5 Cara Membuat Saus Salad Buah untuk Diet Anti Mainstream

salad buah untuk dietBosan dengan salad sayuran yang rasanya hambar dan itu-itu saja? Atau merasa tersiksa karena selama diet tidak ada menu makanan yang nikmat di lidah? Nah bila Anda mengalami kedua masalah tersebut maka inilah saatnya untuk beralih ke menu diet rendah lemak yang nikmat sekaligus menyehatkan. Ya! Salad buah.

ads

Menu ini sangatlah bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari jenis diet yang efektif sekaligus alternatif makanan olahan untuk diet yang lebih sehat, nikmat dan segar. Ditambah lagi dengan fleksibel-nya salad buah sebagai makanan sehat untuk diet yang bisa disajikan sebagai makanan pembuka, penutup bahkan hidangan utama dalam sebuah program diet.

Sebagai informasi, salad buah sekarang tidak hanya buah yang dipotong-potong begitu saja lho. Salad buah juga bisa disajikan dengan toping saus yang menggoda lidah dan tentu saja sausnya cocok dengan program diet. Jadi, bagi Anda yang sudah sering menjadikan salad buah konvensional sebagai menu dalam cara diet dengan buah-buahan, inilah waktunya untuk mencoba resep baru salad buah yang sehat dan segar. Ingin tahu cara membuat saus salad buah untuk diet yang lebih nikmat? Yuk, ikuti penjelasannya di bawah ini.

      1. Morning Salad with Mayonnaise Sauce

Sarapan dengan salad buah? Jangan takut tidak kenyang, karena resep salad buah yang satu ini bisa menjadi pengganjal perut alias menu sarapan pagi sehat untuk diet sebelum mulai beraktivitas. Tak hanya itu, morning salad dengan mayonase ini juga dapat memenuhi kebutuhan kalori Anda di pagi hari.

Pertama, siapkan potongan kecil-kecil buah apel dan pisang serta mayonase sebagai bahan utama. Untuk bahan pendamping, Anda tinggal menyiapkan buah-buah lain seperti ceri dan anggur tanpa biji. Siapkan juga jeruk mandarin yang sudah diperas airnya, kelapa parut manis, kismis dan kenari cincang.

Sebagai informasi, apel dan pisang adalah salah satu buah yang mengandung karbohidrat dan juga serat tinggi yang berimbang. Sedangkan mayonase disini berfungsi sebagai sumber protein dalam tubuh.

Cara membuat saus Mayonase-nya sangatlah mudah. Pertama, masukkan air jeruk mandarin serta mayonase ke dalam sebuah wadah seperti mangkuk. Campurkan keduanya hingga homogen.

Kedua, barulah memasukkan potongan apel, pisang, anggur, kelapa parut tiga sendok makan, ceri, tiga sendok makan kacang kenari serta kismis ke dalam mangkuk tersebut. Aduk rata kembali dengan mayonase hingga tercampur rata. Sekarang Morning Salad with Mayonnaise Sauce-nya siap dikonsumsi.

      2. Frozen Fruit with Creamy Sauce

Seperti namanya, salad buah yang satu ini disajikan dalam keadaan dingin sehingga seolah-olah Anda sedang makan es krim sekaligus salad buah. Menu ini sangat sempurna bila dijadikan menu diet food combining atau sebagai camilan di siang hari. Penasaran bagaimana cara membuat resep salad buah dengan saus krim yang punya manfaat diet luar biasa ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Misalnya saja, krim keju, 1 cangkir buah ceri, whipped cream, kacang pecan cincang, gula pasir, nanas dan jeruk mandarin. Langkah berikutnya adalah pembuatan salad.

Pertama, masukkan gula pasir dan krim keju ke dalam sebuah wadah dan kocok hingga campuran keduanya mengembang. Kedua, masukkan nanas, kacang pecan dan sebagian buah ceri ke dalam campuran tersebut. Ketiga, siapkan kertas muffin sebagai cetakan atau kalau tidak ada, juga bisa menggunakan kertas aluminium foil yang dibuat seperti cetakan muffin. Keempat, masukkan campuran buah-buah tersebut ke dalam cetakan dan tambah whipped cream.


Anda dapat meletakkan sisa ceri atau buah jeruk di atasnya sebagai hiasan. Langkah terakhir adalah tinggal memasukkan semua cetakan sajian buah ke dalam freezer. Cara tepat untuk mengonsumsinya adalah keluarkan buah dari freezer sepuluh menit sebelum disajikan agar Anda tidak mengonsumsinya dalam keadaan terlalu beku.

      3. Spring Salad with Honey and Dressing Yoghurt Sauce

Resep cara membuat saus salad buah untuk diet yang satu ini hanya membutuhkan bahan yang sedikit. Anda tinggal menyiapkan buah mangga, apel, anggur merah dan kiwi. Sedangkan untuk sausnya, siapkan madu, yoghurt plain dan parutan kulit jeruk. Cara membuatnya pun lagi-lagi sangatlah mudah.

Pertama dan utama adalah cuci semua buah segar dengan air mengalir. Kupas dan potong buah apel serta mangga bentuk dadu. Rendam buah apel yang sudah dipotong ke dalam air es atau air biasa agar warnanya tidak berubah kecokelatan. Potong buah anggur merah menjadi dua dan hilangkan bijinya. Selain itu potong juga buah kiwi berbentuk bulat dengan pisau.

Untuk sausnya, Anda tinggal mencampurkan semua bahan saus seperti satu sendok makan madu, setengah sendok teh parutan kulit jeruk dan dua sendok makan yoghurt plain. Aduk rata saus tersebut dan masukkan ke dalam mangkuk berisi buah. Campurkan semuanya hingga merata.

Salad buah pun siap untuk Anda konsumsi. Untuk lebih nikmat, Anda dapat menyimpan dulu potongan-potongan buah dalam lemari es selama beberapa jam hingga dingin. Saat akan dikonsumsi, barulah dicampur dengan saus madu dan dressing yoghurt yang sudah dibuat.

      4. Summer Salad with Palm Sugar Sauce

Resep cara membuat salad buah sederhana untuk diet dengan saus yang satu ini agak lebih lengkap dibandingkan yang sebelumnya. Siapkan dua cangkir nanas segar yang sudah dipotong dadu, dua cangkir stroberi yang sudah dipotong, tiga buah pisang yang sudah dipotong kecil, tiga buah kiwi kupas yang diiris kecil, dua buah jeruk yang sudah dikupas, satu cangkir anggur tanpa biji, dan dua cangkir blueberry. Anda juga harus menyiapkan gula aren, air lemon, air jeruk, parutan kulit jeruk dan juga kulit lemon, serta setengah sendok teh vanilla.

Cara pembuatan resep salad buah yang satu ini sangatlah mudah. Pertama, masukkan air jeruk, gula aren, lemon, parutan kulit jeruk dan kulit lemon ke dalam panci lalu masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan tunggu semua bahan sedikit kental.

Setelah sedikit kental, angkat dari panci dan taburkan ekstrak vanili. Aduk semua campuran hingga rata dan tunggu hingga panasnya hilang. Kedua, siapkan sebuah mangkuk bening besar atau kalau tidak ada sebuah wadah yang cukup besar. Masukkan potongan-potongan buah dalam wadah sesuai selera misalnya dimulai dari nanas, stroberi, kiwi, kemudian pisang, jeruk, anggur dan terakhir blueberry.

Atau Anda bisa mencoba urutan lain juga diperbolehkan. Tuangkan saus yang telah dingin ke atas buah. Kemudian tutup dengan plastik bening dan taruh dalam kulkas hingga empat jam sebelum benar-benar dikonsumsi.

      5. Sweet Salad with Milk and Yoghurt Sauce

Pembuatan saus resep yang satu ini sangatlah mudah dan sederhana. Siapkan buah-buah seperti anggur tanpa biji secukupnya, buah naga merah satu buah, kiwi dua buah, strawberry secukupnya, dan melon secukupnya. Siapkan juga bahan untuk saus seperti yoghurt tawar serta susu kental manis sebanyak 1,5 sendok makan dan keju parut.

Cara membuatnya adalah pertama, cuci bersih dan kupas semua buah dengan potongan-potongan sesuai selera. Untuk buah naga dan melon, Anda bisa mengeruknya untuk mendapat bentuk buah lebih menarik. Masukkan semua buah ke dalam wadah.

Kemudian buat sausnya dengan cara mencampurkan yoghurt tawar dan susu kental manis. Siram saus salad buah tersebut ke atas campuran buah dalam wadah. Terakhir, Anda bisa menambahkan keju parut secukupnya. Sekarang, salad buah kreasi sendiri pun siap untuk disantap.

Demikianlah kelima cara membuat saus salad buah untuk diet lebih segar dan anti-mainstream. Bagi Anda yang sudah bosan dengan menu salad buah yang itu-itu saja, maka cobalah resep-resep cara diet alami dan cara diet aman seperti di atas. Siapa tahu program cara diet detox buah Anda ini menjadi lebih menarik dan menyenangkan daripada sebelumnya.

, , , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!