10 Pantangan Diet Golongan Darah B – Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari

Pantangan Diet Golongan Darah B juga dapat dijadikan sebagai panduan agar anda berhasil untuk menurunkan berat badan. Golongan darah adalah indikator penting akan fisiologi tubuh kita sehingga kita bisa mengetahui bagaimana untuk menjaganya. Hal ini juga berlaku untuk mereka yang ingin melakukan diet berdasarkan golongan darah, khususnya golongan darah B. Perlu diperhatikan, diet bukan berarti mengurangi asupan gizi untuk tubuh tetapi justru mencukupi asupan gizi tubuh dengan cara yang sehat.

ads

Baca Juga :

Pantangan Diet Golongan Darah B

Untuk mereka yang memiliki golongan darah B, ada pula makanan yang sebaiknya dihindari saat dalam program penurunan berat badan. Apalagi, mereka yang memiliki golongan darah B ini sangat rentan akan gangguan sistem kekebalan tubuh. Sehingga makanan yang dikonsumsi sebaiknya adalah makanan yang bisa menjaga kekebalan tubuh dan menyehatkan secara keseluruhan. (Baca Juga : Diet Golongan Darah B)

Makanan yang Harus Dihindari Golongan Darah B

Sangat penting untuk diperhatikan bagi mereka yang sedang berdiet, khususnya diet berdasarkan golongan darah. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar diet bisa berjalan dengan baik dan berhasil, serta tentunya menyehatkan. Berikut ini adalah makanan-makanan yang sebaiknya dihindari. (Baca juga : Makanan Sehat untuk Diet)

1. Daging-Dagingan

Tidak semua jenis daging-dagingan boleh dikonsumsi mereka yang memiliki golongan darah B. Daging-dagingan yang berasal dari hewan unggas juga sebaiknya dihindari, misalnya bebek. Selain bebek, ayam juga sebaiknya dihindari karena mengandung zat-zat yang bisa meningkatkan resiko gangguan  kekebalan tubuh dan bahkan bisa berakibat stroke. (Baca juga : Pantangan Diet Golongan Darah O)

2. Makanan laut

Siapa yang tidak suka makanan laut? Tetapi makanan laut adalah salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh mereka yang memiliki golongan darah B. Baik Anda yang memiliki golongan darah B positif maupun negatif, sebaiknya menghindari makanan – makanan laut khususnya kerang-kerangan seperti tiram, udang atau lobster. Selain itu, hindari juga belut, cumi-cumi dan gurita.  (Baca juga : Cara Diet Alami)

3. Gandum

Mereka yang sedang menjalankan diet seringkali menjadikan gandum sebagai pengganti nasi. Tetapi sayangnya, bagi seseorang yang memiliki golongan darah B, mengkonsumsi gandum sangat tidak dianjurkan. Bahkan, orang-orang bergolongan darah B sebaiknya menghindari semua bentuk olahan gandum, baik itu berupa roti maupun gandum utuh. (Baca juga : Bahaya Diet Ekstrim)

4. Olahan susu

Berbeda dengan makanan diet untuk golongan darah A ataupun O di mana susu dan produk-produk olahannya sangat dianjurkan, untuk golongan darah B sebaiknya menghindari berbagai olahan susu. Atau, Anda bisa tetap mengkonsumsi olahan susu tetapi dengan takaran terbatas. Namun, untuk olahan susu seperti blue cheese, keju cheddar dan es krim sebaiknya benar-benar dihindari.

5. Makanan yang mengandung protein

Tidak seperti diet biasanya yang meningkatkan jumlah asupan protein, untuk diet golongan darah B sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung protein. Kacang tanah, biji wijen, biji bunga matahari, kacang mete dan kacang-kacangan lainnya adalah beberapa jenis makanan berprotein tinggi yang harus dihindari. Dalam makanan-makan tersebut diketahui mengandung zat yang bisa menyebabkan kerusakan hati, penurunan gula darah, dan mengganggu penyerapan nutrisi di dalam tubuh mereka yang bergolongan darah B. (Baca juga : Diet Golongan Darah B)

6. Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan memang sangat efektif membantu menurutkan berat badan. Hampir semua jenis buah-buahan menyehatkan dan membantu mempercepat membuat bentuk tubuh menjadi ideal. Ini berlaku pula untuk mereka yang memiliki golongan darah B. Tetapi, untuk buah kelapa, delima, belimbing dan alpukat sebaiknya dihindari. (Baca juga : Cara Diet Cepat)

7. Sayur-sayuran

Seperti buah, sayuran juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi, ada beberapa sayuran yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi orang dengan golongan darah B seperti tomat, jagung, lobak, labu dan kubis. Sayuran-sayuran ini mengandung lektin yang bisa menimbulkan iritasi pada lambung. (Baca juga : Diet Golongan Darah AB)

8. Bahan tambahan pada makanan

Selain makanan, rempah-rempah sebagai penyedap pada makanan juga ternyata harus diperhatikan kandungannya. Seperti sirup jagung, tepung jagung dan kayu manis mengandung zat yang bisa mengiritasi lambung pada mereka yang memiliki golongan darah B.  (Baca juga : Pantangan Diet Mayo)

9. Minuman berkarbonasi

Pada dasarnya semua makanan dan minuman cepat saji yang dijual bebas di pasaran tidak sehat bagi tubuh, apapun golongan darahnya. Selain itu, minuman dan makanan tertentu juga ternyata bisa memberi efek lebih pada orang golongan darah tertentu. Nah, untuk golongan darah B berikut minuman soda dan minuman berkarbonasi lainnya sebaiknya dihindari. (Baca juga : Minuman Sehat untuk Diet)

10. Alkohol

Pantangan Diet Golongan Darah B yang selanjutnya adalah alkohol. Minuman-minuman beralkohol juga memiliki dampak negatif pada tubuh, tak terkecuali mereka yang memiliki golongan darah A. Selain berbagai jenis minuman keras, wine juga sebaiknya dihindari.  (Baca juga : Manfaat Air Putih Hangat untuk Diet)

Makanan yang Baik untuk Diet Golongan Darah B

Setelah membahas berbagai pantangan makanan dan minuman bagi orang bergolongan darah B yang sedang berdiet, selanjutnya akan dibahas mengenai berbagai makanan dan minuman yang dianjurkan. Dan memang makanan dan minuman inilah yang sebaiknya diperbanyak asupannya, agar diet sukses, tubuh fit dan ideal pun bisa Anda dapatkan. (Baca juga : Diet Golongan darah O)

1. Daging

Jika di atas sudah dijelaskan daging-dagingan yang tidak boleh dikonsumsi, sekarang kita akan membahas berbagai jenis daging yang sangat dianjurkan dikonsumsi mereka dengan golongan darah B. Apa saja? Daging domba, kambing, kelinci, kalkun dan sapi adalah jenis daging yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga memakan daging-dagingan ini akan membantu Anda sehat selalu dan tidak mudah terserang penyakit. (Baca juga : Cara Diet dengan Jeruk Nipis)

2. Seafood

Beberapa makanan laut memang tidak diperbolehkan, tapi tenang, masih banyak makanan laut yang bisa Anda konsumsi jika Anda bergolongan darah B. Jenis ikan laut dalam dan yang berdaging putih biasanya sangat baik untuk mereka dengan golongan darah B. Di antaranya ikan kod dan ikan salmon, dll. (Baca juga : Pantangan Diet Golongan Darah O)


3. Cheddar dan yogurt

Beberapa produk olahan yang berasal dari susu memang harus dihindari, tapi beberapa lainnya justru sangat menyehatkan. Keju mozzarella, kefir, yogurt dan susu kambing mengandung jenis gula yang dibutuhkan oleh golongan darah B. (Baca juga : Cara Diet Tanpa Olahraga)

4. Minyak zaitun

Bagi Anda yang memiliki golongan darah B, perbanyak konsumsi minyak zaitun. Bisa untuk olahan masakan, atau bisa untuk tambahan salad. Minyak ini sangat baik untuk kesehatan golongan darah B. (Baca juga : Cara Diet dengan Air Putih)

5. Oatmeal dan nasi

Diet biasanya menghindari nasi. Tetapi untuk golongan darah B, nasi justru sangat baik untuk membantu tubuh fit dan mendapatkan postur yang ideal. Selain nasi, Anda bisa mengganti dengan oatmeal yang akan membuat perut kenyang lebih lama. ( Baca juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi)

6. Buah

Buah nanas, plum, pepaya dan anggur merupakan beberapa buat yang sangat baik untuk golongan darah B. Kenapa? Karena buah-buah ini mengandung enzim yang membantu golongan darah B mencerna makanan. (Baca juga : Cara Diet dengan Buah Lemon)

7. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung banyak magnesium yang berfungsi sebagai anti virus bagi golongan darah B. Selain itu, sayuran hijau mengandung banyak nutrisi yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. (Baca juga : Pantangan Diet Mayo)

Olahraga yang Sesuai untuk Golongan Darah B

Orang-orang dengan golongan darah B dikenal aktif berolahraga. Bagi mereka olahraga merupakan cara melatih keseimbangan tubuh dan pikiran, serta membantu meningkatkan konsentrasi. Ini dia beberapa jenis olahraga yang sesuai dengan golongan darah B. (Baca juga : Bahaya Diet Ekstrim)

  • Latihan cardio
  • Renang
  • Jogging
  • Yoga
  • Tai chi

Untuk olahraga ini sebaiknya dilakukan secara teratur. Untuk durasinya, usahakan minimal 30 menit untuk setiap sesi. (Baca juga : Diet Paleo)

Jadi, jika anda sedang dalam program diet, lebih baik cari tahu secara benar apa saja makanan dan juga minuman yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi agar tujuan diet anda tercapai.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan