13 Efek Negatif Diet Bagi Kesehatan yang Tak Kalian Sadari

Efek Negatif Diet Bagi KesehatanDiet merupakan rutinitas bagi seseorang yang merasa telah mengalami obesitas. Alasan orang melakukan diet yang lainnya yakni untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya berhenti pada alasan tersebut, diet yang saat ini telah menjamur juga dikalangan oleh berbagai kalangan tidak hanya wanita saja, melainkan pria dan terkadang anak sekolah pun juga melakukan diet.

ads

Diet yang dilakukan harus mengacu pada cara diet yang benar yakni dengan tidak memforsir tubuh dan tidak menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan saat diet.

Cara diet ekstrim terkadang dilakukan untuk segera mendapatkan hasil. Penurunan berat badan pada macam-macam diet yang salah tidak akan bertahan lama.

Oleh sebab itu, untuk menghindari efek negatif diet bagi kesehatan haruslah dilakukan cara diet aman bagi tubuh dan kesehatan. Macam-macam diet salah yang dilakukan akan memunculkan efek negatif diet bagi kesehatan. Untuk mengetahui apa saja itu, mari simak di bawah ini :

1. Selulit

Selulit meruapakan salah satu efek negatif diet bagi kesehatan yang bisa terlihat secara fisik tanpa bantuan alat apapun. Selulit adalah kondisi di beberapa bagian tubuh dimana permukaan kulit terlihat memiliki lesung, bagian tubuh tersebut seperti pada perut, paha, pinggul dan beberapa tempat lainnya. Cara diet ketat yang benar harus dilakukan agar terhindar dari selulit ini.

2. Lemak tubuh akan lebih mudah menumpuk

Cara diet untuk badan yang susah kurus jika dilakukan dengan diet yang salah akan menurunkan berat badan secara drastis tidak secara permanen. Akan tetapi, penurunan berat badan yang dihasilkan sebenarnya memicu hormon penambah nafsu makan untuk segera aktif untuk mengumpulkan kalori, vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka kenaikan berat badan akan lebih hebat dari berat badan yang dimiliki sebelumnya.

3. Malnutrisi

Mengubah pola makan serta gaya hidup sehat merupakan salah satu cara diet tanpa menyiksa tubuh. Akan tetapi pada kenyataannya, banyak orang melakukan cara diet ekstrim agar segera mendapatkan hasil tanpa mensuplai kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan seseorang mudah lelah, pingsan dan berakibat fatal lainnya yakni kematian. Untuk menghindari efek negatif diet bagi kesehatan sebaiknya lakukan cara diet yang benar.

4. Kelaparan

Cara diet yang baik untuk anak sekolah yakni dengan memenuhi kebutuhan makanan yang bergizi. Jangan sampai efek negatif diet bagi kesehatan mengganggu segala aktivitasnya di sekolah. Tidak hanya untuk anak sekolah, melainkan orang dewasa juga. Mengkonsumsi makanan sehat untuk diet akan mencegah kelaparan. Karena jika kondisi tubuh lapar, akan cenderung mengkonsumsi makanan yang sifatnya gurih. Kecenderungan seperti ini yang mengakibatkan efek samping diet bagi kesehatan muncul.


5. Depresi

Efek negatif diet bagi kesehatan jika melakukan diet yang salah akan menimbulkan depresi. Gangguan emosional seperti ini terjadi karena kurangnya gizi dalam tubuh. Sehingga menyebabkan hormon melemah karena tidak ada dukungan dari vitamin dan mineral essensial yang didapatkan dari makanan.

Selain yang disebutkan diatas, terdapat efek negatif diet bagi kesehatan lainnya yakni :

  1. Rambut rontok
  2. Menimbulkan penyakit
  3. Kurang gizi
  4. Gangguan otot
  5. Kekurangan kalori
  6. Tubuh tidak lagi langsing secara permanen
  7. Penuaan dini
  8. Berkurangnya fungsi otot dan jaringan dalam tubuh

Itulah beberapa efek negatif diet bagi kesehatan jika melakukan diet ketat yang salah. Agar terhindar dari beberapa efek negatif yang tidak diinginkan, sebaiknya lakukan cara diet yang aman, seperti cara diet detox buah serta menggunakan bahan-bahan alami dalam menurunkan berat badan. Serta menghindari bahaya minum obat pelangsing.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet