10 Cara Diet Setelah Melahirkan Caesar Demi Perut Langsing Bebas Lemak

cara diet setelah melahirkan caesarBagi Anda yang melahirkan karena operasi Caesar, pastilah setuju bahwa periode pasca operasi Caesar merupakan saat-saat paling menyakitkan baik itu dikarenakan oleh kelelahan fisik maupun mental. Tambahan lagi umumnya proses persalinan Caesar dapat meningkatkan resiko kenaikan berat badan.

ads

Oleh karena itulah pemulihan pasca operasi wajib untuk dilakukan yang sangat baik manfaatnya baik bagi diri sendiri maupun bayi Anda yang sedang menyusui.

Salah satu cara pemulihan tersebut adalah dengan mencoba cara diet setelah melahirkan Caesar. Eits… tapi tidak usah khawatir, karena diet wanita yang baru saja operasi tidak sama dengan yang pada umumnya lho! Jadi, Anda tidak perlu takut bila diet ini akan menyebabkan kebutuhan nutrisi tubuh Anda tidak terpenuhi atau bayi Anda yang menyusui tidak mendapatkan nutrisi. So, apa saja cara – cara diet cepat kurus orang yang melahirkan Caesar itu? Berikut penjelasannya!

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Tetap Menyusui

Air putih wajib dikonsumsi sesering mungkin bagi Anda yang sedang dalam masa pemulihan pasca operasi Caesar, atau sedang dalam program diet untuk diabetes. Air putih dapat membersihkan semua organ tubuh Anda, membuang racun-racun yang sudah terlanjur masuk dari makanan yang sudah dikonsumsi, serta mendetoksifikasi tubuh Anda setiap harinya.

Mengkonsumsi air putih akan dapat memenuhi cairan yang hilang pasca melahirkan sehingga tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, air putih juga dapat mencairkan natrium di dalam tubuh sehingga bisa keluar melalui sistem pencernaan. Sebagai informasi, air putih yang banyak sangat dibutuhkan untuk Anda yang sedang menyusui bayi.

Believe or not, kegiatan menyusui setelah melahirkan Caesar secara eksklusif dapat membantu menurunkan berat badan Anda, lho. Menyusui terus menerus selama enam bulan pertama saja dapat membantu mengurangi lemak yang ada di perut Anda.

  1. Makanan Kaya Nutrisi

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih makanan sehat untuk diet Anda yang baru saja melewati proses operasi Caesar. Apa saja itu?

  • Makanan yang mudah untuk dicerna

Habis melakukan operasi, maka makanan yang sangat dianjurkan adalah makanan yang mudah dicerna agar tidak menimbulkan ketegangan perut pasca operasi. Apa saja? Makanan-makanan tersebut adalah sup hangat, kaldu, keju cottage dan yoghurt. Yoghurt disini berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan bakteri dalam tubuh Anda setelah operasi Caesar.

  • Makanan kaya serat

Konsumsilah makanan-makanan berserat yakni yang tidak menyebabkan sembelit atau susah buang air besar seperti primrose dan biji rami. Asam lemak dari primrose serta minyak dari biji rami sendiri memberikan kelegaan perut Anda dari sembelit. Selain itu, Anda juga dapat mencoba oat yang merupakan sumber karbohidrat, protein, zat besi, kalsium dan serat yang tinggi.


  1. Hindari Gorengan dan Minuman Berkarbonasi

Dalam keadaan normal, konsumsi minuman berkarbonasi juga tidak boleh dilakukan setiap hari, apalagi bila Anda baru saja melakukan operasi Caesar. Keadaan normal saja tidak diperbolehkan, apalagi bila baru saja operasi, bukan? Nah, kalau begitu Anda tidak boleh meminum minuman-minuman seperti Coca cola, Sprite atau Fanta.

Tak hanya itu, Anda juga dilarang mengkonsumsi gorengan pasca operasi. Mengapa? Hal itu disebabkan oleh karena makanan yang digoreng dapat menghasilkan gas. Ibu baru akan menumpuk kelebihan gas setelah melahirkan, sehingga Anda benar-benar harus berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang menyebabkan gas dan konstipasi. Bahaya gorengan untuk diet ini memang sangat perlu diperhatikan untuk Anda pasca operasi.

  1. Cobalah Berlatih Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga yang mulai banyak diminati oleh masyarakat terutama kaum perempuan sekarang ini. Hal itu disebabkan karena yoga termasuk dalam gerakan senam untuk menurunkan berat badan dan melangsingkan perut pasca melahirkan. Selain itu, olahraga ini termasuk olahraga ringan yang tidak memerlukan banyak gerakan.

Beberapa gerakan yoga yang bisa Anda coba adalah Dhanurasana (Bow Pose), Quarter Dog Pose, Ardha Matsyendrasana (Half Spinal Twist Pose) atau juga Naukasana (Boat Pose). Bagi Anda yang belum pernah mencoba yoga, bisa berlatih bersama guru atau pelatih yoga professional terlebih dahulu. Hal itu untuk mencegah terjadinya cedera atau kesalahan selama yoga.

  1. Senam Kegel

Salah satu cara diet setelah melahirkan Caesar agar lingkar perut menjadi mengecil adalah melakukan senam kegel. Mungkin Anda baru mendengarnya, atau bisa saja beberapa diantara kawan Anda sudah ada yang mempraktikkannya. Ya! Senam Kegel adalah olahraga yang bisa dilakukan pada masa proses kehamilan dan bisa dilanjutkan pasca kelahiran.

Dengan kata lain, senam kegel adalah latihan senam lantai kewanitaan dan merupakan suatu latihan otot yang dipusatkan pada bagian dasar panggul sehingga banyak organ atau bagian tubuh yang akan kencang bila rutin melakukannya.

Manfaat dari Senam Kegel sendiri adalah untuk menguatkan otot-otot Anda pasca operasi terutama otot-otot kewanitaan. Caranya, Anda bisa berlatih menarik otot kewanitaan Anda dengan menegangnya selama kurang lebih 30 detik serta melepaskannya lagi. Latihan penarikan otot ini dapat dilakukan dalam kurun waktu tertentu setiap harinya. Beberapa bagian tubuh atau organ tersebut diantaranya adalah kandung kemih, uretra, dubur, dan rahim.

  1. Rutin Konsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan antioksidan seperti buah-buahan dan sayur – sayuran untuk diet sangat penting dilakukan pasca operasi Caesar. Hal itu dilakukan agar konstipasi atau penambahan gas dari bahan makanan bisa dihindari. Beberapa contoh buah-buahan yang mengandung antioksidan dan serat tinggi adalah blueberry dan buah jeruk.

Buah untuk diet ini sangat cocok dan baik dikonsumsi untuk ibu yang sedang menyusui. Sementara itu, sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi seperti bayam, brokoli, kacang, labu runcing, daun fenugreek dan labu bulat India. Sayur-sayuran ini merupakan sumber zat besi, kalsium, hingga vitamin A dan C serta antioksidan.

Daun fenugreek sendiri juga bisa dijadikan teh pencegah nyeri punggung dan sendi serta merupakan sumber zat besi, kalsium, mineral dan vitamin. Kesimpulannya, mengkonsumsi buah dan sayur yang berserat tinggi dan memiliki khasiat antioksidan dapat menyehatkan jantung serta merendahkan kalori Anda.

  1. Jangan Lupa Konsumsi Makanan Kaya Protein

Sebagaimana diketahui protein sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan jaringan sel baru dan perbaikan jaringan, serta mempertahankan kekuatan otot Anda sebagai bagian dari proses penyembuhan pasca operasi Caesar. Beberapa contoh makanan kaya protein yang umum dan mudah untuk Anda temui adalah ikan, susu rendah lemak seperti yoghurt rendah lemak, susu skim dan keju, telur, ayam, daging, serta kacang-kacangan dan seluruh biji-bijian/ beberapa kacang merah dan kacang hitam banyak mengandung zat besi yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Jangan lupa juga makanan sumber protein nabati seperti jamur, wortel, dan kurma merah bisa menjadi solusi cara diet yang benar. Anda juga dapat mencoba mengkonsumsi beras merah, roti gandum, pasta cokelat dan gandum sebagai salah satu cara diet setelah melahirkan Caesar yang sangat berguna untuk meningkatkan energi, memberi nutrisi dan vitamin serta memasok susu bergizi bagi bayi mungil Anda. Sebagai informasi, jumlah porsi yang harus Anda konsumsi adalah tiga porsi buah dan dua buah porsi sayuran setiap harinya.

  1. Olahraga Air

Olahraga air seperti berenang dan aerobic air adalah salah satu jenis olahraga yang dianjurkan aman dilakukan oleh para Ibu pasca persalinan Caesar. Bila proses diet biasa dianjurkan untuk melakukan olahraga, maka pasca melahirkan Anda juga bisa berolahraga namun olahraga air. Mengapa harus olahraga air? Alasannya adalah karena olahraga air sangat ramah terhadap otot dan sendi.

Otot-otot yang semula kendor akan kembali kencang dan kuat sehingga bobot tubuh pun menjadi turun. Manfaat lain bila rutin melakukan olahraga air adalah meningkatkan ketahanan tubuh Anda sehingga penyakit kardiovaskuler pun dapat dicegah.

  1. Atur Porsi Makan

Umumnya kegemukan diakibatkan oleh salahnya pola makan yang diyakini setiap orang. Ditambah lagi dengan pasca melahirkan, banyak wanita menganggap makan banyak dan sering adalah sehat. Hal itu tentu saja tidak benar, karena obesitas bisa membahayakan tubuh Anda. Metode paling tepat adalah makan dengan porsi sedikit namun sering.


Cara ini merupakan jenis diet yang efektif bagi Anda yang sedang dalam masa diet setelah melahirkan karena akan mencegah tubuh Anda menjadi lebih gemuk, lemak tidak tertimbun dan tidak mengundang penyakit oleh karena makanan yang tidak terkontrol. Meski sedikit dan sering pun, makanan yang dipilih haruslah makanan sehat bernutrisi agar bayi Anda menyusui dengan nyaman karena nutrisinya tercukupi.

  1. Latihan Otot Perut

Latihan otot perut dapat dilakukan bagi Anda yang baru saja pulih pasca kelahiran. Latihan ini sangat mudah untuk dilakukan. Pertama-tama, Anda harus mulai dengan posisi berbaring kemudian berdiri dan duduk. Tekuklah perut hingga ke bagian perut dalam. Proses yang terjadi ketika tarikan seperti ini adalah memanfaatkan proses kontraksi otot perut dan menahannya selama beberapa menit.

Imbangi latihan ini dengan makan makanan diet rendah kalori dan sehat, serta pola hidup yang baik. Catatan khusus untuk latihan otot perut adalah bahwa Anda hanya boleh melakukan latihan ini ketika Anda sudah benar-benar pulih pasca melahirkan Caesar. Jangan paksakan diri Anda bila perut Anda masih terlalu sakit sehabis operasi.

Demikianlah kesepuluh cara diet setelah melahirkan Caesar demi perut langsing Anda yang bebas lemak. Bagi Anda yang sedang mengalami pasca kelahiran seperti ini, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan cara-cara diet seperti ini. Namun ingatlah untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu bila Anda ingin melakukan program diet seperti ini.

Ingatlah bahwa diet bukanlah berarti Anda tidak makan sama sekali karena itu akan berdampak pada tubuh Anda pasca operasi begitu juga bayi Anda yang sedang membutuhkan nutrisi dari menyusui. Lebih dari itu, diet berarti mengatur pola hidup dan pola makan Anda agar lebih teratur, sehat dan aman sehingga kebutuhan nutrisi Anda pun terpenuhi dengan lengkap tanpa berlebihan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips