Berapa Sih Jumlah Kalori yang Baik untuk Diet? Temukan Jawabannya Disini

Diet dilakukan untuk menurunkan berat badan. Jika anda ingin melakukan diet, maka hal pertama yang harus anda ketahui adalah anda akan membakar kalori dan lemak di tubuh anda. Penurunan berat badan berarti penurunan jumlah kalori dan lemak. Oleh karena itu, saat diet anda diwajibkan mengonsumsi makanan diet rendah kalori dan makanan rendah kalori tinggi protein.

ads

Sebelum anda menentukan menu makanan untuk diet, anda harus tahu cara menghitung kalori makanan untuk diet. Jumlah kalori makanan harus disesuaikan dengan jumlah kalori yang baik untuk diet. Berapa Jumlah kalori yang baik untuk diet?

Jumlah kalori yang dibutuhkan saat diet sangat bergantung pada aktivitas, jenis kelamin, usia, dan berbagai faktor lainnya. Berikut ini informasi seputar jumlah kalori yang baik untuk diet yang harus anda ketahui.

  1. Wanita usia 19-30

Bagi anda wanita yang berada di usia 19-30 tahun, saat diet anda harus mengonsumsi makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Hal ini karena anda hanya membutuhkan kalori sebesar 1800-2400 kalori per hari. Anda tetap harus membuat diri anda kenyang, namun carilah makanan yang rendah kalori.

2. Wanita usia 31-50

Wanita yang berada pada usia ini bisa mengonsumsi kalori sebanyak 1800-2200 per hari. Anda harus memilah makanan rendah kalori dan karbohidrat yang akan anda konsumsi agar diet anda bisa berhasil

3. Wanita usia 51 tahun ke atas

Jika anda berada pada usia ini, maka jumlah kalori yang anda butuhkan agar berat badan anda turun dan anda tetap sehat adalah 1600-2200 dalam satu hari. Jika anda tidak aktif beraktivitas anda hanya butuh 1600 kalori dan jika anda sangat aktif maka anda butuh maksimal 2200 kalori.

4. Pria usia 19-30

Pria membutuhkan kalori yang berbeda dengan wanita. Anda harus menyusun menu diet rendah kalori seminggu yang membuat anda bisa mendapatkan kalori sebesar 2400-3000 kalori dalam satu hari.

5. Pria usia 31-50

Cara diet yang baik bagi anda yang berada di usia ini adalah membatasi konsumsi kalori sebanyak 2200-3000 kalori. Jika anda kurang aktif bergerak, anda hanya membutuhkan 2200-2400 kalori. Namun, jika sangat aktif beraktivitas sehari, maka kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi 2800-3000 kalori dalam satu hari.

6. Pria usia 51 tahun ke atas

Untuk pria yang sudah berusia 51 tahun ke atas, jumlah kalori yang disarankan untuk dikonsumsi dalam satu hari adalah sebesar 2000-2800 dalam satu hari. Jumlah kalori yang dikonsumsi harus anda sesuaikan dengan aktivitas harian yang akan anda lakukan.


7. Anak-anak

Saat melakukan diet rendah kalori untuk anak-anak, anda harus memperhatikan efek samping diet rendah kalori. Demi mencegah efek samping berlebihan dari diet yang dilakukan, pastikan anda mencukupi jumlah kalori dengan mengurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori sehari.

Mengetahui Jumlah kalori yang baik untuk diet ini sangat penting. Hal ini demi menghindari bahaya kekurangan kalori saat diet. Jadi, keinginan anda untuk diet tidak membuat tubuh anda menjadi bermasalah. Fungsi kalori di dalam tubuh anda harus tetap berjalan dengan baik sekalipun anda sedang menjalani diet.

Untuk hasil terbaik dari diet yang anda lakukan, anda bisa mendatangi dokter atau ahli gizi dalam mengatur menu diet harian anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet