagai pengganti, Anda dapat menggantinya dengan yoghurt yang lebih sehat.

  1. Pasta Plum

Bagi Anda yang sering memasak ataupun makan pasta, maka pastilah tidak asing dengan kata itu. Ya! Selain tomat, Anda juga bisa menggunakan buah plum sebagai bahan baku pembuatan pasta. Kandungan serat dan karbohidrat yang tinggi dalam buah plum dapat membuat rasa lapar Anda tertunda lebih lama.

Oleh karena itulah, menjadikannya sebagai pasta sebagai menu sarapan pagi sehat untuk diet sangatlah cocok dan tentu saja lebih baik dibanding bila Anda mengkonsumsi makanan banyak lemak, dan berat untuk cara diet vegetarian yang sedang Anda lakukan. Bagi Anda yang tidak pernah membuat pasta, jangan khawatir karena proses memasaknya sendiri sangatlah mudah.

  • Siapkan dulu buah plum yang masih segar
  • Cuci buah plum dan potong-potong menjadi beberapa bagian
  • Masukkan buah plum tersebut ke dalam mangkuk tahan panas
  • Tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam mangkuk tersebut
  • Tutup mangkuk dan diamkan plum di dalamnya selama kurang lebih 15 menit
  • Siapkan mangkuk lain dan masukkan kefir, biji rami dan gandum
  • Tuangkan plum yang sudah larut dalam mangkuk sebelumnya ke dalam mangkuk campuran tiga bahan tadi
  • Aduk semuanya hingga menjadi bentuk pasta yang kental
  • Simpan di lemari pendingin Anda agar pasta menjadi awet dan dingin

Menu pasta plum untuk diet sehat pun sudah siap untuk dinikmati. Tidak perlu khawatir akan kebutuhan kandungan gizi dalam plum, karena buah ini mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Kedua kandungan tersebut dapat membantu memberikan energi dan rasa kenyang untuk Anda, dari sarapan hingga waktu makan siang tiba. Bukankah itu sangat berguna bagi Anda yang sedang melakukan program diet, bukan?

  1. Plum Kering

Cara mengkonsumsi buah plum untuk diet yang terakhir adalah mengkonsumsi plum kering. Ya! Berbanding terbalik dengan cara pertama yaitu dengan plum segar, cara yang satu ini memiliki kelebihan bertahan lebih lama.

Anda tidak perlu lagi khawatir stok plum habis, karena Anda sudah menyortir buah plum ini sejak awal dengan cara dikeringkan. Meski kandungan air dalam plum kering tidak akan sebanyak plum segar, namun kandungan nutrisi-nya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda setiap hari. Cara mengeringkannya sangatlah mudah. Berikut penjelasannya.

  • Siapkan semangkuk buah plum yang sudah matang
  • Cuci bersih semua plum
  • Tuang buah plum dalam nampan berukuran sedang atau besar yang bisa menampung semuanya
  • Ratakan dengan tangan semua plum agar setiap plum bisa mendapat cahaya matahari yang cukup
  • Letakkan nampan tepat di bawah terik sinar matahari
  • Jemur selama tiga hingga empat hari sampai benar-benar kering
  • Jikalau sedang musim hujan sehingga tidak memungkinkan untuk mengeringkannya di luar, maka Anda bisa memanggang buah plum tersebut dalam oven
  • Untuk memasak dan menikmati buah plum, Anda tinggal merebus 5 butir plum kering yang sudah jadi dengan 250 cc air bersih
  • Tunggulah rebusan plum tersebut hingga mendidih
  • Angkat dan dinginkan air rebusan hingga siap untuk dikonsumsi

Sebagai informasi tambahan untuk Anda, plum kering dikenal sebagai buah prune yang sangat sering dikonsumsi oleh negara-negara empat musim selama musim dingin. Buah kering ini digunakan sebagai pasokan saat plum segar tidak tersedia. Konon, plum kering memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan plum segar. Oleh karena itu selama proses diet, Anda dapat menggunakannya sebagai pencahar alami yang berguna.

  1. Selai Plum

Selai menurut bangsa Rusia berarti “makanan yang direbus”. Hampir semua orang yang lebih suka sarapan pagi dengan roti dibandingkan nasi mengoleskan selai di atas roti mereka. Buah-buahan yang diolah menjadi selai biasanya harus tetap utuh setelah direbus. Beberapa jenis buah yang paling populer untuk dibuat selai adalah strawberry, chokeberry, raspberry, aprikot, ceri, blackcurrant, apel, bahkan plum.

Nah mengingat bahwa buah plum bisa juga dijadikan selai, maka tidak ada salahnya Anda mencoba membuat selai plum sebagai menu makanan sehat untuk diet Anda yang baru saat sarapan pagi. Oleh karena sangat jarang ditemukan selai plum yang dijual secara komersial di pasaran, maka membuat selai plum sendiri pun menjadi wajib untuk dilakukan untuk program diet lebih sehat dan aman. Tidak perlu khawatir gagal, karena membuat selai plum sangatlah mudah. Penasaran bagaimana caranya? Simak baik-baik langkah-langkah di bawah ini.


  • Siapkan takaran gula dan buah plum dengan perbandingan yang sama yakni 1:1
  • Cuci buah plum dengan air panas
  • Masukkan buah ke dalam panci stainless steel
  • Tambahkan gula yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam panci tersebut
  • Aduk dan didihkan kedua campuran tersebut
  • Diinginkan campuran plum dan air panas pada suhu ruang
  • Setelah dingin didihkan kembali kedua campuran tersebut hingga tiga kali sampai buah plum dalam panci bertekstur lembut dan berubah kecokelatan
  • Terakhir, Anda dapat mendinginkan campuran plum + gula yang sudah menjadi selai tersebut
  • Selai plum-pun siap untuk dinikmati

Untuk tambahan rasa, Anda dapat menambahkan lemon dan kayu manis serta rempah-rempah yang Anda suka agar saat mengkonsumsi selai pun menjadi lebih berselera.

Demikianlah enam cara mengkonsumi buah plum untuk diet yang dapat Anda coba demi diet lebih sehat, enak dan anti mainstream.  Mengingat rasa buah yang khas karena ada manis dan juga juicy, dijamin buah plum akan menjadi menu diet favorit Anda dimulai dari sekarang.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!