8 Tips Diet Tanpa Makan Nasi yang Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Tips Diet Tanpa Makan Nasi harus benar anda perhatikan agar diet anda berhasil dengan hasil yang memuaskan. Makanan pokok atau makanan utama bagi masyarakat Indonesia adalah nasi atau jagung karena mengandung karbohidrat yang memberikan energi manusia dan merupakan budaya Indonesia soal makanan. Selain itu juga karena Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar mata pencahariannya adalah petani padi. Bahkan di keseharian Indonesia, di mana ada makanan di situ harus ada nasi sebagai menu utamanya.

ads

Jika makan tanpa nasi, walaupun sudah sekenyang apapun, rasanya akan kurang jika makan tanpa nasi. Bahkan dalam sehari, kita juga akan menemui nasi tiga kali dalam sehari. Hal ini sudah mendarah daging pada masyarakat Indonesia yang memang karena wilayah dan budaya. Namun, bagaimana jika Anda memiliki dan mencoba program diet tanpa menu nasi? Hal ini mungkin akan membuat Anda sedikit canggung ketika mencoba di awalnya saja.

Baca juga :

Diet Tanpa Makan Nasi 

Program diet ini tidaklah merugikan tubuh Anda, karena Anda bisa melihat budaya Barat yang sudah terbiasa makan tanpa nasi. Memang hal ini merupakan sesuatu yang aneh bagi masyarakat Indonesia yang hendak melakukan program diet tanpa nasi ini. (Baca juga: Cara Diet karbohidrat)

Jika Anda mengenal artis perempuan cilik yang pernah menyanyikan lagu ‘Bolo-bolo’, ya tak lain adalah Tina Toon. Anda pasti sempat bertanya, ‘Kok bisa ya, dulu kan gemuk’. Bagaimana sekarang tubuhnya? Ramping bukan? Banyak yang bilang kalau Tina Toon menjalani program diet dengan metode makan tanpa makan nasi. Tina Toon sendiri mengakui bahwa ia dalam menjalankan program diet ini tanpa menggunakan obat diet agar dia tampak langsing dan ideal. Dia hanya perlu menghindari dan atau mengurangi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak seperti nasi, gorengan, es krim, dan lain-lain.

Tina Toon merupakan salah satu orang yang menggunakan metode tanpa nasi dalam program diet yang dikatakan berhasil. Ia mampu menjalankan program diet ini dengan konsisten hingga 8 bulan dan orang tidak akan menyangka kalau dia bakal bisa menjadi langsing seperti itu. (Baca juga:  Tips Diet OCD Untuk Pemula )

Pada hakikatnya, metode tanpa makan nasi dalam program diet ini sebenarnya merupakan metode yang paling mudah dijalankan dibandingkan dengan metode diet lainnya. (Baca juga: Cara Diet Cepat)

Tips Diet Tanpa Makan Nasi

1. Mengkonsumsi Roti dan Susu

Roti dan susu juga mengandung protein yang tinggi nilainya, sehingga roti dan susu sebenarnya mampu menggantikan nasi sebagai pengisi energi dalam tubuh Anda. Sama halnya Anda memerlukan nasi sebagai pengisi energi dalam tubuh Anda.

2. Menghindari Makanan yang Mengandung Lemak

Anda perlu menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan atau cokelat. Karena makanan tersebut mengandung lemak yang berasal dari minyak yang membuat tubuh Anda mengalami penumpukkan karbohidrat hingga menjadi lemak dalam tubuh Anda. Sehingga Anda akan mengalami kenaikan berat badan secara drastis. (Baca juga: Aturan Diet Air Putih)

3. Tidak Merokok

Di sini, kami tidak menyarankan untuk berhenti atau tidak merokok, namun jika anda sedang melakukan program diet Anda cukup mengurangi porsi rokok Anda. Jika biasanya Anda menghabiskan sebungkus dalam sehari, maka cobalah untuk merokok sebungkus dalam dua hari. Lakukan hal ini secara berkala hingga bertahap dari sehari ke dua hari, hingga sebulan. Lama kelamaan Anda akan terbiasa untuk tidak merokok lagi. Jika Anda masih merokok, Anda cukup meminum air putih atau susu berprotein tinggi sebagai netralisir racun dalam tubuh yang dibawa dari rokok.

4. Melakukan Olahraga

Dengan olahraga dan pola hidup yang teratur, maka Anda tidak perlu takut lagi untuk melakukan program diet tanpa nasi. Olahraga yang kami anjurkan pun tidak perlu memakan biaya yang banyak atau pergi ke tempat fitness yang harus bayar. Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti lari pagi, berenang, atau senam. (Baca juga: Pantangan Diet Golongan Darah A)

5. Tidur Cukup

Anda juga memperhatikan pola tidur Anda. Jangan sampai Anda kurang tidur atau berlebihan tidurnya. Umumnya, manusia memerlukan tidur delapan jam setiap harinya. Dengan menjaga pola tidur yang stabil, Anda akan terbantu dalam menjaga stamina tubuh Anda. Sehingga metabolime dalam tubuh Anda pun dapat bekerja dengan baik dan teratur.

6. Mengkonsumsi Air Putih

Air putih sangat diperlukan bagi tubuh manusia yang sehat. Dalam tubuh manusia, sebagian besar terdiri dari air hingga 75 %. Jadi, air merupakan komponen terpenting dalam tubuh manusia sebagai energi manusia dalam beraktivitas. Air putih pun mampu menetralisir racun-racun dalam tubuh jika diminum secara teratur dan konsisten. Pada umumnya, air putih bagus diminum minimal 8 gelas dalam sehari. Anda dapat melihat kondisi tubuh Anda, sedang kekurangan air putih atau tidak dari air kencing.

Jika ketika Anda kencing dan air kencing Anda berwarna putih bening, maka Anda tidak mengalami kekurangan air putih dalam tubuh. Jika air kencing Anda berwarna kuning bening, maka Anda perlu menambahkan porsi air putih dalam sehari-hari Anda. Namun, jika air kencing Anda berwarna kuning pekat, maka Anda perlu meminum air putih sebanyak-banyaknya untuk menetralisir tubuh Anda. Itu menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan air putih. (Baca juga: Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet)

7. Mengkonsumsi Buah-buahan

Makanan pengganti nasi pun juga bisa digantikan dengan mengkonsumsi buah-buahan. Karena buah-buahan memiliki serat dan protein tinggi yang membuat tubuh Anda terisi dengan nutrisi sebagai energi dalam tubuh Anda.

8. Mengurangi Makanan Kadar Gula Tinggi

Anda perlu menghindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan glukoma tinggi. Karena selain membuat Anda terkena serangan diabetes, Anda juga mampu membantu program diet Anda dalam metode tanpa nasi. Karena gula ini juga bisa menumpuk ke dalam tubuh Anda menjadi lemak. Walaupun gula merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh, namun jika gula yang berlebihan dalam tubuh Anda, maka hal ini dapat merugikan bagi tubuh Anda.


Bahaya Mengkonsumsi Nasi yang Berlebih

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang memiliki kandungan kalori dan mempelajari tips diet tanpa makan nasi. Memang, tubuh kita sangat  membutuhkan karbohidrat sebagai asupan energi untuk tubuh kita yang digunakan untuk melakukan aktivitas. Namun, jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang berlebih maka lemak tidak akan menjadi cadangan makanan dalam tubuh yang baik malah menjadi lemak dalam tubuh dan membuat berat badan kita semakin bertambah. (Baca juga: Makanan Sehat untuk Diet)

Nasi merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dengan nilai yang tinggi. Jika zat Karbohidrat ini menumpuk di dalam tubuh kita, maka karbohidrat akan menjadi lemak dan membuat badan kita semakin gemuk. Lemak yang tertimbun inilah nantinya akan membuat tubuh kita mengalami obesitas. Apalagi sekarang semakin marak kasus kematian karena obesitas atau kelebihan berat badan. Walaupun ada yang bilang juga kalau ada dampak buruk ketika diet tanpa makan nasi. (Baca juga: Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi)

Makanan Pengganti Nasi

Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak bisa memakan tanpa nasi. Sebenarnya nasi bisa Anda ubah menjadi kebutuhan sekunder saja atau secukupnya dan lebih memahami tips diet tanpa makan nasi. Anda bisa mengganti nasi menjadi makanan yang berserat tinggi seperti buah-buahan. Ditambah lagi, jika karbohidrat yang tidak menumpuk dalam tubuh kita, akan membantu tubuh kita untuk mengambil energi dari lemak cadangan pada tubuh kita.

Baca juga:

Metode diet dalam tubuh, memiliki variasi. Semua tergantung dari kecocokkan dalam tubuh Anda. Selain itu juga kecocokkan pada selera Anda menggunakan metode diet. Metode diet mana yang cocok untuk Anda semua itu tergantung dari selera dan kebutuhan pada tubuh Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!