Ketahui 7 Pantangan Diet Hipertensi Ini dan Wajib Dihindari

Pantangan Diet HipertensiPantangan diet hipertensi atau makanan yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi wajib diperhatikan karena sangat banyak ditemukan dan mudah diakses.

ads

Definisi Hipertensi atau darah tinggi merupakan kondisi peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang.

Sangat penting untuk memperhatikan  pantangan diet golongan darah O, B, AB atau B yang mengalami darah tinggi untuk mencegah kondisi tubuh menjadi lebih buruk. Berikut makanan dan minuman yang wajib dihindari.

  1. Kafein

Kafein biasanya terkandung dalam kopi, teh dan soda. Minuman yang mengandung kafein mampu menaikkan tekanan darah serta mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan saat diet darah tinggi. Apabila Anda benar-benar menginginkannya atau membutuhkannya, pastikan terlebih dulu kepada dokter Anda untuk batas jumlah kafein yang boleh Anda konsumsi seperti  makanan rendah kalori dan tinggi protein.

  1. Makanan kemasan

Makanan kemasan atau dalam bentuk frozen tentunya mengandung bahan pengawet untuk menjaga keadaannya agar bisa di konsumsi dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, dalam makanan kemasan tentunya ditambahkan garam lebih banyak daripada makanan siap santap.

Sehingga kandungan garam berlebih akan berbahaya bagi penderita hipertensi. Sebaiknya Anda mengimbangi konsumsi makanan kemasan dengan menjalani diet mediterania untuk jantung.

  1. Makanan asam

Makanan asam seperti acar, manisan dan sebagainya menjadi salah satu pantangan diet hipertensi juga. Kandungan garam berlebih dapat menaikkan tekanan darah. Terlalu banyak makan asam sering menjadi efek bahaya diet ekstrim. Hal tersebut akan sangat berbahaya bagi penderita hipertensi. Anda bisa mengganti menu makanan tersebut dengan menu sehat lainnya seperti sayur-sayuran.

  1. Makanan berlemak jenuh

Makanan berlemak jenuh seperti jeroan, kulit ayam, keju dan sebagainya sangat tidak disarankan untuk  menu sarapan pagi sehat untuk diet hipertensi. Selain itu pengolahan jenis makanan tersebut juga harus diperhatikan. Hal tersebut menyebabkan efek samping yang lebih parah apabila disajikan dengan jenis makanan lainnya yang menjadi pantangan diet hipertensi.

  1. Makanan manis

Makanan yang mengandung gula seperti kue, permen dan sebagainya harus dihindari bagi penderita hipertensi. Apabila Anda ingin mengonsumsi makanan manis, pastikan Anda mengkonsumsi makanan rendah kalori yang menyenangkan. Karena sudah ada beberapa produk pemanis rendah kalori yang aman dikonsumsi untuk penderita hipertensi yang beredar di pasaran.


  1. Mi instan

Mi instan merupakan makanan yang sangat praktis untuk dikonsumsi. Sayangnya makanan ini tidak bisa dikonsumsi begitu saja oleh penderita hipertensi apalagi makan setelah olahraga akan membuat gemuk. Mi instan menganduk lemak dan kalori yang mampu meningkatkan tekanan darah. Jadi jangan coba-coba mengonsumsi mi instan dalam jumlah berlebih terutama bagi penderita hipertensi.

  1. Alkohol

Makanan atau minuman yang mengandung alkohol dalam jumlah berlebih tidak hanya beresiko meningkatkan tekanan darah namun bisa juga merusak dinding pembuluh darah. Pastikan anda benar-benar memperhatikan kandungan makanan yang Anda konsumsi agar terhindar dari risiko penyebab tidak bisa gemuk .

Pantangan diet hipertensi memang cukup rumit. Namun demi hidup sehat tidak ada salahnya anda memperhatikan apa saja yang menjadi pantangan makanan dan minuman saat diet. Itulah jenis-jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi. Semangat menjalani hidup sehat dan hindari jenis-jenis makanan yang menjadi pantangan diet hipertensi.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Pantangan