10 Daftar Makanan Rendah Lemak yang Baik untuk Diet

daftar makanan rendah lemakDalam usaha menurunkan berat badan, tentunya perlu bagi Anda untuk menjaga pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan juga gaya hidup. Seperti rutin berolahraga, mengurangi stres, menghindari rokok dan alkohol, mengkonsumsi makanan diet rendah lemak, makanan tinggi serat, dan makanan diet rendah kalori. Disini akan saya bahas mengenai daftar makanan rendah lemak.

ads

Dalam memilih makanan untuk diet tentunya harus selektif dalam memilihnya. Apalagi jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan berlemak, lemak akan menumpuk dalam tubuh yang menyebabkan berat badan seseorang naik dan berlebih. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan dengan lemak yang rendah merupakan salah satu cara mengurangi berat badan dengan cepat.

Terdapat berbagai jenis makanan dengan kandungan lemak yang rendah yang dapat Anda jadikan makanan yang tepat untuk diet Anda. Berikut beberapa daftar makanan rendah lemak :

      1. Telur

Kandungan pada telur ini mempunyai nutrisi yang kaya akan protein, yang mengandung asam amino lengkap. Dan membuat orang yang mengkonsumsinya dapat merasakan kenyang lebih lama. Sehingga membuat orang yang mengkonsumsinya lebih sedikit dalam mengkonsumsi kalori, karena merasakan efek kenyang yang lama tersebut. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang ingin cara diet cepat kurus, karena beberapa penelitian juga menunjukkan, bahwa orang yang mengkonsumsi telur sebagai sarapan, mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak.

      2. Kentang

Kentang yang direbus memiliki kaya akan nutrisi, seperti serat, pati dan berbagai vitamin penting lainnya. Berbeda dengan kentang yang digoreng, pada kentang yang direbus kandungan nutrisinya tidak hilang dan tidak terkandung kolesterol maupun lemak seperti yang terkandung pada kentang yang digoreng. Dan mempunyai kemampuan memberikan rasa kenyang yang lebih cepat.

      3. Ikan

Pada ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak, sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti daging. Kandungan omega 3 nya juga sangat baik bagi tubuh. Sehingga ikan dapat Anda tambahkan dalam daftar menu diet sehat dan murah.

      4. Ayam tanpa kulit

Setiap daging ayam yang tanpa kulitnya merupakan sumber nutrisi yang kaya akan protein dan rendah lemak. Karena sesungguhnya, pada kulitnya tersebutlah kandungan lemak jenuhnya. Jadi daging ayam ini merupakan pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang sedang diet, karena kandungan nutrisinya yang tinggi namun lemaknya yang tergolong rendah. Hal inilah yang menjadikan daging ayam tanpa kulit tergolong makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan saat diet.


      5. Sayuran

Sayuran merupakan jenis makanan yang sangat baik bagi Anda yang sedang mencari cara diet alami dan cara diet ampuh. Karena pasalnya, sayuran ini rendah kandungan lemaknya dan kaya akan nutrisi terutama serat. Yang mana serat tersebut sangat baik bagi kesehatan pencernaan Anda dan juga dalam melancarkan proses pencernaan. Selain itu serat dan juga berbagai vitamin yang terkandung  dalam sayuran ini ampuh meluruhkan lemak serta mencegah lemak menumpuk.

      6. Kacang-kacangan

Tubuh kita tetap memerlukan lemak, namun lemak sehat yang kaya akan nutrisi serta tidak menyebabkan penumpukan lemak yang menjadikan tubuh gemuk dan berat badan naik tentunya. Pada kacang-kacangan mengandung lemak yang tergolong lemak sehat atau lemak tak jenuh, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu kacang-kacangan ini juga kaya akan nutrisi penting di dalamnya, seperti protein, anti oksidan, vitamin E, dll, yang sangat baik untuk tubuh Anda dan juga sangat cocok bagi cemilan Anda sehari-hari. yang tentunya tidak menyebabkan gemuk atau berat badan naik.

      7. Apel

Apel ini merupakan buah yang kaya akan kandungan air nya, pektin dan juga berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga sangat baik bagi Anda yang program diet untuk obesitas, karena buah ini mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan kandungan lemaknya juga rendah.

      8. Jeruk

Kandungannya yang kaya akan air dan juga pektinnya, mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mampu menekan keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan berkalori berlebih. Kandungan nutrisi di dalamnya juga sangat baik untuk diet, karena kandungan lemaknya rendah dan mampu meluruhkan lemak berlebih dalam tubuh.


     9. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang cocok untuk dijadikan sarapan bagi Anda. Kandungannya kaya akan nutrisi seperti anti oksidan, vitamin B, dan serat. Sehingga mampu menjaga kesehatan jantung Anda, mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, dan sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, karena oatmeal ini kaya akan nutrisi dan rendah lemaknya. Selain rendah lemak, oatmeal ini juga rendah kandungan kalorinya, sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk menambahkan oatmeal pada daftar menu diet rendah kalori seminggu Anda.

      10. Keju cottage

Keju cottage ini sangat cocok bagi Anda yang sangat menyukai keju namuntidak ingin berat badan Anda naik. Karena keju jenis ini memiliki kandungan lemak yang rendah, Ditambah lagi kandungan nutrisinya yang sangat baik bagi tubuh, seperti vitamin B, kalsium, fosfor dan selenium.

Baik, sekian pembahasan dari saya mengenai daftar makanan rendah lemak. Yang sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet namun tetap ingin kebutuhan nutrisi Anda tetap terpenuhi. Semoga bermanfaat!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan