10 Pantangan Makanan Diet DEBM Gak Boleh Dilanggar!

Pantangan Makanan Diet DEBMSalah satu diet yang tengah tren saat ini yaitu DEBM (Diet Enak Bahagia Menyenangkan) banyak dicoba oleh berbagai kalangan. Nah, keberhasilan diet DEBM untuk menurunkan berat badan Anda ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi dimana terdapat beragam jenis pantangan makanan. Berikut ini beberapa pantangan makanan diet DEBM yang harus dikurangi:

ads

1. Nasi

Prinsip diet DEBM ialah mengonsumsi tinggi protein dan lemak namun rendah karbohidrat sehingga nasi yang kaya karbohidrat sangat dikurangi. Selain nasi putih, pelaku diet juga memiliki pantangan terhadap nasi dari beras merah, beras hitam, serta beras ketan. Untuk mengganti konsumsi nasi, Anda dapat mencoba sayuran seperti buncis, wortel, sayuran daun, lobak, dan rebung maupun resep cemilan diet DEBM yang mudah diterapkan namun tetap sesuai selera.

2. Kentang

Serupa dengan nasi, kentang mengandung karbohidrat tinggi sehingga tidak membantu keberhasilan diet DEBM. Salah satu pantangan diet DEBM ini terkenal dijadikan pengganti nasi. Namun apabila baik nasi maupun kentang sama-sama harus dikurangi, maka Anda dapat memperoleh manfaat makanan sehat lain dari olahan telur, daging, dan sayuran hijau.

3. Tepung

Makanan yang terbuat dari tepung seperti roti, mi, dan lain-lain tergolong makanan pantangan diet DEBM. Tepung yang biasa digunakan dalam cara menggoreng juga sebaiknya dihindari dan diganti dengan minyak dan garam. Lain halnya dengan tepung yang dianjurkan untuk tidak digoreng dalam pantangan makanan diet karbo sehingga Anda harus mengerti perbedaan aturan konsumsinya.

4. Ubi dan Singkong

Ubi dan singkong merupakan contoh camilan yang masih difavoritkan oleh masyarakat. Sayangnya, kedua makanan ini termasuk dalam penghambat diet DEBM. Maka Anda disarankan memilih cemilan untuk diet DEBM yang lain seperti salad alpukat, pentol keju, puding stroberi, dan lain-lain.

5. Buah-buahan Tertentu

Ketika menjalani diet DEBM, Anda perlu mewaspadai buah-buahan tertentu yang mampu menghambat proses diet, seperti pepaya, mangga, melon, semangka, dan pisang. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam buah-buahan ini cukup tinggi.

Namun jika ingin mengonsumsi buah, Anda dapat memilih alpukat, apel, pir, stroberi, dan jambu air. Perlu diingat bahwa selama diet Anda tidak disarankan untuk tidak mengonsumsi buah sama sekali karena dapat mengalami efek samping diet buah yang membahayakan kesehatan untuk jangka panjang. 


6. Gula

Yang dimaksud dengan gula dalam hal ini tidak hanya gula pasir saja, tetapi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi seperti jus, kecap, dan sirup. Perlu diketahui bahwa gula mampu mempercepat bertambahnya berat badan Anda. Jika Anda ingin mengonsumsi teh atau kopi, maka kadar gula sebaiknya ditiadakan sehingga diet dapat berhasil.

7. Sereal

Terdiri atas berbagai jenis oatmeal, sereal mengandung bahan yang kaya karbohidrat mulai dari kismis dan oat. Belum lagi jenis sereal yang menggunakan varian rasa cokelat sehingga mengandung gula lebih banyak. Maka meskipun dianggap cocok untuk menu diet setelah melahirkan, sereal kurang tepat dikonsumsi untuk diet DEBM.

8. Kacang-kacangan

Meskipun dapat dipilih sebagai resep menu buka puasa untuk diet, kacang-kacangan tetap tergolong sebagai camilan yang mengandung karbohidrat tinggi terutama kacang mete yang berkisar 9 gram karbohidrat tiap ons. Tidak hanya sebagai camilan, kacang juga dapat diolah menjadi selai sehingga konsumsinya harus dikurangi untuk membantu mewujudkan berat badan yang diinginkan. 


9. Energy Bar

Sebagai asupan yang mengenyangkan, bar energi mengandung karbohidrat tinggi yaitu sekitar 45 gram. Cemilan yang terdiri atas butir beras, kismis, kacang, dan perasa manis ini dapat mengandung senyawa kimia lain bergantung pada pabrik produsen. Maka sebaiknya Anda mengurangi konsumsi bar energi selama diet berlangsung.

10. Yoghurt

Yoghurt asal pabrikan memiliki aneka rasa dimana banyak yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Jenis yoghurt inilah yang patut untuk dikurangi konsumsinya sehingga diet dapat bermanfaat. Namun apabila yoghurt tawar (plain) masih boleh dikonsumsi apalagi jika dibuat sendiri tentu akan minimal risiko dari senyawa kimia yang dapat memengaruhi kelangsungan diet.

Bahkan, yoghurt juga sering dibandingkan dengan es krim dimana es krim memiliki lemak tinggi tetapi karbohidrat agak sedikit rendah dari yoghurt sehingga lebih cocok dikonsumsi pelaku diet DEBM.

Selain menjauhi berbagai pantangan makanan diet DEBM di atas, Anda juga harus rajin berolahraga dan menyusun resep menu diet DEBM secara cermat. Selain menjadi cara diet setelah melahirkan caesar, olahraga akan membantu keberhasilan diet DEBM jangka panjang yang terjamin kesehatannya. Selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan