10 Pantangan Makanan Diet Karbo yang Harus di Patuhi

Pantangan Makanan Diet KarboApakah Anda sedang atau akan menjalani diet karbo? Jika iya, maka Anda perlu mengetahui beragam aspek yang dapat menghambat kesuksesan diet, salah satunya adalah pantangan makanan diet karbo. Hal ini menjadi penting karena beragam makanan yang seharusnya dihindari tersebut justru mudah dijumpai. Yuk, kenali beragam makanan tersebut!

ads

 1. Roti

 Roti yang terbuat dari gandum merupakan sumber karbohidrat tertinggi yang rasanya enak dan mudah diolah maupun dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Sayangnya, roti dapat menjadi salah satu penyebab kegagalan diet karbo. Umumnya, satu lembar roti tawar putih mengandung 31 gram karbohidrat sehingga hampir sama dengan nasi.

Sementara roti sejenis roti bagel (mirip donat) dan muffin yang biasa mengandung beri juga kaya karbohidrat (40-70 gram) berasal dari tepung dan ragi  dimana meskipun dibuat dengan memanggang, bukan digoreng tetap mampu menggagalkan diet.

2. Minuman Manis

Selain menjadi pemicu obesitas dan diabetes, rupanya minuman manis seperti jus buah, gula merah, sirup, yoghurt rasa, dan minuman pabrikan juga dapat menghambat diet karbohidrat. Hal ini karena kandungan pemanis buatan berkadar tinggi sehingga cepat berubah menjadi gula darah.

Dengan mengurangi konsumsi minuman buatan pabrik, Anda telah menerapkan cara diet karbohidrat yang efektif karena kebanyakan produk seperti yoghurt rasa umumnya mengandung sekitar 45 gram karbohidrat.

3. Kentang

Dikenal sebagai pengganti sarapan berkarbohidrat tinggi, faktanya kentang juga menjadi salah satu pantangan untuk diet karbohidrat. Terlebih lagi, banyak masyarakat yang menyukai kentang maupun olahannya terutama keripik kentang yang mengandung 15 gram karbohidrat dalam 15 keripik.

. Jika Anda mudah tergiur oleh kentang maupun cepat menghabiskan banyak snack kentang ketika mengemil, maka tidak ada salahnya untuk diet sambil berpuasa. Hal ini dapat dilakukan jika melakukan tips diet ketika puasa sehingga tidak sempat mengemil snack kentang ketika waktu luang (siang/sore hari).

4. Junk Food

Beragam jenis junk food seperti kentang goreng, roti untuk hot dog dan burger, dan lain-lain sangat berisiko bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Selain mengandung tepung terigu, makanan cepat saji juga kaya lemak jahat dan kolesterol yang berasal dari minyak dimana terus menumpuk di bawah kulit sehingga tidak membantu menurunkan berat badan karena sulit dihancurkan untuk dirubah menjadi energi.

5. Pasta

Pasta baik pasta putih maupun pasta gandum merupakan salah satu pantangan makanan diet karbo karena mengandung karbohidrat tinggi yaitu sekitar 37 hingga 45 gram setiap cangkir. Perlu diketahui bahwa pasta sendiri terbuat dari tepung terigu, telur, dan minyak sehingga umum dijadikan makanan pokok. Hal inilah yang mendasari adanya karbohidrat dalam pasta sehingga harus dijauhi meskipun rasanya lezat dan mengenyangkan.


6. Sereal dan Nasi Putih

Pada nasi putih, terkandung karbohidrat tinggi (36 gram tiap cangkir) sehingga perlu dihindari untuk diet karbo. Tidak berbeda jauh dengan nasi putih, sereal yang banyak dijual di pasaran mengandung kadar gula serta karbohidrat berkisar 22 gram dalam tiga per empat cangkir ditambah dengan gula dari pemanis rasa coklat atau lainnya.

Namun sereal tetap boleh dikonsumsi untuk jenis diet lain seperti umum dimasukkan dalam menu diet setelah melahirkan untuk memulihkan energi melalui sarapan.

7. Makanan Berlemak Tidak Sehat

Makanan atau jajanan berlemak tidak sehat seperti kue beras, keju, bacon, krim, mentega, sosis, dan lain-lain akan menyulitkan pengurangan berat badan meskipun tidak mengonsumsi makanan kaya karbohidrat. Hal ini karena adanya lemak jenuh atau lemak tidak sehat tetap menumpuk dalam tubuh terlalu banyak sehingga dapat meningkatkan potensi serangan jantung.

Lemak jenis ini akan sedikit ditemukan pada buah tertentu, misalnya buah plum. Maka pentingnya manfaat buah plum untuk diet perlu diketahui daripada mengonsumsi makanan berlemak jenuh tinggi.

8. Protein Hewani

Aneka protein hewani yang harus dihindari oleh pelaku diet karbo ialah daging berlemak atau lemak daging merah, susu kental manis, jeroan, dan daging yang diolah melalui santan dan digoreng. Bahkan, semua sayuran yang dimasak dengan santan sebagai penyebab lemak meningkat juga harus dihindari oleh pelaku diet karbo.


Maka cara memasak yang dapat dipilih adalah dikukus atau cara lain yang tidak menggunakan santan. Belakangan ini, resep menu buka puasa untuk diet seperti kolak tanpa santan dan sup ayam jagung dapat diterapkan dengan mudah tetapi sehat untuk diet.

9. Snack Bar dan Biskuit

Sering dianggap sebagai makanan untuk diet, rupanya snack bar atau bar berenergi mengandung banyak taburan gula serta karbohidrat yang mencapai 45 gram. Banyak orang juga salah memandang snack bar yang memiliki manfaat makanan sehat untuk diet. Maka sebelum membeli Anda perlu memeriksa kandungan karbohidrat pada kemasan supaya tidak melakukan pantangan diet karbo secara tidak sengaja.

10. Tortilla Wraps / Kulit Kebab

Dalam tortilla atau kebab umumnya megandung 35 gram karbohidrat yang disebabkan oleh kulit atau pembungkus dari tepung dan terhidrogenasi oleh minyak selama memasak. Sebagai pengganti, Anda dapat memilih menu diet simpel dan murah seperti kulit dari omelet.

10 pantangan makanan diet karbo di atas dapat dikenali dan dijauhi untuk mencegah gagalnya diet Anda. Hal ini menjadi penting supaya diet yang membutuhkan waktu dan usaha seperti olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan akan menghasilkan perubahan berat badan sesuai harapan. Selamat menjalani diet karbo secara sehat dan aman, ya!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan