6 Cara Membuat Bubur Kentang untuk Diet Lebih Mudah

Bubur Kentang untuk DietSalah satu menu paling baik, lengkap serta cara diet aman yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda saat diet adalah bubur kentang. Menu ini memiliki manfaat diet yang sangat bagus bagi kesehatan. Sebagaimana diketahui, kentang adalah salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi putih.

ads

Kentang memiliki khasiat yang sangat tepat bagi tubuh, diantaranya adalah kandungan gulanya yang lebih rendah dibandingkan nasi putih.

Oleh karena itu, bila Anda ingin melakukan diet yang baik dan sehat, maka jangan ragu untuk memilih bubur kentang sebagai salah satu menu andalan Anda. Berikut akan disajikan beberapa cara membuat bubur kentang untuk diet lebih sehat dan alami yang baik.

      1. Bubur Kentang Sederhana

Resep diet yang satu ini tergolong resep bubur kentang paling sederhana. Pertama, Anda perlu untuk mencuci dan mengupas kentang yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian potong kentang-kentang tersebut dalam ukuran lebih kecil.

Masukkan ke dalam oven dan panggang hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan. Setelah matang, angkatlah dan masukkan ke dalam wadah. Hancurkan dengan sendok atau garpu sampai halus. Anda dapat mengkonsumsi kentang ini tanpa tambahan bumbu. Namun jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi air putih secukupnya.

      2. Bubur Kentang Minyak Zaitun

Cara memasak kentang untuk diet yang kedua adalah dengan memanggang empat atau enam buah kentang berukuran sedang. Sebelumnya Anda harus memotong kentang-kentang tersebut dalam beberapa bagian terlebih dahulu. Setelah dipanggang, tempatkan dalam wadah dan hancurkan kentang dengan menggunakan garpu.

Tambahkan sedikit minyak zaitun dan garam. Campurkan semua bahan sampai homogen, barulah bisa dikonsumsi. Pola makan diet ini dapat dilakukan satu minggu sekali.

      3. Bubur Kentang Jahe

Memasak kentang untuk diet yang ketiga bisa dilakukan dengan cara merebus kentang terlebih dahulu. Ambillah dua atau tiga buah kentang kemudian rebus. Selanjutnya hancurkan menggunakan sendok makan, kemudian masukkan ke dalam loyang. Tambahkan jahe dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Terakhir baru kentang dipanggang. Kegunaan jahe dan bawang putih dalam resep ini adalah untuk membantu kentang mengurangi lemak dalam tubuh Anda.

      4. Bubur Kentang Wortel

Pertama-tama potong kentang dan wortel sesukanya, karena nanti akan dihancurkan juga jadi bentuk tidak masalah. Rebus kedua bahan tersebut hingga agak lembek. Kemudian geprek bawang putih dan masukkan ke panci. Keluarkan kentang dan wortel lalu hancurkan dengan garpu atau pisau. Masukkan ke dalam panci. Aduk-aduk hingga homogen. Tambahkan air secukupnya sesuai dengan kelembutan bubur yang Anda inginkan. Tambahkan merica dan garam bila kurang asin. Jadilah bubur kentang yang nikmat untuk diet.

      5. Bubur Kentang Sawi

Bagi Anda yang ingin menambahkan sayuran hijau, maka resep cara membuat bubur kentang untuk diet yang satu ini sepertinya layak untuk dicoba. Pertama, sediakan kentang berukuran sedang sesuai dengan berapa kentang yang ingin Anda makan. Misalnya dua atau tiga kentang. Potong kentang dalam ukuran kecil-kecil, kemudian panaskan dalam air mendidih. Tunggu sampai kentang setengah empuk, baru masukkan potongan sawi serta bawang putih.

Sekarang masak kentang hingga benar-benar empuk. Matikan api kompor dan masukkan seledri. Aduk rata semuanya kemudian saring semuanya kecuali air rebusan dengan saringan. Hancurkan kentang dan juga bawang putih dalam wadah serta aduk bersama dengan bahan-bahan lain. Bubur siap untuk dihidang dan disantap.


      6. Bubur Kentang Bayam Toping Scramble Egg

Resep yang satu ini agak lebih kompleks dibanding yang sebelumnya, namun sebenarnya sangatlah mudah untuk dibuat. Pertama siapkan bayam yang akan dikonsumsi. Cuci dan potong-potong menjadi kecil. Lalu kupas dan cuci kentang, lalu rebus keduanya secara bersamaan hingga matang. Tumbuk atau haluskan kentang yang telah direbus hingga halus. Iris bawang merah dengan bentuk yang tipis-tipis dan cincang bawang putih hingga halus.

