15 Cara Mempertahankan Berat Badan Agar Tidak Turun Saat Berpuasa

cara mempertahankan berat badan agar tidak turunBagi orang yang sudah kurus tentu saja pada saat berpuasa ramadhan hal yang paling ditakutkan adalah turunnya berat badan. Pasalnya, pada saat berpuasa di bulan ramadhan, tidak makan dan minum dari pagi hingga petang, jadi sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi jika terjadi penurunan berat badan.

ads

Namun pada orang yang kurus ini justru berbeda dengan orang yang ingin cara diet cepat dan cara diet ampuh, karena mereka pada saat berpuasa justru ingin agar berat badan tetap atau justru malah naik.

Penurunan berat badan memang wajar pada saat berpuasa ramadhan, karena jumlah kalori yang masuk berkurang, yang akibatnya aktifitas lebih besar dari kalori yang Anda konsumsi. Namun jangan menyerah dulu, disini akan saya bagikan beberapa tips, cara mempertahankan berat badan agar tidak turun saat berpuasa :

      1. Makan sahur harus tercukupi

Bagi Anda yang sudah mempunyai badan yang kurus, dianjurkan untuk selalu makan sahur dan mencukupi kebutuhan nutrisi saat sahur seperti pada orang diet yang mencukupi nutrisi yang dibutuhkan saat diet. Usahakan pula untuk menambahnya dengan 1 telur rebus dan juga segelas susu full cream. Jadi jangan samakan Anda dengan yang sedang melakukan program diet untuk obesitas dan juga cara diet alami.

      2. Mengatur asupan kalori

Yang kedua, cara mempertahankan berat badan agar tidak turun saat berpuasa, yaitu mengatur asupan kalori harian Anda. Bagi Anda yang sedang melakukan diet rendah lemak dan kalori dan juga cara diet yang baik, mungkin pada saat puasa inilah saatnya.

Namun, berbeda dengan Anda yang tidak ingin agar berat badan turun, Anda tetap harus memperhatikan asupan kalori Anda meskipun sedang berpuasa. Bagi waktu pada saat Anda sahur, berbuka dan juga pada saat makan malam, agar kebutuhan kalori harian Anda tidak kurang, malah kalau bisa lebih lebih baik.

      3. Memperbanyak makanan bergizi yang tinggi kalori

Karena Anda hanya memiliki dua waktu makan, yaitu pada saat Anda sahur dan juga malam setelah berbuka, maka cobalah untuk memilih menu makanan yang bergizi dan juga tinggi kalorinya. Seperti contohnya saja yang terdapat pada makanan berikut, kurma, susu full cream, es krim, kacang – kacangan, alpukat, serta smoothies. Tidak hanya berkalori tinggi namun juga bergizi.

      4. Tetap olahraga rutin

Dengan tetap melakukan olahraga saat berpuasa, membuat otot – otot Anda tidak mengalami penyusutan dan juga Anda bisa lebih meningkatkan nasu makan Anda jika tetap melakukan rutin olahraga.

      5. Cukup tidur

Tidur atau istirahat yang cukup juga merupakan point yang sangat penting bagi Anda yang tidak ingin berat badan Anda turun saat berpuasa. Dengan tidur Anda yang tidak cukup, justru akan membuat energi dan kalori Anda terbuang percuma, yang seharusnya dapat menjadi tambahan lemak di tubuh Anda. 


      6. Pola makan sehat

Menerapkan konsumsi makanan yang sehat juga akan membuat berat badan Anda tidak turun. Sama seperti yang sedang melakukan diet yang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk diet, Anda pun yang ingin agar berat badan Anda tidak turun atau bahkan naik pun, Anda harus mengkonsumsi makanan – makanan sehat. Seperti memperbanyak ikan – ikanan, sayuran, buah – buahan dan juga kacang – kacangan.

      7. Menghindari stres

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pada orang yang stres lebih rentan mengalami penurunan berat badan. Karena dengan stres memakan seluruh energi yang ada dalam tubuh Anda, sehingga terbuang percuma karena pikiran Anda sendiri. Cobalah untuk menjalani hidup ini dengan lebih rileks. Namun hal ini berlaku pula pada Anda yang sedang melakukan cara mengurangi berat badan dengan cepat.

      8. Hindari langsung makan berat saat berbuka

Pada saat berbuka cobalah untuk mengkonsumsi makanan – makanan ringan terlebih dahulu, seperti sup buah, kurma, berbagai kue kecil atau yang lainnya. Karena jika Anda langsung makan banyak saat berbuka, nanti setelah malam Anda menjadi ngantuk dan akhirnya tidak bisa menambah makan lagi.

Padahal makan setelah shalat taraweh bagi yang ingin gemuk adalah disarankan. Berbeda pada orang yang ingin cara diet yang benar dan cara diet aman, malah justru lebih diutamakan untuk mengkonsumsi buah – buahan saja setelah taraweh.


      9. Utamakan konsumsi lemak sehat

Bagi Anda yang tidak ingin berat badan Anda turun saat berpuasa, tentunya Anda selain meningkatkan konsumsi kalori Anda, Anda juga diharuskan untuk meningkatkan konsumsi lemak, namun perlu diingat lemak disini lemak sehat tentunya. Contoh lemak sehat banyak terdapat pada, daging ayam tanpa kulit, minyak zaitun, alpukat, kacang – kacangan.

10. Terapkan pola hidup sehat

Jangan lupa untuk tetap menerapkan pola hidup sehat, dengan berolahraga secara teratur, menghindari stres, merokok, alkohol dan juga tidur yang cukup. Dengan tetap konsisten menjaga pola hidup sehat tersebut tentunya dapat menunjang program Anda supaya berat badan tidak turun.

     11. Menjaga agar nafsu makan tetap baik

     12. Kurangi aktifitas fisik

     13. Tingkatkan porsi makan Anda

     14. Memperbanyak sayur

     15. Hindari merokok, alkohol dan kecapean

Itulah tadi cara mempertahankan berat badan agar tidak turun saat berpuasa. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!