5 Efek Samping Cuka Apel untuk Diet yang Harus Diwaspadai

efek samping cuka apel untuk dietCuka apel sudah dipercaya memiliki kaya akan manfaat, yang salah satu nya yang paling terkenal yaitu manfaatnya dalam membakar lemak atau sebagai cara mengurangi berat badan dengan cepat.

ads

Namun bila cuka apel ini dikonsumsi dalam dosis besar, ternyata malah akan memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh Anda. Disini saya akan membahas mengenai efek samping cuka apel untuk diet.

Dan cuka apel ini terbuat dari campuran apel dan ragi, kemudian ragi tersebut mengubah mengubah kandungan gula yang ada dalam apel tersebut menjadi alkohol. Kemudian diproses lagi hingga cuka apel ini memiliki kandungan asam asetat, air, vitamin dan mineral.

Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel inilah yang memiliki fungsi meningkatkan pembakaran lemak, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dan juga sebagai cara diet cepat kurus dan cara diet ampuh.

Selain itu cuka apel ini juga dianggap mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol, memutihkan gigi serta membantu menghilangkan jerawat dan beberapa manfaat kesehatan lainnya. Selain untuk kesehatan tubuh, cuka apel ini ternyata juga dapat digunakan sebagai tambahan dalam berbagai resep masakan serta dapat membersihkan berbagai peralatan rumah tangga.

Yang telah disebutkan di atas tadi adalah berbagai manfaat cuka apel jika dikonsumsinya sesuai dengan takaran atau dosis yang telah ditentukan. Namun, jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan maka akan menimbulkan beberapa efek samping, khususnya bagi Anda yang ingin melakukan diet dengan cuka apel ini sebagai cara diet alami dan cara diet cepat. Berikut beberapa efek samping cuka apel untuk diet :

      1. Bukan penekan nafsu makan yang baik

Beberapa orang percaya bahwa cuka apel ini dapat memberikan efek mengurangi nafsu makan. Namun sebenarnya ia bukanlah penekan nafsu makan yang baik, karena itu sebenarnya merupakan efek samping dari terjadinya iritasi pada lambung Anda karena terkena asam secara berlebih pada cuka apel.

Jika lambung Anda teriritasi maka otomatis Anda akan merasakan kenyang dan nafsu makan menurun. Dan itu bukanlah cara untuk menekan nafsu makan yang baik, karena lama kelamaan efek tersebut akan membuat lambung luka dan akhirnya akanberdampak pada penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, bagi Anda yang menginginkan cara diet yang benar dengan cuka apel, hendaknya mengkonsumsinya sesuai dengan takarannya.

      2. Memperburuk kerja lambung

Efek samping cuka apel untuk diet rendah lemak lainnya yaitu, cuka apel dapat memberikan efek buruk pada kerja lambung. Cuka apel ini memang diklaim dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, namun ia menerapkan ini dengan cara memperlambat pada kerja pengosongan lambung, sehingga kerja lambung pun tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Yang mana hal ini dapat memperburuk kerja lambung dan akan berdampak pada keadaan gastroparesis yaitu suatu keadaan dimana otot-otot pada lambung bekerja dengan buruk dan lama kelamaan dapat berhenti sama sekali. Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan program diet untuk obesitas dengan cuka apel, usahakan untuk mengkonsumsinya sesuai dengan anjuran dokter ahli.


      3. Memberi efek negatif pada pencernaan

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan pencernaan Anda. Jika diberikan asam secara terus menerus atau berlebihan, maka lama kelamaan usus dan juga lambung Anda akan luka atau teriritasi.

Oleh karena itu, jagalah kesehatan pencernaan Anda dengan mengkonsumsi cuka apel sewajarnya dan tetap mengkonsumsi makanan-makanan sehat untuk diet sehingga pencernaan tetap sehat dan nutrisi yang dibutuhkan saat diet pun terpenuhi.

      4. Merusak gigi

Tidak hanya makanan atau minuman yang manis, namun makanan dan juga minuman yang mengandung asam pun dapat membuat kerusakan pada gigi. Terdapat sebuah penelitian menunjukkan, penelitian yang dilakukan pada email gigi bungsu yang direndam pada cuka yang memiliki PH berkisar 3,95.


Yang mana pada hasil penelitian tersebut terbukti selama direndam dalam waktu empat jam, email gigi bungsu tersebut menyebabkan hilangnya mineral gigi hingga sampai 20%. Pastinya Anda tidak mau kan kalau gigi Anda mudah rusak ? oleh karena itu, mulai sekarang yang sedang melakukan diet dengan cuka apel, gunakanlah cuka apel tersebut sesuai takarannya yang telah dianjurkan.

      5. Luka bakar pada kerongkongan

Sejumlah penelitian yang telah dilakukan telah menunjukkan bahwa cuka apel jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak pada timbulnya luka bakar di kerongkongan. Oleh karena itu, mengkonsumsinya perlu berhati-hati, jika tidak ingin mendapatkan efek sampingnya yang berbahaya tersebut.

Itulah tadi pembahasan seputar efek samping cuka apel untuk diet. Yang terpenting dalam diet itu adalah konsisten menjalankan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, olahraga, menghindari stres dan juga rokok, serta jangan lupa pula untuk cukup stirahat. Semoga bermanfaat!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet