Ternyata Ada 7 Efek Samping Diet Pisang Bagi Tubuh Anda Loh!

Efek samping diet pisangBuah pisang ini merupakan buah yang terkenal kaya akan nutrisi serta vitamin nya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya itu, ternyata buah pisang ini juga biasa digunakan sebagai buah untuk diet, yang mana memang terbukti ampuh menurunkan berat badan dan sebagai cara mengurangi berat badan dengan cepat.

ads

Namun tahukah Anda? bahwa ternyata terdapat efek samping dari diet pisang ini, jika dilakukannya dengan cara yang tidak tepat.

Jika dikonsumsi secara tepat, buah pisang ini memang sangat baik untuk tubuh kita. Bagaimana tidak? kandungan pisang tersebut kaya akan nutrisi dan vitamin yang berpengaruh bagi kesehatan tubuh, kandungannya antara lain yaitu : vitamin B1, B2, B3, C, Zink, Zat besi, Serat, Air, Karbohidrat, Protein,dll.

Yang mana kandungannya tersebut sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi, mengatasi diare, meningkatkan jumlah energi, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dll. Selain itu juga buah pisang ini biasa digunakan untuk cara diet alami dan cara diet ampuh.

Tidak hanya baik untuk kesehatan, buah pisang jika dikonsumsi dengan cara yang tepat sesuai aturannya, juga memiliki manfaat untuk cara diet cepat kurus Anda dan sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk obesitas.

Karena kandungannya yang kaya akan serat, vitamin C serta air yang membantu dalam proses pembakaran lemak, menekan nafsu makan, melancarkan pencernaan serta meningkatkan proses metabolisme tubuh Anda. Dan diet dengan buah pisang ini, pertama kalinya diperkenalkan oleh Histoshi Watanabe, ia berhasil menurunkan berat badannya hingga 6 kilogram dalam waktu 4 minggu saja.

Terlepas dari khasiat pisang untuk diet, jika konsumsi pisang dalam diet Anda terlalu berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan yang ada, efek nya malah akan membahayakan bagi tubuh Anda. Berikut ini beberapa efek samping diet pisang yang tidak dilakukan dengan tepat :

      1. Sembelit

Efek samping diet pisang yang pertama yaitu dapat menyebabkan sembelit. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pisang bermanfaat untuk mengatasi diare. Sebaliknya, jika mengkonsumsi pisang untuk diet yang terlalu banyak akan menyebabkan sulit untuk buang air besar atau yang disebut sembelit. Oleh karena itu, konsumsilah pisang ini sewajarnya saja.

      2. Penyakit kardiovaskular

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, begitu juga dalam mengkonsumsi buah pisang ini. Mengkonsumsi buah pisang yang berlebihan, dapat menyebabkan timbulnya penyakit kardiovaskular. Hal ini terjadi karena kandungan magnesium pada pisang yang cukup tinggi. Dan jika dikonsumsi berlebih terutama pada saat perut kosong seperti pada diet buah pisang, hal ini dapat menyebabkan efek negatif pada tubuh Anda, yaitu penyakit kardiovaskular.

Magnesium yang berlebih tersebut, menyebabkan kalsium dan juga magnesium yang ada dalam darah menjadi tidak seimbang. Yang akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah Anda. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang menjalankan cara diet cepat dengan buah pisang ini, perhatikan dalam mengkonsumsi pisang agar jangan sampai berlebihan.


      3. Menimbulkan ketidakseimbangan hormon

Buah pisang ini sebenarnya memiliki kandungan zat atau nutrisi yang baik untuk perkembangan hormon, jika dikonsumsi sesuai aturannya. Namun, jika dikonsumsi secara berlebih, malah akan menyebabkan timbulnya ketidakseimbangan hormon. Kandungan xenobiotik yang terdapat didalam pisang sangat mempengaruhi produksi hormon esterogen pada wanita dan androgen pada pria hal ini yyang menyebabkan terjadinya gangguan pada hormon.

      4. Penyempitan pembuluh darah

Efek samping diet pisang yang tidak sesuai dengan aturan lainnya, yaitu dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Zat tiramin yang terdapat pada buah pisang ini, adalah zat yang memberikan efek vasokontriksi atau penyempitan pembuluh darah. Yang jika dikonsumsi terlalu berlebih dan dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

      5. Kelebihan kalium (hiperkalemia)

Kalium memang merupakan nutrisi yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun bagaimana jika kelebihan kalium dalam tubuh kita? kondisi dimana kelebihan jumlah kalium dalam tubuh disebut juga dengan hiperkalemia. Dan kondisi hiperkalemia ini jika dibiarkan maka akan menyebabkan kelemahan otot pada tubuh, kelumpuhan sementara, serta detak jantung yang tidak teratur.


      6. Tidak disarankan bagi penderita diabetes

Pada penderita diabetes khususnya, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, apalagi dalam jumlah yang berlebih. Karena kandungan glukosa pada pisang dapat menyebabkan kadar gula darah Anda akan semakin naik, akibatnya bagi penderita diabetes adalah akan semakin memperparah penyakit diabetes tersebut.

      7. Kerusakan saraf

Mengkonsumsi buah pisang secara berlebih ini, juga dapat menyebabkan timbulnya kerusakan pada jaringan-jaringan saraf. Hal ini dapat terjadi, jika kita mengkonsumsi buah pisang ini secara berlebih dan tidak sesuai dengan aturannya.

Itulah beberapa efek samping diet pisang. Pada dasarnya buah pisang ini memang sangat efektif untuk diet namun jika dikonsumsi sesuai dengan takarannya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan Anda atau agar tubuh cepat kurus atau cepat tercapai berat badan impian, gunakanlah cara diet yang baik dan cara diet yang benar sebagai pilihan diet Anda, agar tidak timbul berbagai efek negatif yang ditimbulkan pada diet yang dilakukan dengan cara yang salah. Semoga bermanfaat!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet