10 Khasiat Lada Hitam Untuk Diet Sukses Yang Belum Banyak Diketahui

Khasiat Lada Hitam untuk Diet memang sangat banyak, karena dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Jika Anda berada di restoran, Anda akan pasti sering menjumpai menu makanan yang mengandung rempah-rempah, khususnya lada hitam. Pada umumnya, lada hitam ini dicampur ke dalam sambal, sehingga sambal memiliki aroma yang sedap dan menambah nafsu makan Anda. Sebagian besar orang tahu kalau lada hitam merupakan salah jenis rempah-rempah yang dijadikan bumbu tambahan dalam masakan. (Baca juga: Cara Diet dengan Pisang)

ads

Khasiat Lada Hitam untuk Diet

Khasiat Lada Hitam untuk DietLada hitam dengan nama latin Piper Ningrum L juga merupakan sejenis merica yang memiliki ciri khasnya dengan rasa pedasnya. Biji dari tumbuhan rempah-rempah ini sangat banyak dimanfaatkan ke masakan maupun kesehatan tubuh. Sehingga dapat dikatakan bahwa lada hitam memiliki peranan sangat penting dalam komponen masakan.

Telah terbukti ketika abad 17, harga lada hitam di Indonesia melambung tinggi karena terjadinya peristiwa penjajahan Eropa yang berusaha menggerus lada hitam sebanyak-banyaknya dengan cara monopoli dan inilah yang mengawali kolonisasi Asia, Amerika, dan Afrika. Perlu Anda ketahui, kalau lada hitam ternyata selain membuat makanan menjadi lezat, lada hitam juga mampu meningkatkan kesehatan dan membakar lemak dalam tubuh alias menurunkan berat badan. Dalam lada hitam ini mengandung detoksifikasi yang lebih sehat sehingga sangat bermanfaat dalam tubuh.

Baca juga:

Ditambah lagi bahwa lada hitam dapat mengobati berbagai penyakit. Lada hitam ini sudah dikenal masyarakat Indonesia khususnya sejak dahulu sebagai bumbu masakan yang memiliki kandungan yang bermanfaat. Selain itu, lada hitam juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan alternative dari negeri Timur yang banyak memberikan ilmu bahwa lada hitam yang memiliki sensasi pedas dan panas ini mampu mengobati beberapa masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan bahkan hingga radang. (Baca juga: Cara Diet Gula)

Lada hitam memang merupakan salah jenis rempah-rempah yang diperjualbelikan sebagai bahan rempah-rempah yang memiliki banyak kandungan dan khasiatnya bagi tubuh kita. Bahkan, diketahui juga bahwa lada hitam merupakan jenis rempah-rempah yang sulit untuk didapatkan alias langkah. Karena lada hitam merupakan tumbuhan yang tumbuh bukan karena musiman namun pada lingkungan tertentu, sehingga banyak orang yang mencarinya karena khasiatnya namun juga sulit orang mendapatkannya karena hanya bisa tumbuh di tempat tertentu. Sudah ratusan tahun, lada hitam terbukti sebagai rempah-rempah dan alternative pengobatan. Namun, cara kerja hingga ke dalam sel belum banyak yang mengetahui dan memang  belum banyak yang diungkapkan oleh pakar ilmu pengobatan modern. (Baca juga: Cara Mengolah Sayuran untuk Menu Diet)

Dalam penelitian pada Journal of Agriculture and Food Chemistry terdapat percobaan tentang analisa kandungan yang terdapat di dalam lada hitam.  Soo Jong Um adalah salah seorang peneliti tersebut yang mengatakan bahwa kandungan piperin yang terdapat dalam lada hitam merupakan zat yang mampu membakar lemak. Selain itu juga mampu menghambat terbentuknya jaringan lemak baru sehingga sangat bagus untuk Anda yang ingin menjalankan program diet dengan menggunakan lada hitam sebagai menu makanan Anda.

Baca juga:


1. Melancarkan Pencernaan

Lada hitam mampu membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kenapa lada hitam dapat dikategorikan bumbu rempah-rempah yang membuat tubuh menjadi ideal. Dengan adanya sistem pencernaan tubuh yang lancar, maka lemak tidak akan tertimbun atau menumpuk dalam tubuh hingga membuat tubuh menjadi lebih gendut atau membesar. Dengan mengkonsumsi lada hitam, maka lada hitam dapat meningkatkan sekresi asam hidroklorik dalam perut yang bermanfaat sekali untuk pencernaan dan mencegah adanya konstipasi dan diare. (Baca juga: Pantangan Diet Golongan Darah B)

2. Pemecah Lemak

Lada hitam ini dapat membantu jaringan sel dalam tubuh dalam memecah sel-sel lemak lebih cepat, sehingga mampu menurunkan berat badan lebih cepat. Lada hitam pun juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh yang membuat proses penurunan berat badan berjalan dengan mudah dan cepat. Sehingga, jangan terkejut jika Anda setelah konsumsi lada hitam, maka Anda akan sering berkeringat dan buang kecil. Hal itu disebabkan karena zat kandungan dalam lada hitam ini telah membuang racun-racun dalam tubuh melalui keringat dan air kencing. Dan juga membantu membersihkan arteri untuk membersihkan darah dari racun. Itu sebabnya lada hitam sangat bermanfaat bagi tubuh dalam detoksifikasi tubuh. (Baca juga: Tips Diet OCD untuk Pemula)

Lada juga memang bermanfaat untuk kesehatan yang salah satunya adalah untuk membakar lemak. Walaupun membakar lemak dapat dilakukan dengan berolahraga. Karena olahraga merupakan salah satu aktivitas yang mampu membakar lemak. Dan mengkonsumsi lada hitam pun sama halnya dengan aktivitas olahraga setiap hari yang karena terdapat kandungan yang membantu metabolisme dalam tubuh.

3. Sebagai Antibakteri 

Lada hitam dapat dikategorikan sebagai bumbu rempah-rempah yang mampu melancarkan pencernaan dalam tubuh karena mengandung antibakteri dan anti inflamasi sebagai penghancur lemak atau bakteri-bakteri dalam tubuh. Selain itu, lada hitam juga mengandung gizi yang tinggi sehingga mampu membantu menyerap nutrisi dalam darah. Selain antibakteri, anti inflamasi dan juga zat tinggi, lada hitam juga mengandung vitamin C yang memberikan nutrisi dan energy dalam tubuh, sehingga ketika Anda menjalani program diet, maka Anda tidak perlu khawatir lagi, dengan tenaga yang Anda miliki ketika mengkonsumsi lada hitam. (Baca juga: Menu Diet Food Combining)

4. Menyehatkan Tulang 

Lada hitam pun juga mengandung vitamin K dan Kalium juga serat dan zat besi mangan yang baik manfaatnya untuk tulang. Zat-zat tersebut sangat baik bagi pembentukan dan pertumbuhan tulang, apalagi menjaga persendian tulang agar tetap stabil. Dalam kandungan lada hitam terdapat piperin yang dapat meningkatkan sekresi asam klorida dalam lambung. Zat inilah yang membuat lancarnya proses pencernaan dalam tubuh. Selain melancarkan pencernaan tubuh, juga mampu mengurangi kadar gas dalam lambung yang merupakan penyebab dari perut kembung. Lada hitam juga mempu menghilangkan racun dalam tubuh melalui keringat yang keluar. (Baca juga: Pantangan Diet Golongan Darah O)

5. Menghilangkan Rasa Depresi 

Piperin dalam lada hitam ini juga bertugas pada sistem saraf otak, sehingga membantu saraf otak atau seseorang untuk menurunkan rasa depresi berlebih. Dengan tidak adanya rasa depresi, maka seseorang akan selalu merasa tenang dan tidak membuat beban dalam hidupnya, sehingga mereka dapat menjalankan program diet dengan senang dan tenang.

Baca juga:

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet