18 Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg dalam Seminggu Tanpa Olahraga

Menurunkan Berat Badan 10 KG Dengan Diet Sehat Dalam SemingguMemiliki tubuh ideal sangat diidam-idamkan oleh pada wanita, terutama yang memiliki berat tubuh berlebih. Mengikuti pola makan sehat dan sering berolahraga menjadi rutinitas penting dalam upaya mencapai berat badan ideal. Namun, terkadang banyak dari laddies yang tidak memiliki waktu untuk sekedar berolahraga rutin setiap hari seperti wanita karir. Kesibukan menuntut laddies untuk tetap berada di kantor dari pagi hingga petang, sehingga tidak ada waktu memikirkan olahraga bahkan tidak menimbang kalori dari makanan yang dikonsumsi tiap hari, yang penting kenyang.

ads

Pola hidup seperti inilah yang memicu penumpukan lemak dalam tubuh sehingga mengubah bentuk tubuh ideal anda, padahal penampilan merupakan suatu hal yang utama bagi wanita khususnya wanita karir. Untuk itu, berbagai cara instan dilakukan seperti operasi sedot lemak dan bahaya minum obat pelangsing. Meskipun tubuh cepat kurus, namun beresiko cepat juga kembali gemuk. Karena tubuh tidak terbiasa dengan cara diet alami dan sehat, serta tetap menumpuk lemak setiap hari. Sehingga berefek samping bagi kesehatan tubuh anda.

Namun laddies tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menurunkan berat badan 10 kg dalam seminggu tanpa olahraga yang dapat laddies lakukan, diantaranya:

  1. Menimbang berat badan sebelum dan sesudah program diet

Hal pertama yang perlu laddies lakukan untuk menjalankan program cara diet tanpa olahraga ini adalah dengan menimbang berat badan dan kadar lemak yang tertimbun dalam tubuh. Hal tersebut untuk mengantisipasi pola makan sehat yang akan dilakukan. Setelah seminggu, laddies dapat membandingkan hasil diet sebelum dan sesudah untuk memperkirakan menu program selanjutnya.

  1. Mengatur menu makanan sehat dalam seminggu

Dalam program cara menurunkan berat badan 10 kg dalam seminggu tanpa olahraga, maka menentukan menu sehat setiap hari selama seminggu perlu dilakukan. Saat diet usahakan mengkonsumsi makanan sehat tidak lebih dari 400 kalori, namun tetap penuhi kandungan protein, vitamin, dan mineral sebagai pemberi energi. Menu makanan sehat untuk diet selama seminggu, diantaranya:

  • Hari ke 1

Untuk menu sarapan pagi sehat untuk diet, laddies dapat mengkonsumsi nasi berukuran kecil sekitar 100 gram dengan dan sayuran dan buah. Dapat juga menggunakan jagung manis atau ubi rebus dan telur dadar, atau jika ingin lebih efisien dapat mengkonsumsi roti gandum yang diolesi madu, serta minum air putih hangat dicampur madu dan lemon setelah makan. Saat makan siang, konsumsi makan berat untuk penambah energi namun rendah kalori seperti roti gandum dan daging. Lengkapi dengan jus buah atau yogurt sebagai pelengkap. Saat makan malam, dapat membuat salad buah dan sayur, dengan minum air putih hangat dicampur kayu manis sebagai penutup.

  • Hari ke 2

Perbanyak mengkonsumsi sayur – sayuran segar seperti salad saat pagi dan malam hari. Saat makan siang hindari makanan berkarbohidrat tinggi dan berlemak serta minum khasiat infused water lemon untuk diet sebagai pembakar kalori.


  • Hari ke 3

Dihari ke tiga, hindari makan – makanan berkarbohidrat dan diganti dengan buah – buahan berserat seperti apel, jeruk, mangga, dll sebagai pemberi energi. Kombinasikan dengan sayur segar seperti jagung dan brokoli untuk diet.

  • Hari ke 4

Pada hari ke 4, tidak perlu mengkonsumsi makan berat berkalori. Cukup memakan buah pisang sebagai pengganti energi dengan susu atau yogurt sebagai pelengkap.

  • Hari ke 5

Saat sarapan, laddies dapat mengkonsumsi roti gandum dengan madu, atau hanya buah pisang sebagai karbohidrat. Pada siang hari, makan nasi merah rendah kalori dengan buah – buahan sebagai pelengkap, seperti buah tomat, jeruk, apel, atau mangga.

  • Hari ke 6

Menu makanan pada hari ke 6 lebih sederhana, yaitu hanya kombinasi salad buah dan sayur dengan yogurt.

  • Hari ke 7

Menu pada hari ke 7 terbilang hampir sama yaitu perbanyak konsumsi buah dan sayur seperti memakan sebuah kentang di pagi hari, dan salad di siang dan malam hari. Dapat juga dikombinasikan dengan jus buah atau infused water sebagai makanan penutup. Buah yang digunakan yaitu jambu, mangga, alpukat, strawberry, atau pepaya.

  1. Hindari mengkonsumsi makanan berlemak tinggi

Saat ingin melakukan cara diet cepat kurus ini, hal utama yang perlu dihindari adalah mengkonsumsi makanan tinggi lemak, seperti kentang, es krim, gorengan, daging, dan snack. Kandungan lemak dari makanan – makanan ini sangat tinggi sehingga tidak efektif untuk program diet anda.

  1. Kurangi porsi makanan

Saat melakukan diet, keinginan untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dan berkalori sangat lah tinggi, karena laddies akan terus merasa lapar. Laddies dapat mengkonsumsi makanan berkalori namun dalam porsi yang sedikit yang dikombinasikan dengan buah dan sayur berserat sehingga cepat mengenyangkan laddies dan bertahan dalam waktu yang lama.

  1. Kurangi kadar karbohidrat dan kalori

Mungkin kita merasa jika makan tanpa nasi bukan namanya. Nasi putih memang memiliki karbohidrat yang memberi energi cukup bagi tubuh. Namun kadar kalori dalam nasi putih sangat tinggi sehingga tidak cocok dikonsumsi saat laddies sedang menjalankan cara diet karbohidrat. Laddies dapat mengganti asupan nasi saat sarapan, makan siang, dan makan malam dengan menu berkarbohidrat lain namun rendah kalori, seperti beras merah, ubi jalar, atau kentang. Selain rendah kalori, menu – menu ini juga memiliki serat yang tinggi yang membantu kelancaran sistem pencernaan anda.

  1. Tingkatkan konsumsi buah dan sayur

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur sangat efektif dalam membakar lemak dan melancarkan metabolisme tubuh. Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin selama seminggu dapat mengisi energi dalam tubuh akibat kekurangan kalori saat diet. Sayuran yang dapat laddies konsumsi untuk diet bermacam – macam, seperti selada, kubis, bunga kol, bayam, mentimun, dan sayur hijau lainnya. Sedangkan buah untuk diet seperti apel, jeruk, manggis, strawberry, tomat, dll. Buah dan sayur dapat dijadikan salad dan dikonsumsi sebagai pengganti menu makan malam anda.

  1. Perbanyak makanan berserat

Makanan – makanan berserat seperti beras merah, ubi jalar, jagung manis, buah dan sayur efektif dalam menurunkan berat badan laddies. Kandungan serat tidak hanya berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, juga membantu mengenyangkan perut lebih lama.

  1. Mengurangi makanan berminyak dan junk food

Makanan berminyak seperti gorengan dan junk food sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, karena dapat menimbun racun akibat radikal bebas dan minyak trans, sehingga meningkatkan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan obesitas. Usahakan makan makanan yang direbus, dipanggang, atau dikukus untuk mengurangi kadar lemak yang masuk ke tubuh.

  1. Kurangi mengkonsumsi makanan yang manis – manis

Mengkonsumsi gula dan makanan manis berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi makanan manis dengan sering dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga beresiko meningkatkan kolesterol dan diabetes. Kurangi konsumsi nasi selama seminggu dan gantikan dengan makanan rendah kalori lainnya seperti ubi jalar dan jagung manis. Saat bekerja sering sekali pikiran dan tubuh merasa lelah sehingga menimbulkan setres, saat itu keinginan untuk memakan permen dan cokelat sangat tinggi, karena terbukti ampuh dalam menurunkan setres. Laddies dapat menggantinya dengan memakan buah – buahan atau makanan dengan rasa asam.

  1. Kurangi cemilan sebelum waktu makan

Saat laddies beraktivitas dan bekerja, membutuhkan asupan energi yang tinggi sehingga tidak mudah lelah dan lapar. Kita sering mengalami rasa lapar saat waktu – waktu pertengahan antar waktu ideal makan seperti pagi jam 10 atau tengah malam. Hal itu memunculkan godaan untuk ngemil atau memakan snack sebagai pengganjal lapar. Sehingga laddies tidak akan terhindar dari kalori tinggi yang terkandung dalam cemilan. Saat waktu lapar itu datang, ganti cemilan dengan buah atau salad sebagai pengganjal nafsu makan.

  1. Kurangi mengkonsumsi makanan pedas

Makanan yang mengandung cabai atau lada memang efektif dalam membakar lemak dalam tubuh. Namun, jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan peradangan pada usus yang menyebabkan penyakit diare, sembelit, dan maag. Tak hanya itu, makanan pedas sudah terbukti sebagai peningkat nafsu makan sehingga tidak efektif dikonsumsi saat laddies sedang diet.

  1. Hindari makan sebelum tidur

Makan tengah malam atau sebelum tidur sangat tidak dianjurkan saat melakukan program diet, karena terbukti menyebabkan kegemukan. Saat tidur, lemak susah dibakar oleh tubuh karena tidak beraktivitas, sehingga tertimbun dalam tubuh. Saat lapar tengah malam, laddies dapat mengganti makanan dengan salad atau buah – buahan.

  1. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tubuh yang kekurangan air sangat rentan terkena dehidrasi dan gangguan pencernaan. Tubuh memerlukan minimal 8 gelas air putih sehari untuk kelancaran metabolisme tubuh. Dengan metabolisme lancar dapat membuang zat – zat tidak berguna dalam tubuh dan juga racun. Lemak juga dapat dinetralisir lebih cepat sehingga efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Konsumsi air putih hangat tiap pagi dan sebelum tidur di malam hari untuk membakar lemak dari makanan yang telah dimakan.


  1. Hindari minuman bersoda

Saat haus dan gerah, tentu minuman bersoda adalah pilihan terbaik sebagai penghilang dahaga. Namun, tahukah laddies kalau minuman bersoda tidak baik dikonsumsi saat sedang diet? Hal itu dikarenakan minuman bersoda mengandung gula dan lemak yang tinggi, sehingga tidak baik dikonsumsi untuk laddies yang menderita diabetes dan obesitas.

  1. Makan secara perlahan dan tidak terburu – buru

Meskipun laddies sangat sibuk beraktivitas dan bekerja, usahakan saat makan jangan terburu – buru. Karena makanan masuk yang kurang dicerna dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan dan sakit perut. Energi pada tubuh juga akan terkuras karena terfokus untuk mencerna makanan di perut, sehingga jika makanan tercerna dengan baik maka tubuh tidak akan gampang lelah dan kenyang lebih lama.

  1. Rutin berjalan kaki

Bagi laddies yang tidak punya waktu untuk berolahraga, maka gantikan dengan sering berjalan kaki baik di kantor atau saat di perjalanan. Berjalan kaki juga merupakan olahraga ringan yang dapat membantu laddies membakar lemak dalam tubuh jika dilakukan dengan sering dan rutin.

  1. Hindari setres saat bekerja

Saat pikiran dan tubuh mengalami setres, maka sistem pencernaan dan metabolisme tubuh juga terganggu. Terutama saat melakukan diet, rasa lapar dapat meningkatkan emosi dan mengganggu pikiran. Makan buah atau jus untuk menyuplai gula dalam tubuh sehingga menenangkan pikiran.

  1. Perbanyak istirahat

Istirahat yang cukup dan teratur memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karena saat itulah tubuh menyimpan energi dan metabolisme bekerja. Tidur tepat waktu tidak hanya membantu tubuh tetap fit, juga membantu membakar kalori dalam tubuh serta mengurangi setres sehingga segar saat bangun.

Cara menurunkan berat badan 10 kg dalam seminggu ini akan efektif jika dilakukan secara rutin dan disiplin dalam menjalankannya. Diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk mendapat hasil yang diinginkan. Perhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi agar tubuh tetap fit walau sedang melakukan diet. Juga, usahakan untuk tetap melakukan olahraga ringan untuk mengoptimalkan cara diet cepat anda.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!