6 Cara Diet Madu Paling Cepat dan Super Ampuh (#Teruji)

Cara Diet Madu bisa anda coba jika anda bingung memilih jenis diet. Tubuh yang langsing dengan berat badan ideal adalah impian semua orang, terutama kaum wanita. Berbagai macam program diet dengan beraneka metode telah membuat kaum wanita untuk berlomba-lomba mempraktekkannya. Berbagai macam minuman atau makanan untuk diet pun sekarang telah banyak di pasaran. Dan membuat pelaku diet memiliki lebih banyak variasi diet. Akan tetapi, kemampuan bahan-bahan alami untuk membantu menurunkan berat badan tidak boleh dipandang sebelah mata. Apalagi bila dilakukan dengan disiplin tinggi dan mengimbanginya dengan tetap berolahraga, tentunya impian memperoleh tubuh idaman bukanlah sekedar mimpi lagi. (Baca juga : nutrisi yang dibutuhkan saat diet)

ads

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai salah satu unsur pelengkap dalam perilaku diet anda adalah madu. Madu bahkan telah terpercaya membantu menurunkan lingkar pinggang dan banyak lagi manfaat lainnya bagi kesehatan. Madu juga telah lama berfungsi sebagai bahan yang dapat memberikan manfaat kecantikan alami bagi wanita. Juga membantu mencerahkan kulit wajah. Selain diminum, madu dapat dioleskan ke wajah sebagai masker atau ke tubuh sebagai bahan spa alami di rumah. (Baca juga : jenis ikan yang baik untuk diet)

Cara Diet Madu

cara diet maduMadu ternyata mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Diantaranya adalah vitamin thiamin, riboflavin, asam askorbat, niasin, asam pantonenat, asam folat dan vitamin K. Kandungan mineral yang terdapat pada madu antara lain natrium kalsium, magnesium, besi, fosfor serta kalium. Madu juga dikenal sebagai pemanis alami karena memiliki kandungan glukosa antara lain fruktosa dan glukosa. (Baca juga : fakta dan mitos diet)

Madu dihasilkan dari dan oleh lebah atau serangga lainnya yaitu dari nektar yang dihasilkan bunga. Bentuknya berupa cairan kental seperti sirup dan bercita rasa manis. (Baca juga : bahaya gorengan untuk diet) Bagi para pelaku diet, berikut adalah penjabaran cara diet madu yang mungkin dapat dipraktekkan atau dijadikan referensi bagi anda. (Baca juga : cara diet saat hamil muda)

1. Memasukkan Madu Kedalam Menu Makanan

Madu sebagai pemanis alami sangat cocok dimasukkan ke dalam menu diet. Karena menu diet terkadang berasa hambar, maka memasukkan madu akan memberikan citarasa berbeda dan membuat rasa masakan menjadi lebih sedap. Selain itu mengurangi ketergantungan terhadap gula dan karbohidrat. Karena dalam 1 sendok madu ternyata mengandung 17 gram karbohidrat. Karena itu bisa tetap memberikan tambahan asupan karbohidrat pada menu makanan anda.  (Baca juga : faktor yang mempengaruhi pola diet)

Contoh yang dapat dipraktekkan adalah mencampurkan satu sendok makan madu ke dalam salad sayuran anda. Atau mengoleskan madu pada roti gandum yang dibakar sebagai santapan sarapan. Juga dapat mengoleskannya kepada daging steak sebelum dipanggang untuk sajian makan malam. (Baca juga : cara menghitung kebutuhan kalori per hari)

2. Minuman Madu Dengan Jeruk Nipis atau Lemon

Kombinasi madu, jeruk nipis dan lemon sangat baik untuk ramuan minuman diet. Karena rasa asam dari jeruk nipis atau lemon memberikan perasaan segar dan nyaman di perut, juga dapat dinetralisir dengan bantuan rasa manis dari madu. Jeruk nipis atau lemon dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan merangsang kerja empedu untuk mencerna makanan lebih baik. (Baca juga : cara memasak brokoli

Pada diet madu dan jeruk nipis atau lemon, sebaiknya menggunakan campuran air hangat, untuk memperlancar metabolisme tubuh. Dan meminumnya pada pagi hari ketika perut masih dalam keadaan kosong. Atau ketika setelah makan siang dan makan malam, ramuan diet ini sangat ampuh menetralisir asukan lemak yang masuk ketika makan hidangan utama. (Baca juga : alasan orang melakukan diet)

Untuk mendapatkan rasa ramuan diet yang pas, sebaiknya tetap memperhatikan komposisi campuran bahan-bahan tersebut. Untuk segelas air hangat, dapat menambahkan dua sendok makan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon dan dua sendok makan madu. Rasa yang didapatkan akan segar karena tidak terlalu asam dan tidak terdominasi hanya rasa manis saja.  (Baca juga : manfaat jahe merah dan madu)


3. Minuman Madu dan Kayu Manis

Kayu manis adalah jenis rempah-rempah yang banyak digunakan dalam bahan makanan diet. Karena kaya akan antioksidan kayu manis dapat membantu mengontrol kandungan gula darah dalam tubuh. Kayu manis dapat meningkatkan metabolisme glukosa dalam darah, juga meningkatkan kadar insulin. Selain itu kayu manis memberikan efek tubuh merasa kenyang lebih lama, karena membantu memproses karbohidrat secara lebih efisien. Hal inilah yang membantu menurunkan berat badan. Apalagi bila ditambah dengan kinerja dari madu, proses pembakaran lemak pada tubuh dapat berlangsung lebih cepat. (Baca juga : kesalahan dalam diet)

Bahan-bahan :

  • bubuk kayu manis setengah sendok teh
  • madu satu sendok teh
  • air panas 1 gelas

cara membuatnya :

  1. Campurkan bubuk kayu manis dan madu ke dalam gelas. Aduk hingga merata
  2. Tambahkan air panas secukupnya ke dalam gelas tersebut
  3. Tutup gelas dan biarkan selama setengah jam
  4. Lalu aduk kembali dan saring hingga air terpisah dari ampasnya
  5. Minum setengah porsi dari air saringan tersebut pada pagi hari sebelum menyantap sarapan
  6. Sisanya dapat didinginkan atau didiamkan saja pada suhu ruang dan diminum kembali pada malam harinya

Baca juga :

Ramuan madu dan kayu manis ini dapat diminum secara teratur setiap harinya hingga sebulan atau lebih. Studi memberikan penjelasan bahwa seseorang dapat kehilangan berat badannya hingga 3 kg dengan meminum ramuan ini secara teratur dengan tetap mengimbangi dengan olahraga ringan yang teratur.   (Baca juga : cara diet vegetarian)


4. Gunakan Madu Sebagai Alternatif Camilan

Minumlah satu sendok makan madu yang dicampurkan ke dalam segelas air hangat sebelum tidur atau sesudah makan malam. Karena dapat menahan lapar lebih lama, dan mencegah anda mengambil makanan ringan yang tidak sehat untuk kudapan. Atau ketika siang hari dan anda berkeinginan untuk makan cemilan dapat menggantikannya dengan satu sendok makan madu.

Seketika perut akan terasa lebih kenyang dan keinginan untuk menyantap cemilan menjadi tidak ada karena sudah digantikan dengan manisnya madu. Atau sebagai alternatif pengganti gula, yang biasanya menaburkan meses coklat ke atas roti dapat menggantinya dengan olesan madu. Atau biasanya menggunakan mayones untuk cocolan kentang goreng atau pizza, dapat menggantinya dengan madu. Rasanya mungkin akan berbeda tetapi kandungan gulanya tidak terlalu tinggi sehingga masih dapat diterima sebagai cemilan di kala diet. Tentu saja tetap memperhatikan porsi yang masih sewajarnya.  (Baca juga : pantangan diet pisang)

5. Minum Teh dengan Madu

Untuk mereka yang senang mengkonsumsi teh, sangat disarankan menggunakan madu sebagai pengganti gula. Selain untuk mengontrol gula darah dalam tubuh juga dengan meminum teh yang diberikan campuran madu juga dapat memberikan efek tubuh merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Madu dapat dicampurkan ke dalam segelas teh hangat atau teh herbal.  (Baca juga : bahaya diet mayo)

6. Mencampurkan Oatmeal dengan Madu

Oatmeal dapat menjadi alternatif makanan diet yang baik. Karena rendah lemak akan tetapi mengandung serat yang banyak. Oatmeal juga dapat menahan nafsu makan yang berlebihan dan membuat tubuh terasa kenyang. Mencampurnya dengan madu dapat memberikan rasa manis yang enak pada oatmeal, karena biasanya oatmeal terasa hambar. 

Baca juga :

Menjalani diet dengan madu tetap harus memperhatikan unsur-unsur lainnya seperti menjalani olahraga secara teratur, mengurangi konsumsi minuman bersoda atau minuman dalam kemasan, mengurangi konsumsi memakan makanan yang banyak mengandung gula, makan dalam porsi yang ideal atau tidak berlebihan, mengurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan makanan yang berlemak. Selain itu tetap tidur secukupnya dan mengurangi begadang di malam hari.

Baca juga :

Percayalah, menjalani diet dengan madu juga dapat menjadi alternatif gaya hidup sehat. Karena itu tetap displin menjalankannya dan tidak gampang menyerah atau bosan. Semoga berhasil dengan diet anda !(Baca juga : cara diet ibu menyusui )

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!