Panaskan sedikit air, kurang lebih ¾ gelas. Kemudian masukkan bawang merah dan putih serta kentang yang telah dihaluskan. Aduk campuran hingga merata dan air menyusut. Tambahkan garam bila ingin agak asin. Aduk-aduk adonan bubur kentang hingga mengental.

Sementara itu, untuk cara membuat scramble egg-nya sendiri sangatlah mudah. Anda tinggal mengocok telur bersama sedikit garam dalam sebuah wadah. Panaskan sedikit saja margarin di wajan, lalu masukkan kocokan telur. Orak-arik telur hingga matang lalu angkat. Sekarang Anda dapat menyajikan bubur dengan toping scramble egg.

Menu-menu bubur kentang di atas sangat bermanfaat bagi program dan cara diet alami untuk menurunkan berat badan. Hal itu disebabkan oleh kandungan vitamin, protein, mineral serta berbagai nutrisi lain dalam kentang.

Anda dapat menambahkan bahan tambahan lain seperti sayur-sayuran dan rempah-rempah sehingga dapat menjadi menu diet food combining yang cocok untuk menurunkan berat badan Anda. Beberapa manfaat kentang sebagai bahan utama dalam bubur kentang yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut.

      1. Menahan Lapar

Kentang memiliki nutrisi yang dibutuhkan saat diet yakni karbohidrat yang tinggi. Oleh karena itu, memasukkan kentang dalam menu diet akan membuat Anda  dapat menahan rasa lapar lebih lama. Cara mengolah kentang yang tepat untuk diet adalah dengan dipanggang bukan digoreng. Hal tersebut dilakukan agar kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi.

      2. Mengandung Kalori yang Tinggi

Kentang memiliki kalori yang tinggi sehingga sari patinya akan memenuhi perut Anda. Rasa lapar pun tertahan. Anda pun tidak akan berkeinginan untuk memakan makanan lain lagi.

      3. Kaya Serat

Kentang adalah salah satu tumbuhan yang terkenal dengan seratnya yang tinggi dan bisa menjadi tips diet tanpa makan nasi yang ampuh. Oleh karena seratnya tersebut maka hal itu akan memudahkan proses pencernaan dalam tubuh Anda. Pencernaan yang lancar dapat membuat perut Anda tidak buncit lagi dan berat badan pun semakin lama semakin menurun. Selain itu, dalam sistem pencernaan serat dapat berfungsi sebagai pengganjal perut agar membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Tak hanya itu, serat juga berfungsi untuk mencegah sembelit.

      4. Memberi Energi

Kentang mengandung vitamin B6 yang bertanggung jawab dalam memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Hasil pemecahan ini membuat kentang dapat menjadi bahan bakar energi bagi tubuh Anda.

Oleh karena itu, dibanding mengkonsumsi sayuran biasa, kentang membuat Anda lebih berenergi. Energi tersebut tentu dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dari hanya berjalan santai hingga berolahraga seperti bersepeda.

      5. Menyerap Lemak

Bagi yang mencoba menu diet kentang panggang dan bubur kentang misalnya, maka kentang yang masuk ke dalam tubuh ini dapat membantu menyerap lemak Anda. Selain itu, kentang juga dapat mengeluarkan lemak-lemak tersebut lewat proses buang air besar (BAB).

      6. Kaya Air

Kentang termasuk ke dalam makanan yang banyak mengandung air. Oleh karena itu kebutuhan akan kentang sangat cocok bagi Anda yang sedang dalam program diet. Selain membantu mengusir rasa lapar, kandungan air yang tinggi juga efektif membantu menurunkan berat badan.

      7. Kaya Vitamin

Kentang terkenal akan vitamin B6 dan vitamin C-nya sehingga membuat Anda selalu merasa segar dan fit saat diet. Seperti diketahui bahwa selama masa diet, tak hanya karbohidrat tubuh pun memerlukan vitamin agar dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Demikianlah keenam cara membuat bubur kentang untuk diet yang mudah sekaligus sebagai menu makanan sehat untuk diet lebih nikmat. Bagi Anda yang sedang pusing mencari menu sarapan pagi sehat untuk diet yang cocok misalnya, cobalah resep bubur kentang yang mudah dan murah meriah untuk diet rendah lemak dan diet tinggi protein. Dijamin diet Anda pun menjadi lebih variatif dan proses penurunan badan pun lebih maksimal.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Panduan