6 Khasiat Jagung untuk Diet Efektif Mengenyangkan

khasiat jagung untuk kesehatanBagi anda yang ingin menjaga berat badan ideal, selain menjaga asupan gizi sehat juga perlu melakukan cara diet karbohidrat yang tepat untuk menjaga asupan kalori tidak berlebihan. Mengganti konsumsi nasi merupakan cara diet yang benar untuk mengurangi konsumsi karbohidrat anda. Jagung merupakan salah satu makanan diet rendah kalori yang banyak diminati oleh masyarakat sebagai pengganti nasi.

ads

Jagung juga enak dibuat berbagai bahan makanan, tidak hanya dibakar atau direbus, bisa juga dibuah kue, bubur, atau snack, khususnya diacara – acara tertentu seperti perayaan khinatan, nikahan, dibawa saat camping, saat nonton ke bioskop, perayaan hari raya, dan tahun baru.

Kandungan karbohidrat dalam jagung juga tak kalah dengan nasi, harganya lebih ekonomis dan dapat dimasak sesuai selera. Salah satu olahan jagung yang umum dan sangat diminati oleh masyarakat adalah jagung rebus, cocok untuk dikonsumsi di pagi hari dan sebagai hidangan makan malam, atau hanya sekedar sebagai snack. Jagung hanya perlu direbus dengan air mendidih dan ditambahkan sedikit garam untuk menambah rasa asinnya selama ±15 menit. Selain mengenyangkan, jagung ternyata memiliki nutrisi yang dibutuhkan saat diet.

Kandungan nutrisi pada jagung diantaranya karbohidrat, kalori, serat, protein, glukosa, lemak, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, triptofan, treonina, asam aspartat, asam glutamate, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zink, sangat baik dikonsumsi untuk program diet untuk obesitas. Beberapa khasiat jagung untuk diet diantaranya :

  1. Rendah Lemak

Kandungan lemak jenuh dalam 100 gram jagung hanya 0,7 gram sehingga aman dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalankan diet rendah lemak. Kandungan protein yang tinggi akan membantu membakar lemak dalam tubuh seperti lemak di bagian paha, betis, dagu, dan perut, serta mengubahnya menjadi energi.

  1. Sebagai nutrisi ekstra

Khasiat jagung untuk diet lainnya adalah memberi energi ekstra bagi tubuh. Dalam 100 gram jagung yang anda konsumsi memiliki 74 gram karbohidrat yang tak kalah dengan nasi. Karbohidrat jagung akan memberi energi pengganti nasi dan kandungan protein dan zink nya membantu menambah stamina tubuh.

  1. Memperlancar metabolisme dan sistem pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam jagung dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan metabolisme anda, sehingga dapat membuang zat – zat tidak berguna dan dan racun akibat radikal bebas dari dalam tubuh. Mengonsumsi jagung secara rutin merupakan jenis diet yang efektif untuk melancarkan gangguan pencernaan seperti diare, susah BAB, dan sembelit.

  1. Kadar kolesterol menurun

Kandungan protein dan mineral dalam jagung mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah menjadi stabil sehingga baik untuk kesehatan jantung anda.

  1. Meningkatkan sistem imun

Saat menjadi program diet dengan cara diet alami, kebanyakan orang akan merasa lemas, lesu, dan lelah sehingga diperlukan energi ekstra agar tubuh tetap berstamina dalam menjalani aktivitas sehari – hari. Jagung memiliki kandungan vitamin B yang tinggi sekitar 30% yang mampu mencegah kelelahan pada tubuh.


Kandungan 15% zat besi dalam jagung berperan aktif dalam menambah sel – sel darah anda dan meningkatkan sistem imun agar terlindungi dari penyakit seperti flu, batuk pilek, dan demam. Selain itu kandungan kalium dan fosfornya dapat mengoptimalkan fungsi organ – organ seperti ginjal, hati, dan jantung, serta memperkuat gigi dan tulang. Juga kandungan vitamin A nya baik untuk kesehatan mata anda.

  1. Mengenyangkan perut lebih lama

Kandungan serat dan karbohidrat dalam jagung memberi sensasi kenyang lebih cepat dan menahan lapar datang kembali untuk waktu lebih lama. Cara diet dengan nasi jagung baik digunakan sebagai menu sarapan pagi sehat untuk diet dengan glukosa dalam jagung memberi rasa manis untuk meningkatkan nafsu makan.

Konsumsi jagung minimal 2 kali sehari menggantikan nasi sebagai karbohidrat anda sehingga akan mengurangi kadar kalori tinggi yang harus dikonsumsi seperti dalam nasi. Khasiat jagung untuk diet saja tidak akan cukup, anda perlu asupan gizi yang sehat dan rendah lemak serta imbangi dengan olahraga minimal 2 kali seminggu selama ±30 menit. Konsumsi jagung untuk menjaga asupan gizi anda walaupun anda masih dalam program diet sehat.

, , , , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan