7 Menu Harian Diet Mediterania Enak Dan Bikin Cepat Langsing

Program Diet Mediterania termasuk metode diet tersehat di dunia. Itu karena Cara Melakukan Diet Mediterania biasanya menggunakan makanan sehat kaya gizi. Pengertian Diet Mediterania merupakan program atau metode diet dengan meniru pola hidup sehat termasuk pola makan masyarakat wilayah mediterania seperti Italia dan Yunani. Secara umum Daftar Menu Diet Mediterania dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

ads
  • Makanan Harian

Makanan harian untuk diet mediterania merupakan jenis makanan yang boleh dan wajib dikonsumsi setiap hari. Menu harian diet mediterania terdiri dari berbagai macam sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, sereal, minyak zaitun, dan air mineral.

  • Makanan mingguan

Makanan mingguan merupakan berbagai jenis makanan yanghaya boleh dikonsumsi dalam rentang waktu mingguan. Biasanya makanan itu aman dikonsumsi satu hingga dua kali seminggu. Makanan Diet Mediterania yang masuk ke dalam kelompok mingguan, seperti daging putih seperti daging ayam dan ungags lainnya aserta ikan laut seperti salmon dan sarden. Selain itu anda juga diperbolehkan mengkonsumsi es krim atau makanan manis lainnya, dan produk makanan hewani seperti telur.

  • Makanan Bulanan

Sementara itu yang terakhir merupakan kelompok makanan yang hanya boleh dikonsumsi dalam jangka waktu bulanan. Atau satu hinggu dua kali saja setiap bulan. Makanan itu, seperti dahing merah atau daging sapi. Namun untuk diet anda harus tetap memilih daging sapi tanpa ataurendah lemak.

Itulah Aturan Makan Saat Diet mediterania yang perlu anda ikuti agar hasilnya lebih maksimal. Selain untuk menurunkan berat badan pola makan diet mediterani juga mampu menjaga kesehatan tubuh dan menjaga fungsi beberapa oragan penting dalam tubuh seperti otak dan jantung. Manfaat Diet Mediterania untuk kesehatan sudah kami bahas di artikel sebelumnya. Begtiu juga dengan pembahasan Diet Mediterania Mampu Menjaga Kesehatan Otak dan jantung.

Jika anda tertarik melakukan cara diet sehat ini, anda harus membaca artikel ini hingga tuntas. Karena kali ini kami akan memberikan beberapa contoh menu harian diet mediterania secara lengkap yang dapat membantu anda memulai diet dengan menyenangkan.

Menu Diet Mediterania Yang Boleh Dikonsumsi Setiap Hari

Salah satu Syarat Diet Mediterania adalah dengan mengkonsumsi makanan harian secara disiplin serta menghindari Pantangan Diet Mediterania. Untuk itu kami akan membantu anda dalam memilih menu harian diet mediterania agar diet anda berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan.  Berikut menu harian yang dapat anda konsumsi:

  1. Tumis jamur minyak zaitun

Jenis sayuran yang boleh dikonsumsi setiap hari saat melakukan diet mediterania adalah jamur. Jamur mengandung nutrisi baik untuk tubuh seperti vitamin, mineral, dan serat. Kadnungan mineral  pada jamur yang terkenal adalah selinum. Mineral itu mampu mempengaruhi fungsi enzim hari dan membantu detokfikasi zat yang dapat menyebabkan kanker di dalam tubuh. selenium juga mampu meningkatkan imunitas tubuh terhadap infeksi.

Sementara itu kandungan serat pada jamur dapat membantu menekan tingkat gula darah pada lipid atau lemak serta menekan kadar insulin pada penderita diabeset. Serat untuk diet juga sangat penting yaitu mampu mengurangi nafsu makan sekaligus membuat rasa kenyak pada perut yang lebih lama. Serat juga berperan aktif untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh.


  1. Sop kacang merah dan sayuran

Khasiat Kacang Untuk Diet sangat banyak. Mamun belum banyak yang mengetahui manfaat kacang merah untuk diet. Kandungan kacang merah mirip dengan jenis kacang-kacangan lainnya, namun kacang merah mengadnung antioksidan lebih tinggi. Karena itu kacang merah baik untuk diet.

Antioksidan dalam tubuh dapat membantu menangkal radikal bebas yang merugikan tubuh. radikal bebas juga menjadi salah satu penyebab orang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.  adna bisa membuat menu harian diet mediterania dengan sup kacang merah dan campuran sayuran lainnya seperti kubis dan wortel.

  1. Roti gandum

Gandum merupakan jenis biji-bijian yang biasanya dioalah menjadi tepung untuk bahan dasar pembuatan roti dan kue. Anda bisa memanfaatkan Khasiat Gadum Untuk Diet dengan mengkonsumsi roti gandum sebagai menu sarapan diet mediternia.

  1. Oatmeal

Oatmeal juga dapat menjadi menu harian diet mediterania yang aman dikonsumsi. Khasiat Oatmeal Untuk Diet salah satunya adalah mampu mengikat atau menyerap lemak di dalam tubuh. Sehingga timbunan lemak di dalam tubuh dapat berkurang dan memperngaruhi boot tubuh secara keseluruhan.


  1. Buah

Buah sebenarnya adalah menu utama saat diet mediterania seperti sayuran. Anda bisa mengkonsumsi buah dengan cara langsung, dibuat sald, ataupun minuman jus. Namun anda tidak boleh menambahkan pemanis seperti gula atau susu.

  1. Edamame rebus

Edamame termasuk jenis kacang-kacangan yang mampu membantu proses penurunan berat badan. Khasiat Edamame Untuk Diet hampir sama dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Anda bisa memanfaatkan kacang edamame rebus untuk menu harian diet mediterania sebagai menu sarapan ataupun camilan sehat.

  1. Bawang bombay

Masyarakat Indonesia memang belum terbiasa mengkonsumsi bawang bombay secara langsung. Padahal bawang Bombay mengandung banyak manfaat untuk tubuh terutama untuk diet. Bawang bombay dapat dikonsumsi langsung atau tanpa dimasak. Rasanya cenderung mansi dan tidak terlalu menyengat seperti bawang merah.

Itulah menu harian diet mediterania yang aman dikonsumsi setiap hari. Selamat menacoba.

, , ,
Oleh :
Kategori : Menu
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!