6 Manfaat Pisang Susu untuk Diet Lebih Efektif dan Cepat Kurus

Manfaat Pisang Susu untuk Diet

ads

Siapa yang tidak tahu buah pisang? Selain harganya murah dan selalu stabil tiap tahunnya, pisang juga memiliki banyak peminat karena buah ini tidak memiliki pantangan bagi sebagian orang kecuali dalam hal tertentu yang sudah dikonsultasikan dengan dokter.

Terlepas dari semua itu, pisang adalah salah satu buah paling umum yang dikonsumsi semua kalangan selain mangga, karena kaya akan manfaat, rasanya yang enak, serta tentu saja pengolahannya yang mudah dan beragam.

Salah satu jenis pisang yang paling banyak diminati dan dikonsumsi adalah pisang susu. Pisang susu memiliki ukuran yang kecil, sama dengan pisang mas, lebih kecil daripada pisang jenis lain. Kulitnya tipis tidak seperti pisang kapok atau pisang raja, berwarna kuning dan berbintik-bintik hitam. Ketika Anda mengupasnya, daging buah pisangnya terlihat berwarna putih kekuningan dengan aroma yang khas yaitu manis dan harum. Pisang susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Kandungan nutrisinya yang beragam mulai dari mineral seperti magnesium, kalium, besi dan tembaga hingga vitamin A, B kompleks, B6, dan C, serta karbohidrat. Pisang ini juga mengandung asam folat melimpah yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai pertumbuhan janinnya.

Pisang susu juga kerap kali menjadi buah penunda lapar karena kandungan kalorinya yang banyak, antara 100-160 kalori. Nah, menilik hal tersebut maka berdasarkan studi lebih lanjut ternyata didapatkan bahwa pisang susu juga dapat dikonsumsi untuk diet bagi wanita dan pria yang mendambakan berat badannya turun secara alami. Ingin tahu apa saja manfaat pisang susu untuk diet? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

      1. Membantu pembakaran lemak

Poin ini adalah salah satu yang paling penting yang berkaitan dengan khasiat pisang untuk diet. Asam amino dalam pisang susu dapat membantu proses pembakaran lemak yang mengendap dalam tubuh Anda untuk diubah menjadi sumber energi. Kandungan gula alaminya seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa dapat membantu memulihkan stamina Anda. Selain itu, kandungan karbohidrat-nya yang melimpah dan mudah diolah dapat menjadi sumber energi yang membantu memperlancar proses metabolisme dalam tubuh Anda.

      2. Mengandung banyak serat

Serat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan saat diet. Diketahui bahwa kandungan serat dalam pisang susu akan sangat membantu kerja usus Anda dalam menyerap semua nutrisi secara lebih maksimal. Bila sistem pencernaan usus Anda berjalan lancar, maka program diet Anda pun menjadi lebih mudah dan cepat menunjukkan hasil, bukan?

      3. Menekan nafsu makan

Nah, ini adalah salah satu manfaat pisang susu untuk diet yang paling utama. Betapa tidak! Tantangan utama seseorang ketika akan melakukan diet adalah takut bila tidak bisa menahan rasa lapar. Pisang susu adalah salah satu cara menahan lapar tanpa makan nasi yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan cara diet yang benar. Mengapa? Hal itu dikarenakan oleh kandungan serat pisang susu yang tinggi sehingga dapat membuat Anda merasa tetap kenyang dalam waktu lama.

Bila Anda mengkonsumsi pisang susu dalam porsi yang tepat maka buah untuk diet ini dapat menjadi sumber energi dan kalori yang sangat sehat dan alami bagi Anda. Anda dapat menyajikan buah ini dalam bentuk apapun sesuai dengan selera Anda, entah dalam bentuk original-nya yaitu buah langsung atau bisa saja diolah menjadi lebih menyenangkan mata dan lidah, misalnya saja milkshake pisang atau membuat jus untuk diet. Namun bila Anda suka pisang yang telah diolah untuk dikonsumsi, pastikan Anda tahu pantangan diet pisang yang tepat sebelum melakukannya.


      4. Mengatasi kekurangan cairan

Kondisi kekurangan cairan dan elektrolit yang umum disebut sebagai diare, dapat memberi dampak buruk bagi program diet yang sedang Anda jalankan. Asupan elektrolit dan cairan dari makanan-makanan pengganti nasi yang dikonsumsi selama masa diet sangatlah penting untuk membantu proses pencernaan tubuh serta tentu saja membantu melancarkan aktivitas buang air besar Anda.

      5. Mengatasi gejala anemia

Kekurangan sel darah (anemia) sangat berbahaya bagi orang-orang yang sedang melakukan diet karena kurangnya konsumsi makanan selama masa diet. Nutrisi penting dari pisang susu yaitu zat besi sangat bermanfaat selama masa penurunan berat badan karena mineral tersebut dapat membantu tubuh tetap membentuk sel darah merah.

      6. Mengatasi maag

Maag (penyakit asam lambung) adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat berujung kepada kematian bila Anda tidak peduli dengannya. Selama diet, Anda harus berhati-hati untuk memilih makanan sehat untuk diet yang Anda konsumsi karena penyakit maag akan lambat laun menyerang Anda jikalau lengah.

Diet dengan mengkonsumsi pisang susu adalah salah satu pilihan cara diet dengan buah-buahan yang tepat untuk menetralkan asam lambung Anda serta mengurangi iritasi pada usus Anda. Satu hal yang mesti diperhatikan adalah jangan mengkonsumsi pisang susu yang rasanya masih asam, namun konsumsilah yang sudah matang.


Beberapa ketentuan yang harus Anda taati selama diet menggunakan pisang susu adalah sebagai berikut.

  • Selama sarapan (breakfast), menu sarapan pagi sehat untuk diet adalah tentu saja pisang masak dan segelas air putih yang hangat. Hal yang perlu Anda ingat disini ialah bahwa Anda dapat mengkonsumsi pisang susu sebanyak yang Anda mau dan mampu hingga kenyang. Namun, jangan lupa satu hal jikalau Anda tak boleh mengkonsumsi makanan apapun sesudah mengkonsumsi pisang susu pada waktu setelah jam delapan pagi. Tunggulah waktu makan siang
  • Ketika makan siang, Anda dapat menyantap hidangan sehat seperti nasi merah ditambah hidangan sehat lain yang Anda inginkan. Sore hari antara jam 3 hingga jam 4, Anda dapat mengkonsumsi cemilan-cemilan sehat seperti crackers gandum dan buah-buah lain. Namun, Anda juga diperbolehkan untuk hanya mengkonsumsi satu buah pisang dan segelas teh hangat.
  • Jangan lebih dari jam delapan malam. Ada baiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan-makanan pencuci mulut yang rasanya manis seperti es krim dan cokelat. Anda dapat menikmati sebuah pisang susu dan susu rendah lemak untuk diet rendah lemak Anda.

Demikianlah enam manfaat pisang susu untuk diet yang dapat Anda rasakan bila rutin mengkonsumsinya selama program diet Anda. Seperti yang sudah dijelaskan, cara diet dengan pisang susu ini adalah salah satu cara diet detox buah yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda secara sehat alami?

Tertarik untuk mencoba salah satu jenis diet yang efektif ini?

, , , , , , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan